Penyebab Sinyal Hilang yang Penting Anda Pahami

0
190
Penyebab Sinyal Hilang yang Penting Anda Pahami
Ilustrasi Penyebab sinyal hilang. Foto: t-online.de

Texno.ID – Penyebab sinyal hilang ada banyak sekali. Perangkat yang tidak ada jaringan dan mendadak hilang, akan membuat seseorang merasa kesal. Padahal untuk selalu bisa menjelajahi dunia maya, peran sinyal sangatlah penting.

Salah satu faktornya adalah berada di wilayah yang sulit sinyal. Sehingga menyebabkan jaringan tidak dapat terkoneksi secara sempurna.

Apa Saja Penyebab Sinyal Hilang?

Penggunaan internet saat ini semakin meningkat, terlebih saat masa pandemi seperti sekarang. Banyak orang yang melakukan segala aktivitas di rumah saja. Selain hanya untuk mencari informasi, keberadaan internet juga bisa untuk bermain game, belajar online, dan berbelanja.

Tapi apa jadinya jika tiba-tiba sinyal mendadak hilang. Tentunya seseorang akan merasa emosi dan kesal karena tidak bisa mengakses internet. Bahkan penyebabnya juga sangat beragam. Berikut beberapa penyebab koneksi internet bisa hilang.

Berada di Luar Cakupan Area

Faktor pertama hilangnya koneksi internet adalah saat berada di luar cakupan area jaringan. Hal ini karena ada beberapa provider yang kadang tidak memiliki cakupan area cukup luas. Seperti di pelosok, sehingga menyebabkan jaringan akan terbatas di beberapa titik lokasi.

Selain itu, tempat yang ramai juga bisa menimbulkan sinyal menjadi hilang. Maka dari itu, anda harus menggunakan jenis provider yang mempunyai cakupan luas.

Salah satunya menggunakan provider BTS yang bisa memberikan jaringan 3G maupun 4G cukup baik. Sehingga dengan provider yang terjamin, maka anda bisa leluasa mengakses internet kembali.

Faktor Cuaca

Penyebab sinyal hilang berikutnya adalah karena faktor cuaca. Bahkan faktor tersebut menjadi salah satu yang sering terjadi. Pada dasarnya, tidak semua jenis provider yang ada di Indonesia bisa bekerja secara optimal. Apalagi saat hujan deras dan petir. Kondisi seperti ini biasanya akan menyebabkan sinyal menjadi hilang seketika.

Sedang Perbaikan Jaringan oleh Operator

Supaya selalu memberikan layanan terbaik untuk para pelanggan, ada beberapa operator yang kerap melakukan perbaikan pada jaringan. Hal ini hanya untuk meningkatkan kualitas pelayanan para pengguna.

Tetapi cara seperti ini justru menjadi suatu hambatan bagi pengguna. Karena bisa menjadi penyebab sinyal hilang. Sehingga anda tidak bisa melakukan apapun saat tidak ada koneksi.

Maka dari itu, sebelum anda membeli smartphone yang baru karena HP anda sudah rusak, sebaiknya memastikan terlebih dahulu apakah orang-orang di sekitar anda juga menggunakan jenis operator yang sama.

Kerusakan Hardware

Sinyal yang tiba-tiba hilang bisa jadi karena kerusakan pada komponen hardware. Daripada penyebab sebelumnya, faktor yang satu ini sangat fatal. Karena anda harus mengganti komponen yang rusak.

Bahkan mungkin anda harus membeli ponsel yang baru. Tetapi untuk memastikan bahwa penyebab sinyal hilang karena komponen hardware atau tidak, lebih baik anda bertanya terlebih dahulu kepada ahlinya.

Terdapat Software atau Aplikasi yang Bermasalah

Selain hardware, ternyata software yang berada di perangkat juga bisa menyebabkan sinyal menjadi terputus. Hal ini karena ada bug atau error pada aplikasi. Anda bisa memperbaikinya dengan cara membaca tips yang ada di internet.

Sinyal Receiver Sedang Bermasalah

Komponen dari signal receiver ini berperan sangat penting. Karena bisa menerima sinyal yang dikirim oleh transmitter. Tetapi apa jadinya jika komponen tersebut rusak, maka yang timbul adalah kehilangan sinyal.

Paket Internet

Penyebab sinyal hilang juga karena terdapat masalah pada kuota internet. Ada beberapa jenis provider yang menawarkan koneksi internet dengan paket.

Seperti contoh, ada jenis provider yang memberikan koneksi dengan kuota untuk malam hari saja. Selain itu, juga ada yang khusus untuk siang hari. Sehingga hal ini bisa menyebabkan koneksi menjadi tidak stabil.

Pemilihan kuota internet itu juga sangat penting. Anda bisa memilih jenis provider yang memiliki beragam jenis paket internet. Sehingga anda bisa online selama 24 jam tanpa khawatir ada batasan waktu internet.

Salah satu cara yang paling tepat adalah anda bisa melepas kartu SIM dan memasangkan ke perangkat lain. Tetapi jika sinyal juga tidak muncul setelah dipasang pada ponsel lain, kemungkinan kartu SIM anda yang bermasalah. Maka dari itu, sebaiknya hubungi customer service provider saja.

Saat sinyal perangkat anda hilang, segera mencari titik permasalahannya. Itulah beberapa penyebab sinyal hilang yang paling sering terjadi.