Cara Menghubungkan HP ke TV dengan Beberapa Langkah Termudah

0
193
Cara Menghubungkan HP ke TV dengan Beberapa Langkah Termudah
Ilustrasi Cara menghubungkan HP ke TV. Foto: hisense

Texno.ID – Cara menghubungkan HP ke TV merupakan pekerjaan yang mudah untuk anda lakukan. Pengguna bisa memanfaatkan kabel HDMI supaya bisa tersambung dalam kedua perangkat tersebut. Selain itu, ada pula yang menggunakan fitur wireless dari aplikasi pihak ketiga.

Simak Cara Menghubungkan HP ke TV dengan Cepat

Teknologi kini semakin berkembang pesat, keberadaan TV kini bisa beralih menjadi layar utama tambahan dari HP. Salah satunya adalah dengan menyambungkan HP ke layar TV tersebut.

Monitor tambahan ini cocok untuk kepentingan presentasi, hiburan, belajar mengajar, maupun bermain game. Sehingga memudahkan para pengguna untuk melakukan segala aktivitasnya dengan cepat.

Persiapan perlu anda lakukan dengan mencari tahu terlebih dahulu terkait HP dan TV yang anda gunakan. Bagi yang ingin menghubungkan HP ke TV, harus memiliki fitur Miracast di ponsel dan TV anda.

Sedangkan untuk mengkoneksi smartphone ke TV, anda harus melihat dari ketersediaan port output video di HP anda. Lalu harus mengetahui tipe port yang akan terpakai.

Menggunakan Kabel Micro HDMI To HDMI

Cara menghubungkan HP ke TV yang pertama adalah dengan menggunakan sebuah kabel HDMI. Kabel ini untuk menyambungkan ponsel dengan layar TV secara langsung.

Baca:  Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri, Berikut Ini Trik Mudahnya

Namun layar yang akan tampil, harus terlebih dahulu anda cek. Apakah sudah terpasang pada soket HDMI atau lubang port apa belum. TV yang sudah bisa support HDMI biasanya akan bertuliskan lambang tersebut di lubang soket.

Karena jika tidak, maka koneksi akan sulit berjalan sebab layar TV tidak bisa support HDMI. Selanjutnya adalah dengan memastikan kabel HDMI. Jika sudah, maka HP bisa langsung anda sambungkan ke TV.

Apabila langkah tersebut telah berjalan dengan baik, maka tampilan layar TV sama dengan tampilan layar HP. Ini tandanya keduanya sudah saling terhubung.

Menggunakan Adaptor USB Type C

Cara menghubungkan HP ke TV berikutnya adalah dengan menggunakan sebuah adaptor kabel USB Type C to HDMI. Apabila ponsel yang dipakai memiliki kapasitas daya sangat rendah tapi ingin menggunakan durasi cukup lama, maka membutuhkan adaptor yang berbeda.

Bisa menggunakan adaptor konverter yang dihubungkan ke port USB type C. Selanjutnya adaptor akan memberikan sebuah port HDMI dan port type C untuk mengisi daya. Dengan adaptor ini, maka kapasitas baterai tidak akan menjadi masalah.

Nanti tampilan pada layar dapat dilakukan dengan menggunakan durasi yang lebih panjang. Anda cukup mencolokkan kabel HDMI dan pengisi daya.

Baca:  Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri, Berikut Ini Trik Mudahnya

Menggunakan Miracast

Cara menghubungkan Hp ke TV selanjutnya adalah dengan menggunakan sebuah fitur yang bernama Miracast. Merupakan fitur bawaan dari ponsel yang bisa menyambungkan HP ke TV menggunakan koneksi WiFi.

Biasanya jenis handphone yang telah support OS Android 4.2 Jelly Bean dilengkapi dengan fitur tersebut. Hanya saja, penamaannya yang berbeda dari setiap merek. Misalnya seperti Samsung Galaxy dengan fitur All Share.

Umumnya ponsel tersebut bernama Wireless. Apabila HP anda memiliki fitur tersebut, selanjutnya harus memeriksa dukungan pada layar TV.

Menggunakan Chrome dan Google Home

Cara menghubungkan HP ke TV bisa anda lakukan dengan menggunakan Chromecast. Bahkan cara yang satu ini terbilang sangat mudah. Cukup dengan menghubungkannya ke Smart TV, pengguna bisa langsung menikmati layar yang sangat besar.

Pertama, anda hanya mengaktifkan fitur WiFi yang ada di ponsel. Kemudian Smart TV harus pindah ke saluran sumber HDMI. Selanjutnya dengan memasukkan kode yang ada di layar TV, dan kedua perangkat bisa saling terhubung.

Namun anda perlu mengecek ketersediaan port yang ada pada TV. Selain itu, harus menginstal sebuah aplikasi pihak ketiga di HP yakni Google Home.

Baca:  Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri, Berikut Ini Trik Mudahnya

Menggunakan MiraScreen

Selain menggunakan HDMI, anda bisa menyambungkan HP ke TV dengan kabel seperti MiraScreen. Untuk itu, anda harus membeli terlebih dahulu kabel tersebut.

Caranya dengan mematikan TV, kemudian colokkan sambungan USB Charger ke ponsel anda. Lalu colokkan MiraScreen sampai indikator lampu menyala.

Setelah itu, anda bisa menyalakan kembali TV tersebut. Ambil remote TV dan pilih tombol input atau source. Lalu pilih sesuai port HDMI tadi. Apabila input sudah benar, kemudian akan muncul tampilan baru.

Di tampilan tersebut, anda bisa melihat SSID dan kata sandi yang anda gunakan. Setelah itu, ambil ponsel dan instal aplikasi Miracast WiFi. Buka dan ketuk tombol Connect.

Selanjutnya nyalakan Multi Screen Interaction. Pada Available Device akan muncul Miracast yang sudah tertancap pada TV. Sehingga anda bisa memilih SSID dengan memasukkan password.

Dengan menggunakan alat tersebut, anda bisa mendengarkan suara dari musik yang ada di ponsel anda. Itulah beberapa cara menghubungkan HP ke TV dengan beberapa langkah termudah.