Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Komputer dengan Cepat

0
176
Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Komputer dengan Cepat
Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca. Foto: weblogue

Texno.ID – Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca mungkin akan membuat kesal. Hal ini bisa saja terjadi pada komputer anda.

Alat penyimpanan berupa flashdisk saat ini paling sering orang gunakan. Tidak heran apabila keberadaan flashdisk perlu penyimpanan yang baik.

Namun, permasalahan yang sering terjadi adalah tidak terdeteksinya flashdisk pada komputer atau laptop. Salah satu penyebabnya bisa karena virus komputer yang berbahaya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Sebelum anda dapat menangani flashdisk yang tidak terbaca, perlu tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Karena akan berpengaruh pada teknik memperbaikinya.

Flashdisk yang bermasalah atau port yang terdapat pada komputer tidak sesuai, akan menimbulkan flashdisk tidak terbaca di PC.

Untuk dapat mengetahui penyebab dan cara mengatasi flashdisk tidak terbaca, cobalah masukkan flashdisk ke komputer lain. Apabila flashdisk bisa terbaca pada komputer lain maka pasti PC anda yang bermasalah.

Flashdisk yang tidak dapat terbaca bisa juga karena serangan malware dan virus. Penggunaan flashdisk yang sering tersambung pada beberapa PC dengan intensitas yang tinggi akan memicu datangnya virus. 

Anda dapat menggunakan antivirus untuk dapat menghapus virus tersebut. Banyak antivirus yang dapat anda gunakan secara gratis. 

Selanjutnya, yang dapat mengakibatkan flashdisk tidak terbaca adalah penggunaan perangkat flashdisk palsu. Untuk itu, anda perlu lebih cermat saat memilih flashdisk. Jangan sampai tergoda dengan harga yang miring dari merk ternama. 

Jika sudah tahu beberapa penyebabnya, maka anda bisa mengetahui cara mengatasi flashdisk tidak terbaca. 

Berikut akan kami ulas beberapa cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca.

Periksa Konektor Flashdisk dan Port USB

Flashdisk yang tidak terbaca bisa karena komputer kemasukan debu atau kotor. Anda tidak perlu khawatir karena cara mengatasi flashdisk tidak terbaca sangatlah mudah. 

Langkah pertama, bersihkan konektor dan port USB. Gunakan kuat pembersih agar partikel debu yang menutupi bisa terangkat. Kemudian untuk menguji kerusakan pada flashdisk bisa mencoba menghubungkan pada komputer lain.

Format Menggunakan CMD

CMD juga bisa menjadi alternatif sebagai cara mengatasi flashdisk tidak terbaca. Akan tetapi memakai CMD agak rumit. Meskipun demikian, cara ini lebih efektif dan dapat membersihkan virus. 

Namun, bila anda memiliki file yang penting dalam flashdisk tidak disarankan memakai cara ini. Hal ini dikarenakan CMD akan menghapus semua data.

Sambungkan flashdisk pada komputer untuk menggunakan CMD. Kemudian bukalah tab windows Run, ketik CMD dan tekan enter. 

Ketik FORMAT F:/FS:FAT lalu enter.  Secara otomatis virus akan terhapus.

Periksa dengan Computer Management

Apabila dipastikan tidak ada masalah pada port USB dan perangkat USB lainnya, maka anda bisa mencoba menggunakan Computer Management sebagai cara mengatasi flashdisk tidak terbaca.

Computer Management dapat mengecek apakah flash memory pada flashdisk masih berfungsi dengan baik apa tidak. 

Anda dapat  melakukan repair, scanning dan format drive. Pilih sesuai dengan kebutuhan agar flashdisk terbaca yang tidak muncul bisa dilihat. 

Hubungkan flashdisk pada komputer, lalu buka pengaturan Computer Management. Klik kanan gambar berlogo Windows yang terdapat pada pojok bawah bagian kiri komputer. Pilih opsi Computer Management, tunggu sampai muncul pada layar. 

Selanjutnya, pilih opsi Disk Management, klik kanan pada drive flashdisk. Pilih Change Drive Letter and Paths. Pilih menu dropdown Assign the following drive letter, lalu tekan OK.

Bila flashdisk masih tidak bisa dipakai, format via Disk Management. Lalu pilih Format dan isikan nama flashdisk, jenis file system dan ukurannya. Bila sudah selesai tekan OK dan tunggu proses format selesai. Kini flashdisk anda dalam keadaan baru. 

Update Komputer

Komputer yang rusak atau belum update bisa juga jadi penyebab flashdisk tidak terbaca. Sudah saatnya komputer anda memerlukan pengunduhan file penting untuk dapat membaca isi dari flashdisk.

Komputer akan menolak membaca bila flashdisk terlalu canggih. Untuk itu memerlukan software terbaru. 

Tidak memakan waktu yang lama untuk update sistem operasi. Hal tersebut tergantung ukuran software dan update yang diperlukan.

Cobalah langkah-langkah di atas untuk memastikan  apakah flashdisk rusak karena fisik atau tidak. Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca ada beberapa langkah. Anda dapat menyesuaikan dengan faktor penyebabnya.