Home Internet Cara Kerja DNS di Internet, Pengertian dan Keunggulan yang Dimilikinya!

Cara Kerja DNS di Internet, Pengertian dan Keunggulan yang Dimilikinya!

252
Cara Kerja DNS di Internet, Pengertian dan Keunggulan yang Dimilikinya!
Iustrasi Cara Kerja DNS di Internet. Foto: Ist/Net

Texno.ID –  Cara kerja DNS di internet merupakan singkatan dari Domain Name System yang merupakan sistem penyimpanan data.

DNS ini biasanya berguna penyelesaian permintaan terhadap nama website untuk jadi alamat IP.

Tujuan dari penggunaan DNS sendiri tentu saja untuk menemukan pelayanan komputer juga perangkat yang ada di penjuru dunia. DNS memiliki peran sangat penting untuk menyediakan layanan internet.

Mengungkap Arti dan Cara Kerja DNS di Internet

Di dalam internet terdapat sebuah istilah yang cukup penting. Istilah tersebut adalah Domain Name System atau DNS.

DNS merupakan sebuah sistem yang berguna untuk mengubah URL website ke dalam bentuk IP Address. Tanpa adanya DNS, maka Anda harus mengganti IP Address secara lengkap ketika akan mengunjungi sebuah website.

Sistem DNS akan menghubungkan Uniform Resource Locator (URL) dengan Internet Protocol Address (IP Address). Normalnya, ketika akan mengakses internet Anda akan mengetikkan IP Address di sebuah website.

Hal tersebut tentu saja cukup merepotkan. Itulah kenapa DNS hadir untuk meringkas pekerjaan Anda dalam mengakses internet.

Anda saat ini hanya perlu mengingat nama domain dan memasukkannya dalam address bar. Secara otomatis DNS akan menerjemahkan domain tersebut ke dalam IP Address yang komputer pahami.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Adapun cara kerja DNS di internet yaitu:

  • Server DNS akan meminta informasi domain atau nama situs web yang ingin Anda kunjungi
  • DNS Server kemudian akan mencocokkan nama tersebut dengan angka yang berapa alamat IP asli.
  • Setelah itu, DNS lokal akan mencari alamat IP tersebut di cache lokal yang sudah tersimpan di dalam komputer.
  • Jika situs web pernah Anda buat sebelumnya, tentu saja cache akan tersimpan dan DNS hanya tinggal menampilkannya. Namun, jika alamat IP tidak tersimpan di cache lokal, maka DNS akan meminta data dari DNS rekursif dan situs web akan muncul.
  • Jika alamat tetap tidak ada di server DNS rekursif, maka DNS akan tetap mencarinya melalui server DNS lainnya atau DNS otoritatif.
  • Setelah alamat IP berhasil ditemukan, maka situs web akan tampil dan cache akan tersimpan ke dalam DNS lokal.

Kelebihan dari DNS

Setelah melihat cara kerja DNS di internet, Anda mungkin merasa terlalu rumit atau panjang. Akan tetapi, proses tersebut sudah sangat sejalan dengan kelebihan yang mereka miliki.

Ada beberapa manfaat berupa kemudahan yang DNS berikan dalam aktivitas berinternet kita sehari-hari. Manfaat pertama adalah kegiatan berinternet jadi jauh lebih mudah.

Bayangkan Anda harus mengingat setiap angka IP Address ketika akan mengakses sebuah website. Hal itu tentu saja sangat rumit dan sulit. Dengan DNS, Anda hanya perlu mengingat nama website tersebut dan menulisnya di search bar.

Manfaat kedua adalah DNS lebih konsisten dalam penggunaan. Artinya, Anda tetap bisa menggunakan nama DNS yang sama meski telah terjadi perubahan ada alamat IP Address.

DNS juga memberikan kemudahan dalam konfigurasi aat terjadi kendala IP Address yang digunakan. Dengan DNS, Anda dapat mengganti IP tersebut dengan mudah.

Manfaat terakhr adalah DNS jauh lebih aman. Saat memakai sistem DNS, seluruh aktivitas transfer untuk data online terjadi lewat server DNS.

Server tersebut tentu sudah terjaga keamanannya dan akan mencegah segala upaya peretasan yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Saat ini Anda sudah mengerti apa itu DNS dan manfaat yang mereka berikan. Meski cara kerja DNS di internet cukup rumit, tetapi dalam prosesnya terjadi sangat cepat.