Planet yang Tidak Memiliki Satelit pada Sistem Tata Surya

0
309
Planet yang Tidak Memiliki Satelit pada Sistem Tata Surya
Ilustrasi planet yang tidak memiliki satelit. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Planet yang tidak memiliki satelit pada sistem tata surya adalah Merkurius dan Venus. Pada sistem tata surya mempunyai 8 buah planet dan sebagian besar planet mempunyai satelit. Planet Bumi mempunyai Bulan yang senantiasa menemaninya. Pada planet Mars mempunyai Phobos dan Deimos.

Planet Jupiter dengan gas terbesar pada tata surya mempunyai 67 satelit alam. Saturnus yang bercincin indah tersebut mempunyai 62 satelit. Pada planet Uranus dan Neptunus juga mempunyai satelit yang masing-masing jumlahnya 27 dan 14 satelit.

Satelit merupakan benda yang mengelilingi benda lain. Pada satelit alam merupakan benda langit yang mengelilingi benda langit lain. Tentunya benda langit yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan satelit itu sendiri.

Semua planet pada sistem tata surya hampir mempunyai satelit alam masing-masing. Namun masih ada juga planet yang tidak memiliki satelit.

Jumlah satelit alam yang dimiliki oleh planet-planet satu dengan yang lain tentu berbeda-beda. Ada yang mempunyai banyak sekali satelit, bahkan puluhan jumlahnya.

Namun ada juga yang memiliki kurang dari sepuluh satelit. Bahkan ada yang hanya memiliki satu satelit atau tidak mempunyai satelit alam sama sekali.

Pada Bumi sebagai planet yang dapat ditempati manusia, hanya memiliki satu. Satelit pada planet Bumi sering kita kenal dengan nama Bulan.

Manusia mempunyai kebutuhan komunikasi dan informasi yang penting, maka saat ini perlu membuat banyak satelit buatan. Satelit tersebut yang berada pada luar angkasa, namun hanya pada ketinggian tertentu saja.

Deretan Planet yang Tidak Memiliki Satelit

Hampir semua planet pada tata surya mempunyai pengiring dengan sebutan satelit. Namun dari semua planet di tata surya, hanya Merkurius dan Venus yang tidak mempunyai satelit.

Planet Merkurius

Merkurius merupakan planet yang memiliki jarak paling dekat dengan matahari. Pada planet ini juga merupakan planet memiliki ukuran paling kecil di tata surya.

Perlu diketahui bahwa satelit merupakan sebuah benda yang terjebak pada area gravitasi planet sehingga benda tersebut mengitari planet. Semakin besar ukuran planet, tentunya juga akan memiliki gaya gravitasi yang kian tinggi pula.

Namun dalam hal ini, tidak mempengaruhi pada planet Merkurius. Sehingga menjadi planet yang tidak memiliki satelit. Alasan penting mengenai Merkurius tidak memiliki satelit sampai saat ini telah mencapai kesepakatan.

Pasalnya, jarak planet Merkurius yang terlalu dekat dengan matahari. Hal ini menyebabkan setiap benda yang melintasi atau bertumbukan pada planet Merkurius.

Tentunya akan tertarik pada gaya gravitasi matahari daripada gaya gravitasi pada planet Merkurius itu sendiri. Itulah yang menjadi alasan Merkurius tidak memiliki satelit.

Planet Venus

Selanjutnya yang tidak memiliki satelit adalah Venus. Planet Venus berada tepat pada belakang planet Merkurius. Atau juga terdekat kedua dengan matahari.

Planet Venus merupakan planet yang mempunyai arah revolusi yang berlawanan dengan planet lainnya. Planet Venus juga planet yang tidak memiliki satelit.

Pada prosesnya, satelit dapat terbentuk karena sebuah planet mengalami tumbukan dengan objek berukuran lebih besar yang lainnya. Material yang pecah akan terperangkap dalam gravitasi planet tersebut, sehingga akan menjadikan sebuah satelit. Dalam hal ini, adanya tumbukan dengan benda lain yang menyebabkan planet Venus memiliki arah revolusi berlawanan.

Jarak planet Venus yang juga dekat dengan matahari, seperti halnya planet Merkurius. Maka tidak ada material yang dapat terperangkap ke dalam gravitasi planet Venus.

Hal itu yang mengakibatkan tidak dapat membentuk sebuah satelit. Material tersebut akan tertarik oleh gaya gravitasi matahari yang mendominasi. Maka dari itu, Venus juga merupakan planet yang tidak memiliki satelit semisal contohnya planet Merkurius.

Satelit dapat terbentuk pada awal pembentukan planet. Hal itu berupa material yang tidak dapat diskresi oleh planet tersebut. Sehingga menjadikan objek yang terperangkap oleh gravitasi planet serta mengiringi planet tersebut.

Hal lainnya, ada satelit yang terbentuk karena planet tersebut berhasil menangkap benda langit lainnya ke dalam gravitasi planet. Sehingga akan mengiringi planet tersebut.

Namun pada planet Merkurius dan Venus tidak memiliki satelit. Hal ini dikarenakan jarak kedua planet ini dekat dengan matahari. Alhasil, tidak dapat tangkap objek langit lainnya ke dalam gravitasi planet.

Objek langit ini akan tertarik oleh gaya gravitasi matahari yang mendominasi. Itulah planet yang tidak memiliki satelit, yaitu planet Merkurius dan planet Venus.