Internet Unbreakable WiFi, Program Telkomsel dan IndiHome

359
Internet Unbreakable WiFi
Ilustrasi Internet Unbreakable WiFi. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Internet unbreakable WiFi akan segera hadir di Indonesia. Kedepannya Telkomsel akan menyediakan layanan internet unbreakable WiFi ini. Saat ini Telkom dan Telkomsel sedang menggabungkan unit bisnis dengan IndiHome.

Artinya penggabungan antara layanan home fixed broadband dengan layanan mobile seluler. Mereka akan menjadi perusahaan telekomunikasi dengan strategi Fixed Mobile Convergence atau FMC. Penggabungan kedua raksasa layanan internet ini tentunya akan membawa keuntungan untuk banyak pelanggan.

Setelah FMC resmi meluncur, Direktur Utama Telkomsel juga akan menyediakan layanan WiFi. Sebuah layanan yang mana pelanggan tidak perlu berganti operator saat di rumah maupun di luar rumah. Di rumah pelanggan bisa menggunakan IndiHome fixed broadband sedangkan di luar rumah menggunakan Telkomsel.

Persiapan Mewujudkan Layanan Internet Unbreakable WiFi

Saat ini Telkom bersama dengan Telkomsel juga telah melakukan berbagai persiapan. Mulai dari proses transfer knowledge hingga perizinan untuk mewujudkan layanan unbreakable WiFi ini. Hal tersebut mengingat Telkomsel masih memerlukan lisensi untuk menggelar layanan pada jaringan tertutup.

Direktur Utama Telkomsel, Hendri menyatakan bahwa sebenarnya proses merger Telkomsel dan IndiHome bisa dilakukan dengan cepat. Sebab sebagian besar jaringan Telkomsel sudah menggunakan jaringan backbone fiberoptik milik Telkom.

Hendri juga telah menyiapkan langkah strategis untuk menyukseskan layanan Internet unbreakable WiFi tersebut. Telkom akan membuatnya lebih menarik daripada produk lainnya dari kompetitor. Urusan harga berlangganannya juga akan mereka buat dengan lebih menarik lagi.

Operator yang menjalankan FMC berkemungkinan menjual layanan internet mobile dan fixed dalam satu tagihan. Harapannya cara tersebut akan lebih menarik bagi konsumen daripada menjual keduanya secara terpisah.

Penggabungan Telkomsel dan IndiHome

Namun Hendri belum memastikan kapan tanggal layanan IndiHome bergabung dengan Telkomsel. Ia mengatakan bahwa Telkom pasti akan melakukan proses transfer knowledge. Sebab mereka merupakan pihak yang memiliki pengalaman panjang dalam mengerjakan internet fixed.

Untuk proses ini, sejumlah karyawan dari Telkom bahkan juga akan pindah ke Telkomsel. Telkom dan Telkomsel pastinya juga akan memberi tahu jika penggabungan sudah berjalan. Mereka juga akan selalu siap memberikan yang terbaik untuk para pelanggan.

Operator Telekomunikasi yang Menerapkan Internet Unbreakable WiFi FMC

Sebelumnya, XL Axiata juga telah menerapkan strategi bisnis FMC dengan XL Home. XL Axiata juga telah mencoba menyatukan tagihan kedua layanan tersebut dengan nama XL Satu. Ada pula operator lain yang mencoba FMC yaitu Indosat Ooredoo Hutchison.

Operator telekomunikasi ini menggunakan HiFi sebagai layanan fixed dan IM3 serta Tri sebagai layanan mobile. Selain itu grup telekomunikasi Sinarmas memiliki Smartfren sebagai layanan seluler. Lalu MyRepublic serta Oxygen sebagai layanan Fixed. Sebagai konsumen, tentunya tak sabar untuk segera menggunakan layanan internet unbreakable WiFi ini. (R10/HR-Online)