Internet Masa Depan Akan Bawa Banyak Perubahan

244
Internet Masa Depan Akan Bawa Banyak Perubahan
Ilustrasi Internet Masa Depan. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Internet masa depan saat ini banyak yang memprediksi. Internet telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Dengan adanya internet memungkinkan agar orang untuk mengakses berbagai informasi, pengetahuan, juga berkomunikasi.

Sebelum kemunculan internet, orang perlu menunggu lama untuk memperoleh pembaruan informasi. Namun saat ini, informasi dengan mudah Anda dapatkan dan sering diperbarui dalam waktu cepat.

Kemunculan internet tentu bisa mengubah cara masyarakat berkomunikasi dan menghilangkan hambatan dalam berkomunikasi. Melalui internet, masyarakat bisa berbagi foto, mempublikasi berita, hingga mengobrol dengan teman, keluarga, atau kolega dari seluruh dunia lebih mudah.

Teknologi Internet Masa Depan

Mungkin saat ini ada yang berpikir bahwa sedang dalam puncak revolusi internet lagi. Menurut pakar teknologi yang berkumpul di Berlin, Jerman, dalam menyelenggarakan konferensi oleh platform pembelajaran digital ADA. Teknologi baru saat ini bisa merombak internet seperti yang banyak orang kenal, baik dari segi cara pembuatannya serta tampilannya.

Untuk teknis, idealis teknologi mengatakan bahwa blockchain membantu dalam pembangunan arsitektur baru yang terdesentralisasi. Pada era Web 3.0 yang tergolong baru ini, pengguna mampu memiliki kendali terhadap data, privasi, serta hal yang dibuat secara online.

Awal tahun 1960-an, para peneliti mulai menghubungkan komputer hingga seluruh dunia. Akan tetapi, baru pada 1990-an mulai menemukan world-wide-web serta web browser. Hal ini menjadikan jaringan tersebut dapat tersedia untuk yang ingin mendapatkan koneksinya.

Sejak itu, web telah memberikan perubahan setiap aspek masyarakat. Mulai dari cara orang melakukan bisnis hingga cara mendapatkan informasi atau berinteraksi satu dengan lainnya.  

Selama fase pertama web, banyak yang menjelajahi web dari komputer desktop dan navigasinya melalui mesin pencari. Namun pada tahun 2000-an mulai muncul media sosial dan jaringan seluler, sehingga memunculkan dunia online seperti sekarang hingga masa depan.

Kemunculan World Wide Web

Web 3.0 merupakan ide untuk iterasi baru dari World Wide Web berdasarkan teknologi blockchain. Sehingga menggabungkan konsep seperti desentralisasi dan ekonomi berbasis token. Web 3.0 membuat penggunanya bisa mengontrol data mereka sendiri.

Orang akan berpindah dari media sosial ke email atau belanja dengan akun secara personal, membuat catatan pada blockchain dari seluruh aktivitas. Istilah Web 3.0 tercipta tahun 2014 dari salah satu pencetus berdirinya Ethereum, yakni Gavin Wood.

Pada tahun 2021 gagasan tersebut cukup menarik minat para penggemar cryptocurrency, perusahaan venture capital serta perusahaan teknologi. Tahun 2022 sepertinya menjadi tahun web 3.0 mulai terwujud. Banyak pekerjaan dan pendidikan menuntut secara virtual dengan konsep dan teknologi Web 3.0.

Perlu Anda ketahui bahwa dasar dari Web 3.0 adalah blockchain. Blockchain merupakan catatan digital informasi yang bisa didistribusikan, namun sulit untuk edit atau hapus. 

Prediksi Internet

Maryville University memprediksi bahwa internet akan berevolusi lebih cepat dan lebih aman. Internet akan menjadi campuran dari realita dan juga virtual. Bahkan tidak lagi menggunakan keyboard, mouse, dan layar.

Pada masa depan, internet akan fokus pada augmented reality. Banyak masyarakat menggunakan kacamata augmented reality serta memanfaatkan dalam berinteraksi pada lingkungan.

Kemudian, mengetik pesan nantinya akan terganti komunikasi verbal serta pendengaran. Misalnya seperti fasilitas layanan asisten virtual Alexa dari Amazon, juga Siri dari Apple. Asisten virtual memberikan layanan personalisasi untuk dunia serba teknologi digital ini.

Kehadiran internet yang terus mengalami perkembangan dengan membawa banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Internet masa depan juga memungkinkan berbagai inovasi dan teknologi yang akan mengubah masyarakat secara menyeluruh.