Cara Menggunakan Zoom di HP untuk Peserta dan Host Meeting

325
Cara Menggunakan Zoom di HP untuk Peserta dan Host Meeting
Ilustrasi Cara Menggunakan Zoom di HP. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara menggunakan Zoom di HP sudah menjadi sebuah hal penting wajib Anda ketahui. Sejak terjadinya pandemi dua tahun lalu, pamor Zoom semakin naik.

Pandemi yang mengharuskan adanya pembatasan interaksi secara besar-besaran membuat mau tidak mau semua hal dilakukan melalui internet. Dari situlah Zoom Meeting menjadi sangat berguna.

Zoom bermanfaat untuk pertemuan secara online. Bagaimana cara menggunakannya?

Begini Cara Menggunakan Zoom di HP

Bekerja atau belajar di rumah memang tidak mudah untuk sebagian orang. Beberapa orang menganggap bahwa hal itu sangat merepotkan.

Sayangnya, tidak ada satupun orang yang dapat mengubah kondisi pandemi sehingga tidak ada lagi pembatasan interaksi. Untuk itu, satu-satunya cara adalah beradaptasi dengan gaya hidup baru melalui internet.

Untuk mempermudah komunikasi seamsa pandemi, banyak orang mengandalkan Zoom. Hal tersebut karena aplikasi Zoom sangat nyaman unntuk pertemuan.

Pada dasarnya, Zoom sama seperti skype atau video call. Tetapi, Zoom memiliki kualitas video lebih baik dan berbagai fitur yang mendukung.

Itulah kenapa, penggunaan Zoom meningkat untuk pertemuan online baik di dalam kebutuhan pekerjaan maupun sekolah online.

Zoom tentu ada di PC dan HP. Keduanya sama-sama berbentuk aplikasi yang harus Anda unduh terlebih dahulu. Cara untuk memakai zoom di HP juga sangat mudah.

Menggunakan Zoom Sebagai Peserta Meeting

Jika Anda peserta meeting, maka cara menggunakan zoom di HP sangatlah mudah. Berikut ini tahapannya:

  • Unduh aplikasi Zoom di HP Anda.
  • Setelah selesai terunduh, buka aplikasi Zoom dan masuk. Jika baru pertama membuat akun maka login dengan akun Gmail, sedangkan jika sudah memiliki akun Zoom Anda bisa menggunakan itu.
  • Masukkan link pertemuan Zoom dari penyelenggara Meeting. Ketika diberikan id meeting, maka Anda wajib membuka aplikasi Zoom terlebih dahulu.
  • Setelah itu, pilih menu Join a Meeting kemudian masukkan Meeting ID dan password yang sudah penyelenggara meeting bagikan.

Dengan begitu, maka Anda sudah masuk ke dalam ruang meeting. Jangan lupa untuk memastikan audio tersambung ke HP.

Menggunakan Zoom untuk Membuat Ruang Meeting

Anda tentu tidak akan selalu menjadi peserta. Ada kalanya mungkin Anda harus menjadi pihak yang membuat meeting.

Saat itu terjadi, maka jangan sampai Anda tidak tahu bagaimana melakukannya. Tidak perlu khawatir, berikut ini cara menggunakan zoom di HP sebagai host meeting.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan tentu saja sama, yakni harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu dan login dengan akun.
  • Tahap selanjutnya sedikit berbeda karena Anda tidak membutuhkan link Zoom. Sebaliknya, Anda perlu membuat meeting melalui menu ‘Start Meeting’.
  • Setelah itu, masuk ke menu pengaturan atau Setting untuk mendapatkan meeting ID dan password.
  • Bagikan link atau meeting ID dan password tersebut ke calon partisipan yang akan mengikuti virtual meeting.
  • Untuk membuat jadwal meeting untuk sekali maupun berkala, Anda bisa memilih ‘schedule’.
  • Khusus di Zoom untuk Android terdapat fitur upcoming yang dapat Anda gunakan untuk mengubah schedule atau jadwal yang ada.
  • Setelah itu, ruang meeting akan terbentuk di dalam Zoom. Anda wajib membagikan link atau meeting ID kepada peserta meeting agar mereka bisa mengikuti kegiatan.

Menggunakan Zoom sejatinya tidaklah sulit, semua hal tentu saja dapat menjadi mudah jika Anda ingin belajar.

Saat ini Anda tidak perlu resah lagi jika haus meeting secara online via Zoom. Sebab, Anda sudah mengetahui cara menggunakan Zoom di HP yang baik dan benar.