Fungsi Khusus Browser, Sebagai Wadah Berbagai Infromasi di Internet?

249
Fungsi Khusus Browser, Sebagai Wadah Berbagai Infromasi di Internet
Ilsutrasi Fungsi khusus browser. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Fungsi khusus browser sebenarnya adalah sebagai akses untuk membuka halaman website. Atau dengan kata lain, browser merupakan wadah dari berbagai website.

Internet berkembang dengan pesat. Beragam informasi saat ini dapat tersebar dengan mudah. Platform yang menjadi wadah informasi sejak awal masuk internet adalah website.

Website adalah sebuah lama di dalam komputer. Untuk bisa mengakses website, maka harus ada platform yang mengelolanya, bernama browser.

Inilah Fungsi Khusus Browser

Anda semua pasti pernah berselancar di internet. Seringkali Anda mencari informasi yang dibutuhkan dengan mudah dengan waktu singkat.

Mencari berbagai informasi tentunya tidak di sembarang tempat. Anda mungkin menggunakan Chrome atau Safari, mereka sebenarnya sama, yaitu sebuah browser.

Browser atau web browser merupakan sebuah platform atau aplikasi untuk menjelajah di internet. Di dalam browser ada berbagai macam web yang tersedia.

Fungsi utama dari browser adalah sebagai perantara atau wadah tempat website dikelola. Ketika Anda mengetik sebuah kata kunci di browser, maka mereka akan memilihnya dari yang paling sesuai.

Browser membantu menjelajah, menyajikan dan mengambil konten dari berbagai sumber di internet. SIstem browser yang canggih membuatnya dapat mengidentifikasi berbagai sumber informasi dari jaringan internet, mulai dari video, foto, gambar dan lain sebagainya.

Jadi, browser adalah tempat terkumpulnya informasi dari berbagai sumber untuk kebutuhan penggunanya.

Fungsi Lainnya dari Browser

Selain fungsi khusus browser, ada juga fungsi lainnya yang wajib Anda ketahui. Apa saja?

Membuka Halaman Website

Selain memiliki fungsi khusus sebagai wadah website dan berbagai informasi lainnya, tentunya melalui browser Anda dapat membuka website tersebut.

Website yang akan muncul ketika Anda mengetikkan sebuah kata kunci di browser sudah terurut dari yang paling relevan. Anda bisa membuka nya untuk mendapatkan informasi yang dicari.

Informasi transfer pada website menggunakan Hypertext Transfer Protocol yang menentukan bagaimana konten di dalam web ditampilkan. Untuk bisa mengakses suatu web, Anda bisa menggunakan alamat URL yang berbeda di setiap laman.

Membantu Keamanan Perangkat Komputer

Seiring berkembangnya internet, kejahatan siber menjadi marak beredar. Dalam hal ini, ternyata browser juga bisa untuk membantu menjaga keamanan sistem komputer.

Hampir semua browser modern saat ini memiliki kemampuan untuk memblokir situs web berbahaya yang bisa saja meretas data pengunjung web. Dengan begitu, berselancar di internet menjadi lebih terjamin keamanannya.

Mengumpulkan Data

Fungsi satu ini sebenarnya berkaitan dengan fungsi khusus browser juga. Tugas browser sebagai wadah website dan informasi lainnya membuatnya memiliki sistem mengumpulkan data yang baik.

Browser dapat mengumpulkan berbagai jenis data dari berbagai media internet lain ke dalam suatu website yang bisa Anda akses menggunakan URL.

Transfer Data

Secara sederhana, transfer data memiliki arti sebagai proses memindahkan data dari suatu perangkat ke perangkat lainnya. Anda dapat melakukan hal tersebut melalui browser.

Ketika Anda berselancar di browser, mereka akan menghadirkan informasi yang paling relevan. Selanjutnya, Anda bisa memilih dari berbagai data yang sudah terkumpul.

Data yang berupa teks, video, suara, bahkan gambar tersebut bisa Anda transfer ke perangkat komputer. Transfer data dapat dari browser bisa berupa download file.

Namun, jika hanya ingin memindahkan ke platform internet lainnya, Anda tidak perlu mendownloadnya dan hanya gunakan menu upload.

Anda bisa membuktikan fungsi khusus browser tersebut dengan mencoba berselancar di browser perangkat, seperti Google, Mozilla, dan lainnya. Jangan lupa perhatikan dengan seksama bagaimana browser bekerja.