Cara Memasang HP di Tripod dengan Mudah dan Tepat

2167
Cara Memasang HP di Tripod dengan Mudah dan Tepat
Ilustrasi Cara Memasang HP di Tripod. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara memasang HP di tripod bisa kita lakukan dengan sangat mudah. Namun, bagi para pemula, hal ini seringkali membingungkan.

Tripod sendiri merupakan alat yang berfungsi sebagai penyangga yang bisa kita atur tinggi dan posisinya. Umumnya, tripod kita gunakan untuk menyangga kamera, akan tetapi HP pun juga bisa.

Pemasangan HP pada tripod ini memudahkan kita untuk mengambil gambar maupun video. Maka dari itulah, supaya hasilnya maksimal, dalam pemasangannya perlu cara yang tepat.

Cara Memasang HP di Tripod dengan Mudah dan Simpel

Ada beberapa langkah yang mesti kita perhatikan untuk memasang HP pada tripod ini. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Persiapan

Langkah pertama yang mesti kita lakukan adalah persiapan terlebih dahulu. Persiapan ini meliputi alat dan bahannya, seperti tripod dan HP itu sendiri.

Buka Bagian Kaki Tripod

  1. Langkah selanjutnya, yakni dengan membuka kaki tripod yang umumnya berjumlah tiga kaki.
  2. Pastikan, kita membuka kaki tripod tersebut dengan benar, sehingga tripod dapat berdiri dengan tegak dan tidak mudah jatuh.
  3. Untuk membuka kaki tripod ini, tarik ke arah luar, setelah itu kaki tripod akan renggang.
  4. Setelah itu, atur tinggi dan posisi tripod. Hal ini perlu kita sesuaikan dengan posisi HP-nya nanti. Misalnya, jika kita ingin memposisikan HP miring, maka salah satu kaki tripod memiliki posisi yang lebih tinggi dari kaki tripod lainnya.

Masukkan HP Pada Penjepit Tripod

  1. Cara memasang HP di tripod selanjutnya yakni dengan memasukkan HP pada penjepit tripod. Seperti yang kita tahu, tripod sendiri memiliki penjepit yang berfungsi untuk menjaga HP maupun kamera supaya tidak jatuh atau bergeser.
  2. Langkah yang harus kita lakukan, tarik bagian atas penjepit tripod tersebut.
  3. Setelah itu, masukkan HP ke dalam penjepit.
  4. Jangan lupa untuk memastikan posisi HP sudah sesuai dan dalam posisi yang baik. Dengan begitu, HP tidak akan mudah lepas dan kita bisa menghasilkan gambar maupun video yang bagus.

Aturlah Posisi Penjepit

  1. Cara memasang HP di tripod selanjutnya yakni dengan mengatur posisi penjepitnya. Pada dasarnya, tripod ini memiliki penjepit khusus yang bisa kita sesuaikan.
  2. Kita bisa mengatur atau mengarahkan penjepit tersebut lurus, miring, atau menghadap ke bawah.
  3. Pada langkah ini, yang perlu kita perhatikan yakni angle-nya. Dengan mengatur posisi penjepit dengan benar sesuai angle, maka kita akan mendapatkan gambar maupun video yang bagus.

Jenis-Jenis Tripod HP

Sebelum menerapkan cara memasang HP di tripod ini, ada baiknya jika kita mengetahui apa saja jenis-jenis tripod HP. Pasalnya, hal ini akan membantu kita untuk menemukan jenis tripod yang tepat.

Sehingga, kegiatan menggunakan HP untuk menghasilkan gambar, video, hingga nge-vlog semakin lancar dan tidak ada gangguan. Terutama, gangguan yang berasal dari teknis pemasangan dan semacamnya.

Setidaknya terdapat lima jenis tripod HP yang bisa kita gunakan. Antara lain Bexin Tripod Ultra Mini Pro-MS08, Alloy Tripod Unipod 3 Legs Stand Base, Velbon Tripod CX-888, Weifeng Tripod Stainless 310 dan Takara Tripod Lightweight Eco-193A.

Ada baiknya, jika kita memilih tripod yang paling kuat, dan ringkas. Dengan begitu, kita akan semakin mudah untuk menyimpan dan membawanya kemana saja.

Itulah tadi cara memasang HP di tripod yang bisa kita terapkan. Kini, kegiatan pengambilan gambar maupun video semakin mudah dan praktis bukan?