Cara Membersihkan Sampah di Handphone Agar Bebas Lemot

0
273
Cara Membersihkan Sampah di Handphone Agar Bebas Lemot
Cara Membersihkan Sampah di Handphone. Foto: Ist/Net

Texno.ID -Cara membersihkan sampah di handphone bisa menjadi langkah tepat bagi anda yang menginginkan HP kembali bekerja secara optimal. File sampah sendiri merupakan berkas yang tersimpan di dalam memori smartphone.

Keberadaannya semakin menumpuk namun tidak punya manfaat. File atau berkas sampah ini akan terkumpul di folder sampah HP android.

Akibatnya kinerja HP jadi lemot dan performanya tidak maksimal. Dengan begitu, anda butuh cara agar file sampah bisa bersih.

Berbagai Macam Cara Membersihkan Sampah di Handphone Anda

Membersihkan sampah yang menumpuk di handphone sebenarnya dapat anda lakukan dengan berbagai macam cara. Baik dilakukan secara manual maupun menggunakan aplikasi.

Berbagai macam sampah di handphone biasanya berupa file, cache mulai dari video, gambar dan file dengan format yang lain. 

Selain itu, masih ada juga sampah lainnya seperti folder yang sudah tidak terpakai atau direktori. Misalnya folder yang dibuat secara otomatis oleh aplikasi yang sudah dihapus sebelumnya namun folder tersebut masih ada.

Membersihkan File Sampah Secara Manual

Salah satu cara membersihkan sampah di handphone yang bisa anda lakukan adalah melakukannya secara manual. Ini menjadi langkah paling mudah dan tidak butuh banyak waktu.

Baca:  HP Xiaomi untuk Gaming Spesifikasi Gahar, Berikut Rekomendasinya

Meskipun ini manual, akan tetapi anda bisa melakukannya dengan cepat. Anda tinggal menggunakan bantuan fitur penyimpanan yang terdapat dalam HP Android milik anda.

  1. Pertama anda bisa menuju ke “Setelan” lalu anda bisa ketuk menu “Penyimpanan”.
  2. Anda bisa menunggu hingga proses menghitung terselesaikan. Kemudian anda bisa ketuk “Cache Data”.
  3. Dari sana nanti akan muncul notifikasi untuk konfirmasi data cache yang akan dihapus. Selanjutnya anda tinggal tekan”OK”.

Cara ini cukup mudah bukan? Bila anda suka menggunakan cara manual, anda bisa mengulangi proses pembersihan sampah ini saat ponsel kekurangan kapasitas penyimpanan.

Akan tetapi, lebih baik bila anda menghapus file sampah dalam waktu seminggu sekali. HP anda akan memiliki kinerja yang lebih cepat dan optimal.

Menggunakan Aplikasi Pembersih Sampah

Selain melakukannya secara manual, cara membersihkan sampah di handphone juga bisa anda lakukan dengan bantuan aplikasi. Anda bisa mencoba aplikasi penghapus sampah.

Baca:  Cara Menghemat Baterai Handphone yang Perlu Anda Ketahui

Saat anda menggunakan aplikasi ini, cara kerjanya cukup simpel. Fungsi pembersih sampah otomatis ini sebenarnya sama fungsinya. Akan tetapi biasanya dapat membersihkan berbagai macam file yang tersembunyi juga.

Maka dari itu, anda harus mencari aplikasi pembersih sampah android yang ampuh dan ringan. Jangan sampai  anda download aplikasi pembersih yang berat. Sebab ini malah akan menambah kinerja RAM handphone anda.

Menghapus File Sampah Galeri tanpa Hapus Foto

Seperti yang disampaikan awal tadi, sampah yang ada pada handphone bisa berupa gambar dan foto yang ada di galeri.

Cara membersihkan sampah di handphone ini tidak dilakukan secara langsung pada menu galeri. Akan tetapi anda bisa menghapus file sampahnya melalui folder DCIM yang ada di menu File.

Anda bisa masuk ke menu File Manager. Lalu anda masuk ke folder DCIM dan anda bisa melihat file foto serta video yang ada. Termasuk juga folder Thumbnail. Anda bisa langsung menghapusnya saja.

Baca:  HP Vivo Y31 Meluncur dengan Baterai Besar dan Memori Lapang di 2021

Cara ini bisa anda lakukan tanpa perlu menggunakan bantuan aplikasi apapun. Sehingga anda tak perlu repot-repot menginstal aplikasi untuk melakukan pembersihan file sampah ini.

Menghapus Semua Cache Aplikasi

Selain melakukan penghapusan sampah satu per satu dalam aplikasi. Anda juga bisa melakukan pembersihan file sampah yang berupa cache bersamaan.

Selain itu, cara membersihkan sampah di handphone bisa anda lakukan juga sangat mudah. Anda tinggal masuk ke menu pengaturan pada handphone anda. Selanjutnya anda pilih menu penyimpanan.

Tunggu sampai sistem selesai untuk menghitung berapa jumlah penggunaan memori internal serta memori eksternalnya.

Jika sudah selesai, maka selanjutnya akan muncul tab khusus Cache. Anda bisa membersihkan junk file android dengan mengklik bagian “Cache”. Nanti akan muncul konfirmasi dan klik “Yes” untuk menghapus.

Cara membersihkan sampah di handphone android tanpa menggunakan aplikasi ini tergolong lebih mudah. Apalagi jika anda bandingkan dengan folder sampah android. Akan tetapi, akibatnya loading aplikasi yang berjalan lebih lama. (CW001)

Editor : Deni Supendi