Fungsi Internet Service Provider, Apa Sajakah Itu?

30
Fungsi Internet Service Provider, Apa Sajakah Itu
Ilustrasi Fungsi Internet Service Provider. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Fungsi Internet Service Provider, yakni untuk menyediakan layanan internet ke semua pengguna yang ingin mengaksesnya. Internet Service Provider ini, merupakan kepanjangan dari ISP. Sejatinya, ISP ini sudah dikenal luas oleh pengguna internet di seluruh dunia.

ISP merupakan sebuah perusahaan maupun lembaga yang menyediakan layanan internet kepada para konsumennya. Entah itu, individu maupun kelompok.

Salah satu produk yang dihasilkan adalah koneksi internet. Akan tetapi tidak hanya itu saja, ISP juga memberikan layanan tambahan seperti website hosting hingga perangkat lunak.

Perangkat lunak ini bisa berupa browser, email, maupun website personal. Dalam menciptakan jaringan, ISP menciptakan backbone.

Umumnya, backbone tersebut terdiri dari satelit, kawat tembaga, hingga fiber optic media.

Fungsi Internet Service Provider (ISP)

Seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya, fungsi umum dari ISP ini adalah menyediakan layanan internet ke semua pengguna. Namun, dari fungsi tersebut, bisa kita jabarkan lebih spesifik lagi. Berikut ini informasinya.

  • ISP berfungsi sebagai perantara atau penghubung bagi pengguna yang ingin terhubung secara mudah dengan jaringan internet.
  • Selain itu, ISP juga bisa kita gunakan untuk menghubungkan komputer pelanggan ke bagian gateway internet terdekat.
  • Tak hanya itu, ISP berfungsi sebagai penyedia perangkat modem untuk memberikan layanan sambungan dial up.
  • Fungsi lainnya, menjadi penghubung antara pengguna dengan layanan internet WWW (World Wide Web).
  • Internet Service Provider juga dapat memberikan perlindungan terhadap penyebaran virus maupun malware dengan memanfaatkan sistem antivirus untuk pelanggannya.
  • Tak kalah penting, ISP ini menyediakan tempat untuk homepage.
  • Fungsi Internet Service Provider lainnya, sebagai media untuk pengguna bila ingin melakukan aktivitas download maupun upload dari internet. Selain itu, bisa kita gunakan untuk aktivitas internet yang lainnya.
  • Keberadaan ISP ini mampu memajukan teknologi internet maupun akses internet untuk daerah-daerah terpencil.
  • Dengan ISP, kita bisa dengan mudah mengakses internet hingga seluruh penjuru Indonesia.
  • Bahkan, melalui ISP mampu membatasi akses dan kuota internet bagi sejumlah pengguna.
  • ISP juga memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi online, seperti email dan sebagainya.
Baca:  Tips WhatsApp Web Tanpa Koneksi Internet Smartphone

Cara Kerja

Fungsi Internet Service Provider ini, juga tak lepas dari cara kerjanya. Pada dasarnya, cara kerja ISP ini sangat sederhana.

Penyedia internet menunggu pengguna untuk mengirimkan permintaan, baik itu koneksi maupun akses. Setelah itu, ISP ini akan routing jaringan ke perangkat yang pengguna gunakan.

Perangkat tersebut, bisa berupa desktop, smartphone, modem, access point, dan lain sebagainya. Jika proses routing selesai, pengguna bisa langsung menggunakan akses internet tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Contoh Layanan ISP di Indonesia

Di Indonesia sendiri, sudah banyak layanan ISP yang bisa kita gunakan. Masing-masing Internet Service Provider tersebut, memiliki fungsi yang hampir sama.

Baca:  Tips WhatsApp Web Tanpa Koneksi Internet Smartphone

Beberapa layanan ISP Indonesia antara lain, Indihome, Access Service Dedicated to Internet (Astinet), IM2, Centrin, First Media/FastNet, Biznet, MNC Play Media, Angkasawave, Provider Mobile Access, dan masih banyak layanan lainnya.

Meskipun memiliki banyak fungsi dan manfaat, kita juga perlu mempertimbangkan beberapa faktor supaya bisa mendapatkan layanan ISP tersebut.

Mulai dari lokasi, spesifikasi kecepatan dan kuota, kepemilikan backbone, kepemilikan izin, maupun sistem pelayanan pelanggan.

Itulah tadi penjelasan mengenai fungsi Internet Service Provider beserta dengan cara kerja dan contoh layanannya. Ada baiknya, kita menggunakan layanan ISP sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, fungsi dan juga pemanfaatannya bisa kita rasakan secara maksimal.

Baca:  Google Map Tanpa Internet? Simak Cara Rahasianya di Sini!