Reboot Router WiFi, Trik Termudah untuk Memulai Ulang dan Manfaatnya

0
274
Reboot Router WiFi, Trik Termudah untuk Memulai Ulang dan Manfaatnya
Ilustrasi: Reboot router wifi. Foto: lifewire

Texno.ID – Reboot router wifi dilakukan dengan mematikan perangkat kemudian menyalakan kembali. Hal ini dilakukan supaya koneksi internet tidak mengalami gangguan.

Mereboot dapat memperbaiki masalah konektivitas internet. Sehingga bisa menjadi pilihan utama anda ketika jaringan mulai lemot, bahkan sampai tidak bisa digunakan.

Tips Reboot Router WiFi Paling Mudah

Mengatur ulang router merupakan hal yang harus anda lakukan ketika internet mati. Hal ini bisa menyelesaikan semua masalah dengan cepat terkait dengan konektivitas anda.

Memuat ulang jaringan dalam urutan yang benar bisa membuat semuanya berjalan dengan baik. Begitu sebaliknya, jika tidak menggunakan cara yang benar, justru bisa merusak perangkat anda.

Mencabut Router dan Modem Secara Manual

Meskipun router milik anda telah mempunyai opsi onboard atau reset, anda harus lebih hati-hati saat menggunakannya. Karena dengan memulai ulang pabrik, bisa menghapus semua pengaturan yang sudah ada.

Anda bisa mencabut router dan membiarkannya selama beberapa menit sampai dingin. Pastikan bahwa semua perangkat yang terdaftar seperti jaringan wifi sudah mati.

Memperbarui Firmware

Reboot router wifi selanjutnya adalah dengan memperbarui firmware. Firmware merupakan sebuah perangkat lunak integral yang bisa membuat router anda kembali berfungsi.

Baca:  Bisnis WiFi Rumahan dengan Beberapa Cara yang Mudah dan Praktis

Meskipun firmware pada router tidak bisa ditingkatkan sesering mungkin. Namun ia mampu menerima pembaruan, terutama saat masalah terkait keamanan yang besar.

Mengunduh Firmware

Anda harus mengunduh firmware router yang baru dan melakukan login router terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan aplikasi untuk memeriksa firmware tersebut.

Aplikasi Asus Router

Ada banyak router modern yang bisa anda unduh untuk mengelola pengaturan pada router anda. Caranya dengan mengunjungi pengaturan di aplikasi tersebut dan memperbaruinya. Cara ini adalah salah satu langkah kecil yang bisa anda ambil.

Mengubah Kata Sandi

Reboot router wifi selanjutnya adalah dengan mengubah kata sandi dengan yang baru. Pada alat administrator bisa membantu anda untuk memperbarui firmware juga bisa mengubah kata sandi. Dengan mencari opsi yang lain untuk mengubah kata sandi tersebut.

Mereset Router dari Jarak yang Jauh

Bisa mereboot dengan cara membuka situs web yang sesuai. Anda hanya perlu mengetahui alamat IP di publik dan mengetahui beberapa situs. Anda bisa mencari alamat IP dan memberikan akses ke halaman administrasi di router anda.

Baca:  Kenapa Wifi Tidak Bisa Tersambung? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

Sementara itu, merek router juga memiliki berbagai macam jenis situs yang berbeda-beda. Sebagian besar ada yang menawarkan opsi untuk reboot router wifi anda dengan jarak jauh. Selanjutnya anda bisa mencari kata reboot pada situs tersebut.

Menggunakan Tombol Daya

Pilihan yang lain, anda bisa mematikan dan menyalakan kembali router tersebut. Caranya dengan menekan tombol daya pada perangkat tersebut yang sudah tersedia. Sebaiknya mereboot ulang router wifi secara langsung dari laptop maupun komputer.

Ada Masalah Mendasar

Biasanya terdapat dua masalah yang bisa menyebabkan wifi menjadi mati secara tiba-tiba. Pertama anda bisa menghidupkan sebuah fitur penerima wifi di perangkat anda. Kedua dengan mengecek kata sandi kemudian atur ulang koneksi.

Restart Router

Menyalakan ulang adalah salah satu cara yang paling sederhana dan mudah. Anda bisa mencabut semua kabel dari perangkat tersebut selama beberapa menit.

Kemudian anda bisa memasang kembali sampai router tersebut menyala. Anda juga bisa menyalakan ulang ponsel maupun perangkat yang lain untuk dihubungkan ke wifi.

Menyambungkan Ulang

Anda bisa menyambungkan ulang jaringan dengan cara masuk pada pengaturan wifi. Selanjutnya pilih opsi forget dan sambungkan kembali dengan memasukkan password.

Baca:  Kenapa Wifi Tidak Bisa Tersambung? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

Apabila reboot router wifi, anda harus mengikuti beberapa pemecahan masalah yang baik. Umumnya, modem lebih kesulitan untuk mendapatkan sinyal. Anda bisa menghubungi ISP untuk meminta bantuan.

Reboot

Petunjuk di halaman ini merupakan cara untuk mereboot router anda dengan mematikan dan menghidupkannya kembali. Jadi, tanpa anda menghapus semua pengaturan dan merubah apapun di perangkat lunak.

Mengatur ulang modem merupakan versi yang lebih singkat dalam mengatur ulang sebuah perangkat. Hal ini akan membuat router kembali seperti keadaan semula tanpa ada perubahan.

Anda dapat menyambungkan sebuah kabel jack di router dan menyambungkannya ke stop kontak. Caranya dengan menyambungkan kabel LAN pada router. Pastikan juga bahwa semuanya terpasang secara benar dan tepat.

Anda bisa menyambungkan router tersebut dengan komputer menggunakan kabel LAN. Kemudian masukkan kabel LAN pada port LAN di komputer.

Anda bisa reboot router wifi dengan mengatur ulang modem menggunakan tombol reset yang terletak pada perangkat. Anda juga bisa mereboot secara berkala supaya terhindar dari masalah tersebut.