Cara Menghemat Baterai Handphone yang Perlu Anda Ketahui

0
241
Cara Menghemat Baterai Handphone yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi cara menghemat baterai di handphone. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara menghemat baterai handphone perlu anda ketahui sejak saat ini. Hal ini agar baterai ponsel yang anda gunakan bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama.

HP merupakan benda terpenting yang dimiliki setiap orang, bahkan untuk dibawa kemana-mana. Hanya dalam satu genggaman, anda bisa memanfaatkan kecanggihan smartphone.

Terdapat sistem operasi smartphone terpopuler, yakni Windows, Android, dan juga iOS. Dari ketiganya, Android memiliki pengguna yang cukup besar.

Alasan mengapa Android banyak penggunanya yaitu mereka beranggapan sistem operasi lebih sederhana, sehingga mudah untuk menggunakannya. Terlebih smartphone dapat menjangkau dari berbagai harga. Mulai dari yang murah sampai yang sangat mahal.

Android juga bisa terbilang awet. Karena, memiliki kapasitas baterai berkisar antara 3000 mAh sampai yang paling besar 6000 mAh. Baterai memiliki fungsi tersendiri sebagai sumber tenaga pada pengoperasian Android.

Cara Menghemat Baterai Handphone

Kebanyakan orang yang menggunakan HP tidak memahami betul tentang sistem kerja dan juga hal-hal yang mempengaruhi daya baterai. Di bawah ini, terdapat beberapa cara menghemat handphone yang bisa anda lakukan.

Baca:  Cara Mengatasi Kecanduan Internet dengan Berbagai Tips Termudah

Turunkan Tingkat Kecerahan HP

Cara menghemat baterai untuk yang pertama, dengan menurunkan tingkat kecerahannya atau brigthness pada Android anda. Ini sangat mudah untuk dilakukan dan juga efektif dalam mode menghemat baterai HP.

Tutup Aplikasi yang Bikin Boros Baterai

Selanjutnya anda bisa menutup aplikasi yang jarang anda gunakan, tetapi menguras pemakaian baterai.

Matikan Sinyal Radio

Selanjutnya, anda bisa mematikan fitur yang melibatkan sinyal radio. Sebut saja fitur NFC, GPS, WiFi, Bluetooth, dan lain sebagainya.

Hapus Aplikasi dari Daftar Recent Apps

Cara menghemat baterai handphone yang satu ini bisa melakukan hanya dengan menekan tombol menu utama pada home screen. Lalu geser aplikasi yang akan dihapus dari daftar Recent Apps.

Matikan Fitur Upgrade Aplikasi Otomatis

Cara menghemat baterai handphone lainnya adalah dengan mematikan fitur upgrade aplikasi yang dilakukan secara otomatis.

Tidak Menggunakan Live Wallpaper

Saat ini fitur HP semakin canggih dengan fitur Live Wallpaper. Meskipun seperti itu, Live Wallpaper akan menguras baterai Android anda. Karena baterai akan bekerja ekstra dengan menampilkan wallpaper gerak dengan warna beragam.

Baca:  Jaringan 5G Boros Kuota Internet dengan Alasan dan Kebenarannya

Matikan Notifikasi Aplikasi yang Tidak Perlu

Setiap aplikasi, pasti memiliki notifikasi secara otomatis. Jika anda menerapkan cara menghemat baterai handphone, maka sebaiknya anda mematikan notifikasi aplikasi yang tidak perlu atau tak begitu penting.

Percepat Screen Timeout

Selanjutnya, cara ini dengan mempercepat jeda waktu standby pada layar HP alias screen timeout. Maka cobalah kurangi waktu screen timeout tersebut. Dengan hal tersebut, baterai akan lebih hemat dua kali lipat.

Mengurangi Penggunaan HP pada Posisi Standby

Pada posisi ini, baterai akan boros jika berlama-lama.

Aktifkan Mode Malam

Cara menghemat baterai selanjutnya, dengan menghidupkan mode malam. Mode malam ini akan merubah tampilan HP dengan background berwarna gelap. Sehingga hal ini lebih irit dalam penggunaan baterai.

Menggunakan Fitur Power Saving

Fitur ini bisa meminimalisir penggunaan fitur yang tidak dibutuhkan. Contohnya mematikan beberapa aplikasi tambahan dan lain sebagainya.

Charger Setiap Anda Memiliki Kesempatan

Hampir setiap smartphone Android saat ini telah memakai baterai berjenis Lithium Polymer dan Lithium Ion yang tidak mempunyai sistem memori. Dalam artian, baterai tidak perlu diisi hingga penuh ataupun dibiarkan kosong sampai habis.

Baca:  Cara Membuat Poster di HP dan iOS Dengan Berbagai Aplikasi

Matikan Vibrate (Getar)

Lebih baik anda mematikan fitur getar dalam penghematan baterai smartphone anda. Matikan juga haptic feedback untuk semakin mengoptimalkan dalam menghemat baterai handphone.

Menggunakan Baterai Original

Jika baterai anda sudah rusak, maka ganti baterai dengan yang original dari merk yang terpercaya.

Matikan Internet dan Set Airplane Mode

Lebih baik jika anda sedang bekerja atau melakukan aktivitas yang tidak menggunakan HP, matikan internet dan juga WiFi. Hal tersebut akan sangat membantu dalam anda menghemat menggunakan baterai.

Gunakan Lockscreen Widget

Cara menghemat baterai handphone yang terakhir, untuk HP canggih anda yang lengkap dengan fitur ini, maka gunakan fitur tersebut. Dengan fitur tersebut, anda bisa secara langsung mengakses aplikasi tanpa membuka kunci perangkat anda terlebih dahulu. (CW001)

Editor : Deni Supendi