Cara Cek HP Black Market atau Legal Agar Tidak Tertipu

96
Cara cek HP Black Market
Ilustrasi Cara cek HP Black Market. Foto: Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara cek HP Black Market penting untuk diketahui. Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk cek HP Black Market ini. Tujuannya yaitu untuk memastikan ponsel tersebut resmi atau tidak. 

HP Black Market dan resmi masih jadi satu hal yang ramai menjadi perdebatan masyarakat. Sekarang ini, perbedaan HP Black Market dan resmi, identifikasinya semakin sulit. Fenomena Itu bisa Anda lihat dari maraknya duan di sosial media.

Banyak orang mengaku kebingungan dalam membedakan mana HP Black Market dan resmi. Sekedar informasi, HP Black Market adalah perangkat yang dikirim ke Tanah Air tanpa melalui jalur hukum yang resmi.

Cara Cek HP Black Market atau Resmi, Ikuti Tutorial Berikut Ini!

Ponsel Black Market (BM) atau ilegal serta HP impor kadang jadi alternatif. Sebab, harga ponsel yang berasal dari luar negeri tersebut kadang lebih murah dari HP resmi atau asli.

Tampilan HP Black Market sekilas memang nyaris tidak ada bedanya dengan ponsel resmi. Bahkan, pada saat memakainya, performa kedua jenis HP tersebut kurang lebih sama,

Bagi Anda yang ingin membeli HP baru, hendaknya lebih teliti dan berhati-hati. Sebab, pemerintah menerapkan kebijakan IMEI yang dapat memblokir HP Black Market.

Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perdagangan, serta Kementerian Perindustrian menandatangani regulasi. Isinya yaitu untuk menangkal peredaran HP ilegal di Indonesia.

Cara menertibkan HP Black Market ini yaitu dengan pemblokiran IMEI atau International Mobile Equipment Identity. IMEI merupakan nomor identitas khusus untuk HP. IMEI ini dikeluarkan asosiasi GSM untuk setiap slot kartu GSM dari produsen ponsel.

Ponsel ilegal yang marak beredar menuntut masyarakat untuk lebih jeli ketika membeli ponsel ini. Alhasil, beberapa cara cek HP Black Market perlu Anda lakukan guna memastikan gawai yang hendak Anda beli benar-benar resmi.

Cek Nomor IMEI

Cara mengetahui HP resmi dan Black Market pertama yaitu cek nomor IMEI. Dengan begitu, Anda akan tahu apakah HP yang Anda miliki termasuk produk resmi atau ilegal. 

Nomor IMEI ini punya letak yang tidak sama pada tiap-tiap jenis perangkat.

  1. Pengguna iPad dan iPhone, nomor IMEI tertera di bagian punggung perangkat
  2. Pengguna Android, nomor IMEI bisa Anda cek dengan cara:
  • Bukalah menu ‘Setting/Pengaturan’ 
  • Pilihlah menu ‘About Ponsel/Tentang Ponsel’

Nomor IMEI hanya terdapat satu untuk Anda yang memakai HP dengan satu kartu SIM. Apabila HP Anda mendukung dengan pemakaian dua kartu SIM, maka nomor IMEI yang tertera akan ada dua.

Cek IMEI

Anda bisa melakukan pengecekan nomor IMEI itu supaya tahu apakah HP Anda termasuk resmi atau Black Market. Silahkan Anda mengunjungi laman khusus milik Kemenperin (Kementerian Industri), yakni imei.kemenperin.go.id. 

Anda bisa cek nomor IMEI HP Anda di laman itu untuk mengetahui ilegal atau legal.

  • Langkah pertama untuk cek IMEI yaitu dengan menekan tombol *#06# di HP
  • Lalu bakal muncul rincian tentang nomor IMEI serta serial HP
  • Catat 15 digit nomor IMEI itu yang nanti akan Anda cek pada laman imei.kemenperin.go.id
  • Di awal halaman, masukkan 15 digit nomor IMEI lalu pilih ‘simpan’

Apabila ponsel itu legal, munculah keterangan yang menyatakan bahwa IMEI terdaftar di dalam database Kemenperin.  Sedangkan apabila HP itu adalah barang Black Market, maka IMEI tak akan terdaftar di dalam database tersebut.

Cek Label Sertifikasi

Cara cek HP black market selanjutnya dalam mencetak label sertifikasinya. Lain halnya dengan pengecekan nomor IMEI, nomor sertifikasinya fungsinya untuk membedakan masing-masing jenis HP. Sementara nomor IMEI untuk membedakan tiap-tiap unit HP, sehingga lebih spesifik.

  • Letak label sertifikasi ini yaitu di kotak kemasan HP Anda. Untuk cek legalitas produk, Anda bisa kunjungi laman sertifikasi.postel.go.id.
  • Berikutnya, pilih ‘Daftar Sertifikat’ lalu klik ‘Sertifikat Berlaku’. Input nomor sertifikasi yang ada di kemasan HP Anda!

Apabila nomor itu sesuai model HP Anda, maka ponsel tersebut sudah tersertifikasi serta resmi dipasarkan di Tanah Air. Tetapi, apabila tidak tercantum atau tidak sesuai arinya HP itu merupakan produk ilegal.

Nah, itulah beberapa cara cek HP black market dan resmi yang dapat Anda lakukan. Sehingga bisa mengurangi risiko tertipu ketika Anda membeli smartphone baru.