Gejala Kecanduan Internet yang Umum Terjadi, Berikut Ini Penjelasannya!

0
94
Gejala Kecanduan Internet yang Umum Terjadi, Berikut Ini Penjelasannya!
Ilustrasi: Gejala kecanduan internet. Foto: commons.wikimedia.org

Texno.ID – Gejala kecanduan internet memang perlu anda ketahui sejak dini. Karena gangguan ini bisa berdampak pada hubungan pribadi, pekerjaan, sekolah maupun lingkungan sekitar.

Selain itu, juga akan mempengaruhi pusat kesenangan pada otak seseorang. Berdasarkan dari sejumlah penelitian, bahwa kecanduan internet ini hampir serupa dengan kecanduan alkohol dan obat-obatan.

Gejala Kecanduan Internet yang Patut Anda Ketahui

Keberadaan media sosial memang akan memudahkan banyak orang untuk melakukan segala aktivitas. Mulai dari komunikasi dengan teman, keluarga serta memudahkan dalam urusan bisnis. Namun, penggunaan internet secara berlebihan dapat menyebabkan kecanduan.

Ada banyak alasan mengapa seseorang sering bermain atau berselancar di dunia internet. Mulai dari melihat konten, foto, streaming, atau hanya sekedar bermain pada sebuah perangkat.

Meskipun memiliki banyak manfaat, penggunaan internet setiap hari juga dapat menimbulkan dampak  negatif. Salah satunya adalah kecanduan internet.

Cukup Berbahaya

Seperti pada penjelasan sebelumnya, bahwa ini mirip dengan kecanduan obat-obatan. Karena dengan menggunakan sejumlah aplikasi, bisa mempengaruhi otak seseorang.

Sehingga mereka akan menggunakannya secara berlebihan dan tidak tahu aturan. Kebiasaan seperti ini dapat mengganggu segala aktivitas harian mereka.

Pasalnya dengan bermain pada media sosial dapat merangsang proses produksi dopamin pada otak yang akan meningkat. Dopamin merupakan suatu hormon yang berkaitan dengan rasa bahagia atau senang.

Berikut adalah sejumlah gejala yang patut anda waspadai.

Bagun dari Tidur Langsung Cek Medsos

Salah satu gejala kecanduan internet yang pertama adalah seseorang setelah bangun tidur pasti akan segera mengecek perangkat genggamnya. Banyak orang yang kecanduan internet ini akan memulai kegiatannya dengan mengecek HP dahulu.

Meskipun mereka hanya sekedar melihat whatsapp, facebook, instagram, twitter maupun yang lainnya. Biasanya jika tidak mereka lakukan, justru akan terlihat sedikit aneh.

Bahkan, ponsel pun juga bisa mengganggu anda untuk tidur. Karena anda akan terus ketagihan untuk berselancar di media sosial terus.

Online Setiap Saat

Gejala kecanduan internet yang sering terjadi pada umumnya adalah selalu online setiap saat dan kapan saja mereka mau. Tidak hanya ketika sedang berlibur saja anda akan menggunakan Hp.

Tetapi saat menyeberang jalan dan berada dalam toilet sekalipun pasti anda akan selalu terhubung ke internet untuk online ataupun yang lainnya. Anda juga tidak akan bosan-bosan dalam seharian untuk memegang smartphone.

Ini anda lakukan hanya untuk menonton video, melihat gambar, scroll timeline dan lain sebagainya yang berhubungan dengan internet. Bahkan anda juga tidak akan peduli kegiatan apa saja yang anda mainkan dalam perangkat genggam tersebut. Banyak cara yang anda lakukan demi berselancar di dunia internet.

Sering Mengunggah Foto dan Status

Ada gejala kecanduan internet yang sering terjadi oleh banyak orang, yaitu sering memposting foto atau status pada akun media sosial. Salah satunya dengan mengunggah foto yang sempurna dan akan langsung di upload pada akun instagram mereka.

Pasalnya, pengidap kecanduan ini biasanya akan membuat iri para followers lainnya. Sehingga harus berusaha sebisa mungkin untuk memposting gambar yang lebih sempurna.

Sama halnya, seperti memilih selfie yang jauh lebih sempurna serta memutuskan dengan sebuah kalimat yang tepat untuk meng-update status facebook. Pecandu ini biasanya akan melakukan proses editing dan sering memposting foto selfie berulang kali hingga mendapat banyak like dari orang lain.

Tak Ada Internet Hidup Sangat Hampa

Gejala kecanduan internet selanjutnya adalah pecandu akan merasakan sangat hampa dan nelangsa karena tidak ada internet atau sedang tidak memiliki koneksi. Terlebih, ketika mereka berada pada suatu tempat yang sama sekali tidak ada jaringan internet.

Hal ini tentunya akan membuat mereka merasa sangat gelisah dan cemas. Karena tidak bisa menelusuri dunia internet dan segala informasi yang beredar.

Termasuk ke Dalam Kategori Penyakit

Kecanduan internet ini ternyata sudah terdiagnosis masuk ke dalam sebuah penyakit. Karena kondisi seperti ini sangat mempengaruhi rasa senang pada otak seseorang.

Pusat kesenangan tersebut akan menstimulasi produksi dari dopamin dan perilaku seseorang. Bahkan rasa senang atau kecanduan ini dapat terjadi, karena pecandu selalu berusaha untuk meraih tanggapan kesenangannya tertentu.

Pasalnya penyakit ini dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dengan beragam bentuk. Gejala kecanduan internet yang akan timbul pun juga akan tampak mulai dari fisik maupun emosi.