Fungsi Kloroplas pada Sel Tumbuhan Serta Cara Kerjanya

0
384
Fungsi Kloroplas pada Sel Tumbuhan Serta Cara Kerjanya
Ilustrasi kloroplas pada sel tumbuhan. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Fungsi kloroplas pada sel tumbuhan berkaitan dengan proses fotosintesis. Kloroplas merupakan organ sel yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis.

Bagian kecil dari plastid pada sel tumbuhan ini mengandung klorofil. Pada kloroplas ada juga fase terang serta fase gelap dari proses fotosintesis tumbuhan.

Pada tumbuhan yang merupakan salah satu dari makhluk hidup, dapat tumbuh serta berkembang seperti yang lainnya. Dalam setiap proses perkembangannya, tumbuhan akan melakukan fotosintesis.

Fungsi kloroplas pada sel tumbuhan tak lain untuk dapat mengolah segala macam nutrisi. Hal itu agar dapat tumbuh menjadi subur dan lebih besar.

Hampir semua jenis tumbuhan memiliki organ sel kloroplas. Kloroplas mempunyai berbagai macam bentuk yang berbeda pada setiap  tumbuhan.

Hal ini akibat dari penyesuaian struktur bentuk dari setiap jenis tumbuhan. Namun pada organ sel kloroplas mempunyai fungsi yang sama meskipun bentuknya berbeda,.

Memahami Fungsi Kloroplas pada Sel Tumbuhan

Apa saja peran kloroplas pada sel tumbuhan? Berikut penjelasan lengkapnya.

Sebagai Tempat Fotosintesis

Fungsi kloroplas pada sel tumbuhan yang paling utama adalah sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis. Adapun proses fotosintesis tumbuhan berguna untuk membuat makanannya sendiri. Reaksi dari proses fotosintesis terjadi pada sel membran internal dalam organel.

Baca:  Bagian Mata dan Fungsinya yang Dapat Anda Pelajari dengan Mudah

Berbicara mengenai fotosintesis, sebenarnya ada banyak manfaat yang dihasilkannya. Adapun salah satunya yaitu mampu membersihkan udara. Hal ini karena proses fotosintesis bisa mengurangi kadar CO2 yang ada di udara.

Kadar karbon dioksida yang menurun tentu saja berdampak baik bagi semua makhluk hidup, termasuk manusia. Pasalnya, udara akan lebih bersih dan menyehatkan.

Sebagai Organel Penghasil Energi

Masih berkaitan dengan fungsi kloroplas sel tumbuhan sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis. Maka secara otomatis organel ini juga menghasilkan energi untuk tumbuhan. Kloroplas tersebut mengkonversi cahaya matahari, karbondioksida, dan air menjadi energi hingga makanan bagi tumbuhan.

Merubah Air dan Karbon Dioksida Menjadi Zat Gula

Kloroplas memiliki manfaat pada sel tumbuhan dalam membentuk zat gula. Dengan terlebih dahulu merubah air dan karbon dioksida menjadi karbohidrat atau zat gula. Tentu dalam setiap prosesnya dengan menggunakan bantuan sinar matahari.

Baca:  Enzim pada Lambung Berfungsi untuk Proses Pencernaan, Apa Saja?

Memproduksi Asam Amino dan Komponen Lipid

Fungsi kloroplas pada sel tumbuhan yang lainnya yaitu dapat memproduksi asam amino dan komponen lipid. Pada struktur pembentuk kloroplas mempunyai bagian-bagian yang sama.

Struktur kloroplas pada jaringan tumbuhan terdiri atas beberapa bagian-bagian. Seperti halnya membran luar, membran dalam, ruang antar membran, stroma, dan tilakoid. Lalu stroma, granum, DNA plastida, plastoglobula, ribosom, serta amilum atau pati.

Bentuk dari kloroplas merupakan lensa atau butir serta pipih yang hanya terlihat dengan mikroskop. Tentu menggunakan pembesaran yang paling kuat.

Umumnya kloroplas memang berbentuk cakram yang memiliki diameter kira-kira 2 x 5 mm. Namun kadang-kadang lebih besar serta tersusun pada lapisan tunggal dalam sel sitoplasma.

Cara Kerja

Kloroplas merupakan hal penting dalam proses fotosintesis. Fungsi kloroplas pada sel tumbuhan termasuk bagian dari reaksi pada proses fotosintesis.

Hal itu dapat terjadi pada sel membran internal dalam organel. Kloroplas mengandung sel yang banyak dari membran internal. Sehingga dapat membuat proses fotosintesis menjadi sangat efisien.

Baca:  Struktur Tubuh Bakteri, Penjelasan dan Fungsinya

Proses fotosintesis pada dasarnya merupakan suatu biokimia pada makhluk hidup yang berklorofil. Hal itu agar dapat memproduksi energi yang telah terpakai sebagai nutrisi. Lalu juga dengan memanfaatkan energi dari cahaya.

Fotosintesis merupakan cara asimilasi karbon. Sehingga dalam fotosintesis, karbon bebas dari CO2 (difiksasi) menjadi gula. Tentunya berguna sebagai molekul dalam menyimpan energi. Pada bagian bawah ini merupakan reaksi kimia singkat dari setiap proses fotosintesis

12H2O + 6CO2 + cahaya (sinar matahari) → C6H12O6 (glukosa) + 6O2 + 6H2O

Itulah penjelasan fungsi kloroplas pada sel tumbuhan, struktur pembentuk, serta sistem kerjanya. Dari beberapa penjelasan tersebut akan dapat dipahami bahwa setiap tumbuhan melakukan proses berkembang dan tumbuh seperti makhluk hidup yang lainnya.

Tumbuhan memanfaatkan dari cahaya, asupan nutrisi, air, dan hara dalam mengolah proses fotosintesis. Organ-organ sel pada setiap tumbuhan, termasuk juga kloroplas akan bekerja dengan optimal. Hal itu agar mendapatkan cadangan energi secara maksimal untuk tumbuh kembangnya. (CW001)

Editor : Deni Supendi