Internet Lemot Saat Download? Simak di 3 Cara Ampuh Mengatasinya!

276
Internet Lemot Saat Download? Simak di 3 Cara Ampuh Mengatasinya!
Keyword: Internet Lemot Saat Download. Ist/Net

Texno.ID – Internet lemot saat download memang selalu berhasil menguji kesabaran. Hal tersebut tentunya sering terjadi dengan tidak terduga.

Seperti yang kita ketahui, dunia maya saat ini berkembang dengan sangat pesat. Ada berbagai kegiatan yang dapat Anda lakukan melalui di dunia maya.

Mengunduh atau download file menjadi suatu hal yang lumrah saat ini. Namun, terkadang jaringan internet tidak bersahabat saat dalam proses download.

Bagaimana cara mengatasinya agar jaringan internet kembali berjalan normal?

Mengatasi Internet Lemot Saat Download

Anda mungkin sering melihat foto maupun video yang menarik di dunia maya. Saat melihat hal itu tentu saja ada keinginan untuk menyimpannya di dalam perangkat.

Untuk dapat melakukan itu, maka Anda bisa melakukan download atau unduh. Download tidak hanya bisa untuk foto dan video saja melainkan juga berbagai jenis file lainnya.

File yang sudah Anda download nantinya akan tersimpan di dalam perangkat. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengeluarkan paket data untuk kembali menikmati video atau foto tersebut.

Download file ke dalam perangkat memang sangat mudah. Sayangnya, terkadang ada beberapa hambatan saat melakukan proses pengunduhan.

Hambatan yang paling sering adalah kecepatan transfer data yang tiba-tiba macet. Kecepatan transfer data atau jaringan internet memang tidak dapat terdeteksi.

Akan tetapi, internet yang lambat saat proses pengunduhan akan sangat menjengkelkan. Bagaimana cara mengatasi situasi ini? Berikut jawabannya.

Dekatkan Perangkat dengan Sumber Internet

Jika internet lemot saat download, hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendekatkan perangkat ke sumber internet. Cara ini sangat berfungsi terutama untuk Anda yang menggunakan WiFi.

Namun, jika Anda menggunakan operator internet biasa juga bisa melakukan hal ini. Bedanya Anda hanya perlu mencari tempat yang memiliki sinyal paling lancar.

Biasanya sinyal paling lancar berada di tempat yang lapang dan tidak terhalang apapun.

Menghapus Extension yang Sudah Tidak Digunakan

Cara berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menghapus berbagai extension di Google Chrome yang sudah tidak lagi terpakai.

Usahakan jangan perna menumpuk ekstension Google karena dapat mempengaruhi kecepatan loading. Untuk menghapusnya Anda hanya perlu memilih ikon titik tiga di Chrome.

Pilih menu Tools yang tersedia dan klik extension. Setelah terbuka, maka hapus file yang sudah tidak Anda gunakan.

Menyalakan Mode Pesawat Sesaat

Cara berikut ini memang terdengar sedikit nyeleneh tetapi cukup terbukti ampuh. Mode pesawat merupakan salah satu fitur yang tersedia di seluruh ponsel masa kini.

Ketika internet lemot saat download, Anda bisa langsung menyalakan mode pesawat ini. Jika mode pesawat menyala, itu artinya akses internet ponsel akan terhenti.

Namun, Anda tidak perlu panik terlebih dahulu. Tunggu beberapa saat sebelum mematikan mode pesawat tersebut.

Cara ini banyak orang lakukan dan terbukti cukup ampun. Kekurangan dari cara ini adalah Anda harus memulai ulang pengunduhan.

Kenapa Internet Tiba-Tiba Lemot?

Internet dapat terhambat secara tiba-tiba karena beberapa hal, mulai dari mati listrik, kondisi cuaca yang tidak menentu, bentuk topografi dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, kecepatan internet memang berbeda di setiap wilayah. Itulah kenapa, terkadang Anda mengalami kendala internet saat traveling.

Hal itu terjadi karena wilayah cakupan dari provider atau penyedia layanan internet juga berbeda-beda. Jadi,  sebisa mungkin gunakan provider dengan cakupan wilayah terluas.

Cara di atas bukan hanya berlaku ketika internet lemot saat download file saja, tetapi bisa untuk memulihkan jaringan secara general.