Aplikasi Penyedot Kuota Internet, Ketahui Lebih Jelasnya Kembali!

0
341
Aplikasi Penyedot Kuota Internet, Ketahui Lebih Jelasnya Kembali!
Ilustrasi Aplikasi penyedot kuota. Foto: tecmundo

Texno.ID – Aplikasi penyedot kuota sebenarnya banyak sekali tanpa kita sadari. Seiring berkembangnya zaman, smartphone kini semakin lebih canggih. Apapun yang kita inginkan bisa diakses melalui genggaman tangan.

Mulai dari kegiatan berbelanja, download film, dan masih banyak lagi. Semuanya akan mudah dengan menggunakan smartphone dan kuota.

Beragam Aplikasi Penyedot Kuota yang Wajib Anda Pahami

Sebelum menggunakan ponsel untuk melakukan browsing, tentunya kuota sangat berperan penting. Tanpa ada kuota, kegiatan browsing tidak bisa dilakukan. Maka dari itu, paket kuota adalah hal yang sangat penting.

Namun banyak sebagian orang yang tidak menyadari jika ada beberapa aplikasi yang membuat kuota boros. Salah satunya adalah YouTube.

Aplikasi tersebut banyak menggunakan kuota supaya bisa menonton video. Apalagi jika anda terlalu asyik berselancar di dunia maya. Tanpa sadar kuota anda akan cepat habis.

Instagram

Instagram merupakan salah satu aplikasi berbasis video dan foto. Bahkan pada kabar beranda anda penuh berbagai macam foto. Supaya bisa melihat foto tersebut, harus memerlukan kuota.

Aplikasi penyedot kuota internet yang satu ini cukup besar. Biasanya untuk sekali membuka Instagram akan menghabiskan kuota hingga 5 MB. Terlebih saat ini Instagram telah memiliki fitur terbarunya, yaitu stories.

Baca:  Paket Internet Unlimited, Ketahui Berbagai Macam Jenisnya

Sehingga kuota anda akan tersedot saat memutar video secara otomatis. Tetapi Instagram juga memiliki pengaturan untuk mencegah preloading video ketika menggunakan koneksi internet.

Twitter

Aplikasi ini telah berdiri pada tahun 2006 silam. Kini kembali ramai diperbincangkan. Meskipun Twitter adalah media sosial berbasis teks, namun kehadirannya termasuk salah satu aplikasi penyedot kuota.

Hal ini mengingat dari para pengguna yang sering membagikan cuitannya yakni berupa video. Dari konten tersebut, maka Twitter menjadi sebuah aplikasi yang sangat boros kuota. Apalagi jika anda sering melakukan scrolling dan tidak mematikan fitur Autoplay.

YouTube

Selanjutnya ada aplikasi penyedot kuota internet yang paling boros yaitu YouTube. Hal ini karena aplikasi tersebut berbasis video yang banyak membutuhkan kuota. Apabila anda suka menonton video di YouTube, harus memiliki kuota yang besar.

Karena dalam sekali pemutaran video dengan kualitas rendah, bisa menyedot kuota hingga 7 MB. Namun penggunaan kuota tergantung pada kualitas video. Semakin bagus kualitasnya, maka semakin banyak kuota yang tersedot.

Baca:  Paket Internet Unlimited, Ketahui Berbagai Macam Jenisnya

Path

Aplikasi Path adalah salah satu jenis aplikasi yang banyak menggunakan kuota. Seperti fitur berbagi foto, menulis, check in, video, tag teman, dan sleep akan membuat kuota lebih boros.

Facebook

Aplikasi penyedot kuota internet berikutnya adalah Facebook. Aplikasi ini adalah salah satu pengguna terbesar yang ada di dunia. Namun hanya bisa berteman hingga 5000 orang saja.

Di kabar beranda pasti ada banyak foto maupun video dari teman-teman anda. Terlebih jika anda banyak bergabung pada grup dengan anggota yang sangat banyak. Bahkan Facebook memiliki sebuah fitur Autoplay video yang bisa menyedot kuota anda.

Spotify

Spotify adalah salah satu aplikasi penyedot kuota internet. Pasalnya, dengan waktu sekitar 1 jam, akan menyedot hingga 70 MB. Sementara pada mode otomatis, dengan kualitas streaming tergantung dari seberapa cepat koneksi internet anda.

Aplikasi Spotify banyak digemari oleh kalangan masyarakat. Karena dengan aplikasi ini, anda bisa menikmati keseruan streaming musik favorit anda. Namun hal ini menjadi salah satu faktor penyebab kuota internet semakin cepat habis.

Baca:  Paket Internet Unlimited, Ketahui Berbagai Macam Jenisnya

Apabila anda ingin menghemat kuota ketika mendengarkan musik, masuk pada menu pengaturan dan pilih tab streaming quality. Selanjutnya atur quality ke normal saja.

Netflix

Aplikasi yang satu ini ternyata juga penyedot kuota internet. Netflix adalah sebuah aplikasi untuk streaming film favorit pengguna. Namun jika berlama-lama, akan menyebabkan kuota internet anda cepat habis.

Jika anda sering menonton lewat laptop dan koneksi WiFi, anda bisa menggunakan smartphone. Apabila anda menggunakan handphone, anda dapat menurunkan kualitas dari film tersebut supaya tidak boros terhadap kuota.

Caranya dengan membuka aplikasinya, kemudian klik tombol tiga bergaris. Selanjutnya pilih pengaturan dan penggunaan data seluler. Lalu mematikan set secara otomatis dengan memilih kualitas streaming yang sedang.

Nah, itulah beberapa aplikasi penyedot kuota internet yang bisa anda ketahui. Sebaiknya anda jangan terlalu sering menggunakan aplikasi tersebut jika ingin kuota lebih hemat.