Perbedaan Antivirus dan Internet Security, Jangan Sampai Salah Pilih!

27
Perbedaan Antivirus dan Internet Security, Jangan Sampai Salah Pilih!
Ilustrasi Perbedaan Antivirus dan Internet Security. Foto: Ist/Net

Texno.ID –  Perbedaan Antivirus dan Internet Security mungkin cukup perlu Anda ketahui sebagai pengguna.

Internet sebenarnya sama seperti dunia nyata. Mereka memiliki ancaman kejahatan yang siap menghantui para pengguna, termasuk Anda sendiri.

Ancaman tersebut berupa virus maupun kejahatan internet. Nah, untuk dapat mencegah itu, ada sebuah perangkat lunak yang berguna untuk melindungi pengguna dari program jahat, yakni Antivirus dan Internet Security.

Meski terdengar sama, namun keduanya ternyata memiliki perbedaan. Apa saja itu?

Mengenal Perbedaan Antivirus dan Internet Security

Ancaman virus dan kejahatan internet membuat para penggunanya harus menggunakan berbagai macam perangkat lunak yang berfungsi untuk melindungi perangkat.

Ada dua jenis program perangkat lunak yang dapat pengguna gunakan pada perangkatnya, yaitu Internet Security juga Antivirus.

Meski sama-sama bertujuan untuk melindungi perangkat, ternyata keduanya sedikit berbeda. Sayangnya, masih banyak pengguna yang terkecoh dan berpikir keduanya sama.

Program Antivirus

Sesuai dengan namanya, program satu ini memang bertugas untuk mencegah virus masuk ke dalam perangkat.

Antivirus merupakan sebuah perangkat lunak mandiri yang berguna untuk melindungi perangkat Anda dari berbagai program berbahaya eksternal atau yang terkenal dengan virus komputer.

Perangkat lunak ini akan terus memindai seluruh perangkat Anda dari virus, spyware, hingga malware yang berbahaya.

Selain itu, Antivirus juga dapat memindai, menemukan, hingga membersihkan virus dari perangkat Penyimpanan Eksternal seperti Micro SD Cards, Pen Drive, dan External Hard Disks.

Perbedaan Antivirus dan Internet Security dapat terlihat dari cara kerjanya. Pada umumnya, Antivirus bekerja sebagai latar belakang dan terus mengawasi semua program berbahaya dan segera menghapusnya.

Program Internet Security

Selain Antivirus, perangkat lunak yang berguna untuk mencegah berbagai ancaman internet adalah Internet Security. Perangkat lunak satu ini juga sedikit berbeda.

Program ini dapat melakukan semua hal yang program Antivirus lakukan. Namun, ada beberapa kemampuan tambahan yang mereka miliki

Internet Security dapat melindungi perangkat Anda dari berbagai ancaman online. Singkatnya, program ini tidak hanya akan melindungi Anda dari berbagai virus yang mengancam,. tetapi juga bisa memberikan peringatan bahaya.

Program Internet Security dapat memperingatkan Anda ketika akan mengunduh perangkat lunak yang memiliki potensi membahayakan, sehingga mencegah masuknya virus.

Selain itu, Internet Security juga akan melindungi perangkat Anda saat mengunjungi situs web berbahaya dan mampu menyelamatkan Anda dari Adware juga.

Kunci Perbedaan Keduanya

Agar lebih mudah, berikut ini kunci atau rangkuman dari perbedaan Antivirus dan Internet Security.

  • Antiviru hanya dapat menghapus dan mendeteksi virus atau file di dalam sistem. Sementara itu, Keamanan Internet merupakan program yang berisi aplikasi untuk melindungi pengguna dari berbagai ancaman internet.
  • Keamanan Internet akan melindungi sistem dari spyware, cacing komputer, spam, phishing, malware tingkat lanjutan, dan virus, Sedangkan Antivirus hanya dapat melindungi perangkat dari virus dan malware saja.
  • Keamanan Internet umumnya lebih mahal daripada perangkat lunak Antivirus.
  • Antivirus aka memberikan perlindungan yang pengguna butuhkan, sedangkan Keamanan Internet memberikan perlindungan terhadap ancaman yang ada di internet.
  • Keduanya tetap akan memperingatkan pengguna mengenai situs web yang tidak aman, tetapi Internet Security akan langsung memblokir URL.

Dengan mengetahui perbedaan Antivirus dan Internet Security atau Keamanan Internet, maka kedepannya Anda tidak akan salah memilih. Anda bisa menggunakan perangkat program yang sekiranya dapat memenuhi kebutuhan Anda dengan melihat fungsi yang mereka tawarkan. Keduanya tetap memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.