Fakta Aurora Borealis, Fenomena Alam Indah Cahaya Berwarna!

85
Fakta Aurora Borealis, Fenomena Alam Indah Cahaya Berwarna!
Ilustrasi Fakta Aurora Borealis. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Fakta Aurora Borealis kini sedang ramai jadi perbincangan. Pasalnya Aurora Borealis memiliki fakta yang cukup unik dan hanya terjadi di wilayah tertentu. Fenomena alam ini menunjukkan cahaya cantik yang tampak berwarna-warni.

Aurora merupakan cahaya yang terbentuk karena terdapatnya interaksi antara medan magnetik bumi, bersama partikel yang dipancarkan oleh matahari.

Maka dari itu, tidak heran jika Aurora bisa menghasilkan cahaya yang terlihat sangat indah dan memukau. Menariknya, Cahaya Aurora bahkan bisa tampak dari luar angkasa.

Ini Sederet Fakta Aurora Borealis!

Harus Anda tahu, Aurora yang terdapat di langit bagian selatan bumi yaitu Aurora Australis. Kemudian, untuk Aurora yang terdapat pada langit bagian utara bumi yaitu Aurora Borealis.

Penasaran seperti apa cahaya indah yang warna-warni tersebut? Simak ulasan tentang fakta Aurora Borealis berikut ini!

Memiliki Warna yang Berbeda

Aurora Borealis merupakan fenomena alam yang mempunyai warna cahaya yang berbeda-beda. Nah, perbedaan warna cahaya ini karena kandungan atom dalam Oksigen dan Nitrogen yang selalu berubah-ubah di udara.

Pada saat Oksigen kadar atomnya lebih besar, maka cahaya Aurora akan menjadi dominan berwarna kemerahan atau hijau.

Saat kadar atom Nitrogen jumlahnya lebih banyak, maka cahaya Aurora bisa menghasilkan warna yang cantik dominan orange atau kemerahan. Namun, terkadang juga muncul cahaya warna biru yang menakjubkan.

Mampu Mengeluarkan Suara

Dari penelitian ilmuwan mengatakan jika Aurora ini mampu mengeluarkan suara. Hal ini disebabkan karena letaknya yang sangat tinggi.

Meski demikian, suara aurora tidaklah terus-menerus bisa terdengar. Pada umumnya, suara cahaya ini akan muncul pada saat malam hari ketika tidak ada angin yang berhembus.

Menurut orang-orang yang pernah mendengarnya, suara yang keluar dari aurora ini terdengar seperti  suara lembut seperti halnya gulungan ombak. Akan tetapi, terkadang ada juga yang mendengarnya seperti halnya suara gemericik air serta suara tepukan.

Peran Pancaran Sinar Matahari

Fakta Aurora Borealis selanjutnya yaitu merupakan fenomena dengan peranan cahaya matahari. Aurora memang terjadi karena terdapatnya interaksi dari medan magnetik bumi dengan partikel yang matahari pancarkan.

Maka dari itulah, matahari mempunyai peranan yang cukup penting dalam proses terjadinya Aurora ini. Jika matahari memancarkan suhu yang lebih tinggi, maka cahaya Aurora yang terpancar juga akan semakin indah dan juga menakjubkan.

Fakta cahaya Aurora Borealis juga pernah menunjukkan cahaya yang spektakuler. Fenomena yang sangat menakjubkan ini pernah terjadi, yaitu tanggal 28 Agustus dan 2 September tahun 1859. Cahaya yang keluar sangatlah kuat dan membuat mata menjadi silau.

Tempat Menikmati Aurora

Aurora Borealis bahkan menjadi tempat wisata alam di Iceland atau Islandia. Akan tetapi, cahaya ini bisa juga kita saksikan di bumi bagian utara. Baik itu Alaska, Siberia, dan Kanada. Cahayanya akan tampak sempurna baik siang maupun malam.

Berbagai macam fakta Aurora Borealis ini menunjukkan jika cahaya alami ini benar-benar terlihat sangat indah.