Cara Mengirimkan Foto di Google Classroom Dengan Mudah

0
127
Cara Mengirimkan Foto Di Google Classroom Dengan Mudah
Ilustrasi Cara Mengirimkan Foto di Google Classroom. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara mengirimkan foto di Google Classroom dapat anda coba secara mandiri. Apakah anda sering bingung ketika melakukan pembelajaran menggunakan Google Classroom?

Pada masa pandemi Covid-19 ini, mau tidak mau kita harus mengikuti anjuran dan protokoler yang berlaku. Salah satunya adalah pembelajaran secara daring  atau dalam jaringan.

Penggunaan teknologi digital yang tadinya hanya pada pelajaran tertentu, kini hampir semua menggunakannya. Begitu pula beberapa aplikasi pendukung pembelajaran.

Salah satu yang sering digunakan adalah Google Classroom. Bahkan terkadang mengharuskan mengirim jawaban tugas yang berbentuk file pdf, doc, atau malah foto.

Inilah Cara Mengirimkan Foto di Google Classroom

Pembelajaran melalui Google Classroom ini tidak jarang langsung melempar soal yang harus segera mengirimkan jawabannya. Nah hal ini terkadang menggunakan berbagai file yang berbeda.

Bahkan terkadang jika sedang mengupload mengalami kegagalan. Berikut merupakan cara praktis yang dapat anda coba.

Melalui Google Drive

Salah satu cara mengirim foto di Google Classroom yaitu melalui Google Drive. Karena sama-sama berasal dari Google, tentu membuat aplikasi ini saling terhubung satu sama lain.

Maka anda dapat memanfaatkan fitur Google Drive sebagai penyedia file dalam perangkat anda. Semua file yang sudah berada dalam Google Drive akan mudah untuk diupload.

Namun akun yang anda gunakan harus menggunakan akun yang sama agar tidak terjadi error. Caranya cukup mudah, hanya tinggal membuka aplikasi bawaan Google Drive.

Setelah itu, pilih ikon berbentuk Plus atau ikon Tambah pada pojok kanan bawah. Lalu pilih Upload, sertakan foto yang akan anda kirimkan. Setelah itu, akan ada proses mengunggah.

Tunggu hingga selesai. Setelah itu, masukkan Google Classroom dengan mengunggah melalui Google Drive. Cukup mudah untuk anda coba bukan?

Melalui Photos

Salah satu cara mengirimkan foto di Google Classroom yaitu melalui Photos. Cara ini lebih mudah juga untuk anda coba sendiri.

Dengan memasukkan foto yang akan anda unggah mengakses aplikasi dari dalam galeri photo secara langsung dari smartphone. Caranya hampir mirip menggunakan Google Drive. Hanya saja, anda perlu memilih menu dari File, lalu pilih Photos.

Setelahnya klik Add Attachment, lalu anda pilih Turn in. Setelah itu, foto anda akan otomatis terunggah, memudahkan pengiriman tugas anda.

Menggunakan Aplikasi

Cara mengirimkan foto di Google Classroom yang satu ini memerlukan aplikasi pendukung. Dengan mengunduh aplikasi bernama Winrar, akan berfungsi sebagai kompress file.

Hal ini akan membantu mengubah format file, apabila kita mempunyai foto yang awalnya PNG mengubah menjadi JPEG. Atau dari RAR menjadi ZIP juga dapat melakukan sebaliknya.

Semua dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Aplikasi ini akan membantu dalam mengubah format tersebut.

Aplikasi Winrar ini biasanya sudah tersedia dalam PC atau laptop. Dengan menggunakan aplikasi ini, akan mempermudah mengirim berbagai jenis format file anda.

Caranya cukup mudah, dengan mengunduh aplikasi Winrar. Setelah selesai, baru buka aplikasi. Nanti akan muncul tempat di mana anda menaruh foto yang ada dalam smartphone. Pilih Add Archive pada sebelah kanan, lalu Compress.

Tinggal anda kirim foto tersebut ke dalam Google Classroom. Berbagai  cara mengirimkan foto di Google Classroom ini dapat anda coba sendiri. Bahkan sebenarnya semua tinggal mengklik apa yang ada dalam tools.

Namun terkadang terjadi keeroran dalam mengunggah file. Hal ini juga bisa berasal dari aplikasi atau perangkat anda saat mencoba cara mengirimkan foto di Google Classroom.

Dapat Melalui Berbagai Perangkat

Google Classroom juga dapat anda pakai melalui Android, laptop, tablet, PC, juga iTunes. Cara mengunggah foto atau file sebenarnya juga hampir sama.

Namun terkadang dalam penyedia fitur dan penyebutan yang membuat berbeda. Namun tidak terlalu signifikan dan dapat anda coba.

Berbagai kemudahan dalam pembelajaran online ini sebenarnya membuat kita belajar teknologi. Saat sebelum pandemi, lebih banyak menggunakan pembelajaran secara langsung.

Dengan adanya sistem yang hampir berjalan dua tahun ini, kita tertuntun keadaan. Cara mengirimkan foto di Google Classroom ini, semoga dapat membantu mengatasi kebingungan anda. Kita semua pasti dapat melewati pandemi Covid-19 ini.