Cara Mengatur Penggunaan Data Internet, Mudah Untuk Anda Lakukan

367
Cara Mengatur Penggunaan Data Internet, Mudah Untuk Anda Lakukan
Ilustrasi Cara Mengatur Penggunaan Data Internet. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara mengatur penggunaan data internet agar tidak menjadi boros. Pada era digital seperti saat ini, internet menjadikan salah satu kebutuhan primer. Penggunaan internet saat ini tidak hanya untuk berselancar di dunia maya.

Namun penggunaannya kini menjadi sarana untuk bekerja dan memperoleh pendapatan. Pentingnya penggunaan internet saat ini yang tidak bisa lepas dalam aktivitas sehari-hari.

Sehingga ada yang menghabiskan banyak biayanya agar memperoleh paket internet bulanan. Bahkan harganya yang terbilang mahal serta mencapai ratusan ribu setiap bulannya. 

Inilah Beberapa Cara Mengatur Penggunaan Data Internet

Paket internet yang memiliki kuota akan habis apabila penggunaannya terlalu sering. Untuk itu ketahui beberapa cara mengatur penggunaan internet berikut ini.

Batasi Penggunaan Data

Cara mengatur internet agar tidak menjadi boros, perlu dengan membatasi penggunaan datanya. Cara membatasinya dengan masuk sistem setting. Tentunya dari tiap aplikasi yang seringkali tersambung internetnya dan bisa menyita banyak kuota.

Baca:  HP Samsung Galaxy A73 Segera Rilis, Dilengkapi Kamera Fantastis

Anda perlu masuk bagian Settings > Back Up & Sync. Anda akan memperoleh informasi settings data usage dan lainnya.

Batasi Background Data

Background data merupakan penggunaan data seluler untuk selalu refresh aplikasi pada smartphone. Meskipun Anda tidak sedang menggunakan aplikasi tersebut. Tentunya akan terasa sia-sia, apabila kuota data internet terbuang untuk hal yang tidak Anda inginkan.

Apabila menggunakan android, Anda akan lebih mudah untuk mengatur pembatasan penggunaan data seluler. Terutama pada bagian background data tersebut. Caranya masuk ke settingan > penggunaan data > menu > pada background data. Kemudian Anda dapat memilih batasi.

Pastikan Aplikasi Tidak Update Secara Otomatis

Cara mengatur penggunaan data internet lainnya, memastikan aplikasi tidak update secara otomatis. Masalah yang seringkali menghabiskan paket data internet adalah Play Store. Apabila Anda tidak mengaturnya dengan baik, aplikasi tersebut akan melakukan update setiap waktunya.

Baca:  Cara Mengubah Tulisan di HP Semua Tipe, Begini Langkah yang Benar!

Sehingga penting untuk mengetahui pengaturannya. Caranya dengan membuka Play Store > Settings > Auto-update apps. Kemudian terdapat tiga pilihan yang bisa Anda gunakan.

Apabila Anda ingin mencegah update dengan paket data internetnya. Sebaiknya tidak mengklik pilihan Over any network. Untuk menggantikannya dengan memilih Over Wi-Fi only atau Don’t auto-update apps.

Gunakan Data Compression

Apabila Anda sering mengakses internet dan situs tersebut tidak memiliki fitur yang ramah dengan smartphone. Sehingga secara otomatis penggunaan data internet Anda akan meningkat. Cara mengatur penggunaan data internet lainnya, menggunakan browser yang sediakan pilihan untuk data kompresi.

Seperti halnya pilihan browser Chrome dan Opera. Caranya dengan masuk ke setting aplikasi tersebut. Kemudian Anda dapat memilih reduce data usage. Browser akan otomatis hanya memproses situs yang menyediakan fungsinya untuk mobile.

Baca:  Cara Agar Hp Tidak Lemot dan Selalu Lancar Saat Dipakai

Nyalakan Mode Data Saver

Cara mengatur internet lainnya yang dapat Anda yaitu mode Data saver. Saat menggunakannya, smartphone Anda akan menghentikan semua penggunaan data internet secara otomatis. Bahkan keseluruhan background data yang berjalan akan berhenti. 

Untuk mengaktifkan mode ini, dengan membuka Settings > Connections > Data usage. Kemudian geser toggle Data saver untuk mengaktifkannya. Namun Anda perlu mengetahui apabila mengaktifkan Data saver, aplikasi tidak akan berjalan sesuai fungsinya.

Matikan Fungsi Auto-Sync

Aplikasi akan melakukan syncing, setiap adanya perubahan yang dilakukan pada aplikasi tersebut. Apabila mematikan fungsi auto-sync, dapat mengatur aplikasinya untuk melakukan auto-sync.

Sebaiknya Anda tidak memberikan akses pada aplikasi yang penggunaannya. Caranya cukup mudah, Anda perlu masuk ke settings> data usage> uncheck pada bagian auto sync.

Cara mengatur penggunaan data internet penting Anda ketahui. Hal itu akan membantu membatasi penggunaan internet secara berlebihan.