Cara Mengatasi Ghost Touch di Ponsel Android Anda, Jangan Panik Dulu!

283
Cara Mengatasi Ghost Touch di Ponsel Android Anda, Jangan Panik Dulu!
Ilustrasi Cara Mengatasi Ghost Touch. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara mengatasi ghost touch pada layar ponsel sebetulnya cukup mudah. Seringkali ghost touch yang terjadi membuat Anda panik sehingga tidak bisa berpikir dengan jernih.

Ghost touch sering terjadi pada ponsel Android karena adanya masalah pada layar atau LCD sehingga layar bergerak sendiri.

Ini Dia Cara Mengatasi Ghost Touch

Hadirnya sistem Android pada ponsel sangat memberikan kemudahan dalam komunikasi dan hiburan. Para pengguna Android saat ini bisa dengan mudah mengunduh game di ponsel.

Munculnya Android juga mengubah bentuk dari ponsel. Dahulu, kebanyakan ponsel menggunakan keyboard fisik seperti halnya perangkat komputer.

Sejak adanya Android, ponsel saat ini menggunakan teknologi touch screen atau layar sentuh. Teknologi ini sebenarnya hadir untuk memudahkan para penggunanya dalam menggunakan ponsel.

Akan tetapi, ternyata beberapa dampak negatif juga menghantui. Salah satunya adalah rentannya layar LCD.

Anda hanya bisa mengoperasikan ponsel dengan menyentuh layar. Lalu bagaimana cara mengatasi ghost touch yang merupakan salah satu masalah pada layar yang paling umum terjadi?

Sebelum mencari tahu cara mengatasinya, Anda perlu tahu apa itu ghost touch.

Ghost touch adalah sebuah kata dalam bahasa Inggris yang memiliki arti sentuhan hantu. Disebut sentuhan hantu karena layar atau LCD Android yang error seringkali bergerak sendiri tanpa ada yang menyentuh.

Gangguan ini sangat menjengkelkan karena bisa menghambat aktivitas pada smartphone.

Penyebab dan Ghost Touch

Untuk mengetahui cara mengatasi ghost touch pada ponsel Android, maka Anda perlu terlebih dahulu tahu penyebab terjadinya gangguan tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa ghost touch tidaklah terjadi secara tiba-tiba. Dengan kata lain, biasanya penyebab ghost touch adalah terjadinya masalah pada hardware mesin di smartphone.

Cara Mengatasinya

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi ghost touch di ponsel, sebagai berikut.

  1. Lakukan Restart Pada Ponsel

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah coba mulai kembali ponsel Android. Tujuan dari restart adalah agar Android bisa kembali seperti semula dan bekerja kembali dengan stabil.

  1. Dinginkan Ponsel

Ghost touch dapat juga terjadi karena temperatur ponsel yang melebihi batas normal atau terlalu panas. Temperatur yang panas pada smartphone bisa terjadi jika Anda menggunakannya terus-menerus tanpa istirahat.

Temperatur yang terlalu panas pada ponsel dapat menyebabkan error pada sistem. Oleh karena itu Anda bisa mendinginkan ponsel dengan cara mendiamkannya di lantai atau memberikan tembaga di dalam casing.

  1. Bersihkan Pelindung Layar

Debu yang tertanam di dalam layar bisa juga menjadi penyebab terjadinya ghost touch. Cara mengatasi ghost touch ini memang terdengar sepele tapi bisa sangat berpengaruh.

Anda dapat membuka pelindung layar saat ini lalu menempelkan yang baru setelah dibersihkan.

  1. Mengatur Ulang Kalibrasi Layar

Untuk melakukan cara ini maka Anda harus mengunduh aplikasi di Google Play Store bernama “Kalibrasi Layar Sentuh”.

Setelah terunduh, Anda bisa langsung membuka dan melakukan instruksi yang ada di dalam aplikasi tersebut. Nantinya akan terlihat nilai kalibrasi layar setelah proses selesai.

  1. Ganti LCD Ponsel

Cara ini merupakan yang terakhir jika tidak juga berhasil. Mengganti LCD dapat Anda lakukan di tempat servis ponsel seperti konter atau toko resmi merek ponsel.

Harga LCD tidaklah murah. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mengganti LCD, Anda bisa melakukan beberapa cara sebelumnya.

Error pada layar seperti ghost touch sangatlah mengganggu. Lakukan cara mengatasi ghost touch jika ponsel seperti di atas jika Anda mengalaminya. Anda juga bisa mencegahnya dengan memberikan waktu jeda ketika bermain ponsel.