Cara Menghapus Cache di Hp dengan Mudah dan Praktis, 100% Berhasil!

280
Cara Menghapus Cache di Hp dengan Mudah dan Praktis, 100% Berhasil!
Ilustrasi Cara Menghapus Cache di Hp. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara menghapus cache di hp bisa dengan mudah. Cache seringkali menjadi penyebab ponsel menjadi lemot. Tentunya seringkali Anda merasa ponsel menjadi sangat lambat.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menjadi penyebab hp yang melambat. Salah satunya adalah menumpuknya chace. Biasanya orang mengartikan cache sebagai sampah dari aplikasi di dalam ponsel. Anda tentu bisa menghapusnya dengan mudah agar meringankan kinerja ponsel.

Begini Cara Menghapus Cache di Hp Tanpa Ribet

Siapa yang suka merasakan ponsel lemot? Tentunya ponsel yang melambat secara tiba-tiba sangat menjengkelkan. Bagaimana tidak, jika ponsel melambat maka kegiatan di dalamnya akan terhambat juga.

Untuk beberapa orang yang bekerja dan belajar melalui ponsel pasti akan sangat merugi. Sebenarnya salah satu sebab dari lambatnya kinerja ponsel adalah memori yang penuh. Ponsel adalah sebuah mesin.

Ponsel akan menyimpan semua data yang pernah masuk untuk memudahkan proses loading kedepannya. Informasi-informasi tersebut jika terus menumpuk akan menghambat kinerja ponsel.

File-file yang memuat data sementara dari aplikasi atau website sehingga memudahkan loading itu adalah cache. Sebenarnya jika cache dalam jumlah kecil tidak akan menghambat performa.

Lain cerita jika cache sudah menumpuk terlalu banyak. Maka, jalan termudahnya adalah menghapus cache-cache tersebut. Berikut cara menghapus cache di hp.

  1. Pergi ke menu setting di dalam ponsel.
  2. Cari pilihan Apps atau Application Manager (sesuai dengan perangkat).
  3. Nantinya akan muncul berbagai aplikasi di dalam ponsel. Klik salah satu aplikasi yang ingin Anda hapus cache-nya.
  4. Setelah diklik, maka akan muncul informasi dari aplikasi tersebut, dari mulai data hingga izin privacy.
  5. Di bawah menu Storage Usage ada tulisan Cache. Klik di bagian bawahnya Clear Cache atau hapus Cache.
  6. Setelah itu, cache akan terhapus. Ulangi cara di atas untuk aplikasi lainnya.

Jika Anda merasa cara tersebut terlalu lama, maka bisa menghapus cache sekaligus. Namun begitu, perlu diingat bahwa cara ini hanya bisa dilakukan pada perangkat OS Android 4.2 Jelly Bean ke atas.

  1. Buka menu setting dan pilih Additional Settings atau Setting Tambahan.
  2. Pilih menu Storage.
  3. Klik menu Clean Storage di dalamnya.
  4. Tekan menu Safe to Clean.
  5. Setelah itu, akan muncul pilihan untuk menghapus cache. Jika Anda memilih menghapus APK, maka secara otomatis cache di semua aplikasi terhapus.

Manfaat Menghapus Cache

Agar lebih meyakinkan Anda untuk melakukan cara menghapus cache di hp, maka harus mengetahui manfaatnya. Sebenarnya aplikasi dan browser sudah secara berkala menghapus cache secara otomatis.

Namun, hal tersebut hanya dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, karena yang menghapus sistem, akan rentan terjadi error yang menyebabkan penghapusan tidak maksimal. Karena itulah Anda juga bisa menghapus cache secara manual.

Manfaatnya tentu saja agar ponsel dapat beroperasi lebih cepat. Selain itu, ruang penyimpanan di dalam ponsel juga akan bertambah. Bayangkan jika satu aplikasi menyimpan setidaknya 250 MB cache.

Jika Anda memiliki 10 aplikasi, sudah berapa GB penyimpanan yang mereka ambil. Daripada menyimpan cache, Anda bisa menggunakan penyimpanan tersebut untuk menyimpan media lainnya.

Lebih lanjut, menghapus cache terkadang dapat membantu memecahkan masalah di ponsel. Salah satu contohnya adalah tidak adanya notifikasi.

Ponsel yang performanya menurun terkadang tidak bisa memberikan notifikasi. Hal itu karena data terlalu banyak sehingga kerjanya semakin berat. Sayangnya banyak orang yang tidak menyadari.

Tidak perlu khawatir untuk melakukan cara menghapus cache di hp. Terhapusnya cache tidak akan mempengaruhi data apapun karena pada dasarnya itu adalah file sampah yang harus terhapus.