Tanda Akses WiFi Dicuri oleh Orang Lain yang Tidak Bertanggungjawab

0
177
Tanda Akses WiFi Dicuri oleh Orang Lain yang Tidak Bertanggungjawab
Ilustrasi tanda akses WiFi dicuri. Foto: null-byte.wonderhowto

Texno.ID – Tanda akses WiFi dicuri memang perlu anda ketahui, karena hal ini sangat membahayakan bagi pengguna. Namun anda harus tahu bahwa dalam mengakses WiFi, ada beberapa kunci yang harus anda pahami.

Apabila anda menggunakan jenis router, maka perangkat milik anda tersebut adalah DHCP (Dynamic Host Client Protocol). Nantinya DHCP ini memiliki daftar setiap perangkat komputer yang boleh terhubung dengan teknologi dari router tersebut.

Ini Tanda Akses WiFi Dicuri Orang Lain

Koneksi jaringan WiFi memang kini sudah tersebar di berbagai tempat, salah satunya rumah. Dengan adanya WiFi, biasanya banyak orang yang ingin menumpang untuk akses tanpa seizin orang yang bersangkutan.

Jika ada orang yang tak kenal telah menggunakan akses WiFi anda, tidak hanya memakan bandwidth. Namun karena orang tersebut dapat masuk ke nirkabel anda, maka bisa mencuri segala informasi komputer milik anda.

Memang ketika anda memiliki WiFi rumah, pasti ada saja pencuri yang sering muncul. Seseorang yang ada di luar rumah dan berdekatan dengan rumah anda.

Jika membiarkan secara terus-menerus pihak lain untuk mencuri koneksi WiFi, tentu akan membuat anda merasa tidak nyaman. Sehingga anda perlu mengetahui beberapa tanda yang sering terjadi saat akses anda tercuri oleh orang lain.

Kecepatan Semakin Lambat

Pertama, tanda akses WiFi dicuri adalah kecepatan internetnya semakin menurun dan lambat. Mungkin ada banyak alasan kenapa anda mengalami koneksi internet lebih lambat.

Namun jika anda secara teratur memperhatikan kecepatannya lebih lambat dan lebih banyak terjadinya buffering, anda harus bisa mempertimbangkan bahwa ada seseorang yang telah mengakses koneksi WiFi tersebut.

Mengecek Aktivitas WiFi

Router nirkabel memiliki lampu yang akan berkedip dalam menunjukkan bahwa WiFi tersebut sedang terpakai. Anda bisa memutuskan koneksi dengan perangkat lain seperti konsol dengan WiFi dan Smart TV.

Apabila pengguna masih bisa melihat lampu yang berkedip, kemungkinan seseorang terhubung ke router anda tanpa seizin alias mencuri.

Muncul Iklan yang Tidak Biasa

Tanda akses WiFi dicuri selanjutnya adalah karena sering muncul iklan yang mungkin tidak biasanya terjadi. Pasalnya, salah satu keunggulan, entah itu baik maupun buruk pada era internet adalah munculnya iklan.

Khususnya jenis iklan yang sangat akurat dan sering muncul pada browser anda. Hal ini menjadi salah satu pengingat bahwa akses WiFi milik anda memiliki penghuni yang lain.

Kemungkinan pencuri akan membagikan alamat IP milik anda. Lalu dari riwayat penjelajah mereka bisa mempengaruhi adanya iklan yang akan muncul pada browser anda ketika sedang menjelajahi suatu web.

Dari beberapa kasus, hal ini tidak hanya akan mengganggu saja. Namun sangat berbahaya jika pencuri tersebut melihat konten dewasa dan tidak pantas untuk jaringan milik anda.

Adanya Pemberitahuan Spam

Tanda akses WiFi dicuri berikutnya adalah sering ada sebuah pemberitahuan spam yang banyak. Ini merupakan salah satu konsekuensi lain yang bisa terjadi saat pencuri tersebut terlibat ke dalam perilaku online.

Hal ini tentunya bukanlah suatu hal yang anda harapkan. Pasalnya, pencuri bisa dengan mudah untuk menyebabkan pada alamat IP anda tertandai dalam beberapa mesin spam.

Apabila hal ini terjadi, maka anda akan mengalami efeknya yang tidak baik. Semua email yang anda kirim dari WiFi rumah bisa terblokir. Hal ini karena pencuri tersebut telah merusak alamat IP milik anda.

Perangkat Asing

Tanda akses WiFi dicuri oleh orang lain karena ada nama perangkat asing. Jika anda mencurigai bahwa dalam jaringan WiFi ada pencuri lain, anda perlu memeriksa router dengan cara masuk agar bisa melihat perangkat yang terhubung.

Apabila ada perangkat yang tidak anda kenal sama sekali, anda harus bisa memeriksanya lebih dalam untuk mengidentifikasinya. Namun anda perlu perhatikan bahwa ada nama perangkat yang tidak biasa, bukan berarti ia penyusup.

Menggunakan Bantuan

Supaya anda bisa tahu, sebaiknya gunakan saja bantuan berupa aplikasi pihak ketiga. Hal ini bisa mengetahui siapa saja yang telah menggunakan WiFi anda.

Nantinya anda juga harus terhubung bersama jaringan tersebut serta anda bisa mengunduh aplikasi tersebut untuk memantaunya.

Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut dari PlayStore dengan nama aplikasinya Fing. Selanjutnya anda bisa membuka aplikasi tersebut dengan menemukan nama jaringan yang ada pada layar menggunakan tombol Settings dan Refresh. Untuk bisa melihat tanda akses WiFi dicuri, anda bisa langsung ketuk Refresh.