Mesin Pencari Internet yang Paling Populer dan Banyak Digunakan

0
205
Mesin Pencari Internet yang Paling Populer dan Banyak Digunakan
Ilustrasi mesin pencari internet. Foto. m.economictimes.com

Texno.ID – Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula sebuah mesin pencari internet. Yang dulunya paling terkenal adalah Google, kini semakin banyak jenis mesin untuk mencari segala macam bentuk informasi. Dengan fitur tersendiri yang akan lebih memudahkan dalam proses pencarian.

Mesin Pencari Internet yang Populer

Pada awal tahun 1998, Google menjadi mesin utama yang telah digunakan oleh 80% pengguna. Namun kini telah banyak pesaing mesin yang semakin mendunia.

Dengan sebutan nama sendiri-sendiri, namun kegunaannya tetap sama, yaitu untuk mencari informasi. Adapun macamnya adalah sebagai berikut.

Yahoo! Search

Mesin pencari ini sudah diciptakan pada tahun 1995, kemudian menjadi pesaing Google pada awal 2000an. Selain untuk mesin pencarian, ternyata Yahoo! memiliki layanan seperti Mail, Finance, News, Answers, dan Sports. Hal ini tentunya akan lebih banyak untuk mendapatkan informasi dengan mudah.

Kini yahoo! telah bekerja sama dengan Microsoft dan Bing yang memberikan dari hasil pencarian yang lebih praktis. Hal tersebut dapat terlihat pada kesamaan di fitur Yahoo! Bing dan Search, yakni berupa background mesin pencari internet yang dapat berganti.

Baca:  Balon Internet Google Loon dengan Berbagai Uji Coba di Indonesia

DuckDuckGo

Mesin selanjutnya adalah DuckDuckGo yaitu mesin pencari yang paling sederhana dan aman yang dapat anda gunakan selain Google. Mesin pencari yang satu ini memiliki tagline, yaitu Privacy dan Simplified.

DuckDuckGo dapat menjamin sebuah privasi data yang ada ketika melakukan pencarian. Sehingga jejak atau bekas pencarian tidak akan terdeteksi oleh pengiklanan. Maka, setiap kunci kata yang anda cari akan menampilkan sebuah hasil paling populer.

Bing

Mesin pencari internet selanjutnya adalah Bing. Hampir sama dengan mesin Google, yaitu dengan beragam bentuk informasi yang bisa anda temukan. Tak lain, pada satu halaman, seperti video, gambar, berita, dan lain sebagainya ketika anda cari.

Bing juga memiliki tampilan pada awal halaman yang hampir sama dengan Yahoo! Search. Telah bekerja sama dengan Microsoft sehingga anda dapat menemukan menu yang dapat terakses melalui program Microsoft seperti Outlook dan MSN pada awal halaman.

Yandex

Mesin pencari Yandex ini buatan dari Rusia pada tahun 1997. Dengan sebuah komitmen yang bisa membantu para konsumen untuk menjalankan usahanya di dunia offline maupun online secara lebih baik.

Baca:  Cara Mengatasi Limit Google Drive Dengan Memakai Akun Google

Mesin pencari internet ini juga memiliki sebuah fitur yang dapat anda gunakan untuk mengganti Google. Selain itu, menampilkan sebuah layanan pada awal halaman yang hampir sama dengan Google Analytics.

Baidu

Selanjutnya adalah mesin Baidu sebagai Google-nya negara China. Mesin ini bisa menguasai hingga setengah market share di China sekitar tahun 2018. Selain itu, juga menggunakan Bilibili untuk aplikasi berbagi video.

Baidu dapat anda gunakan untuk mempelajari sejumlah bahasa seperti Mandarin. Hal ini karena pada setiap halaman di mesin pencarian ini juga telah menggunakan aksara Hanzi (Han).

Swisscows

Mesin pencari internet Swisscows ini melengkapi website mereka, yaitu dengan penyensoran sebuah konten yang sangat ketat dan aman untuk keluarga.

Hampir sama dengan Google, mesin ini akan menampilkan pencarian dengan hasil seperti informasi umum, video, gambar, berita, dan musik.

Selain itu, juga menawarkan sebuah Swisscows Digest. Mesin yang dapat mengekstrak sebuah informasi dari artikel serta membaginya sebagai kata kunci yang penting. Sehingga fitur ini dapat memangkas waktu yang anda butuhkan ketika menganalisis konten

Baca:  Game Google Doodle Populer Menjadi Penawar Gabut Saat di Rumah Aja

DogPile

Mesin pencarian yang satu ini adalah sebuah kompilasi dari beberapa macam mesin pencari, seperti Yandex, Google, Yahoo!, dan MSN.

Meskipun memiliki tampilan yang sedikit lawas, namun DogPile telah mengakui bahwa mereka dapat menampilkan hasil yang lebih banyak daripada mesin yang lain.

Gibiru

Mesin ini hampir sama dengan DuckDuckGo yang memiliki komitmen untuk selalu menjaga pada keamanan data. Hal ini dengan ditandai oleh beberapa macam informasi saat ditayangkan di website utama.

Mesin ini berbanding balik dengan Google. Gibiru mengaku bahwa mereka hanya bisa mendapat komisi apabila pengguna sedang melakukan proses pembelian pada sebuah website yang ada pada Gibiru.

Itulah beberapa mesin pencari internet yang paling umum masyarakat gunakan. Dengan keunggulan dan kinerja tersendiri yang dimiliki untuk mengakses sebuah informasi. (CW001)

Editor : Deni Supendi