Gangguan Jaringan Internet yang Disebabkan oleh Beberapa Faktor

0
273
Gangguan Jaringan Internet yang disebabkan oleh Beberapa Faktor
Ilustrasi gangguan jaringan internet. Foto: asiatechdaily.com

Texno.ID – Pasti ada yang namanya gangguan jaringan internet yang kerap muncul. Internet merupakan segala sesuatu yang sangat penting di dalam kehidupan. Karena itu kita dapat senantiasa mencari berbagai macam informasi pada dunia maya.

Tentu hal tersebut akan membuat para pengguna merasa kesal karena tidak dapat mengakses informasi. Selain itu, kita juga akan sulit untuk berhubungan untuk melakukan komunikasi dengan orang lain karena faktor tersebut.

Penyebab Gangguan Jaringan Internet yang Sering Terjadi

Dengan hadirnya sebuah jaringan internet, tentu banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan. Misalnya saja dapat mempermudah melakukan segala aktivitas di dunia maya.

Namun disamping itu, pasti selalu ada yang namanya gangguan pada internet. Hal ini bisa menyebabkan seseorang menjadi pusing karena tidak dapat mencari informasi. Adapun penyebabnya yang sering terjadi adalah:

Area yang Buruk

Faktor utama yang menyebabkan gangguan jaringan internet menurun adalah berada pada tempat yang buruk. Misalnya saja ketika saat hujan turun.

Pasti sebagian orang pernah mengalami koneksi internet menjadi hilang. Hal ini karena sinyal-sinyal terhalang oleh rintikan air hujan.

Baca:  Cara Membuat Poster di HP dan iOS Dengan Berbagai Aplikasi

Jaringan Terlalu Sibuk

Biasanya jaringan yang digunakan secara bersamaan akan menjadi menurun, bahkan hilang. Hal ini karena jaringan tersebut terbagi-bagi ke banyak orang sehingga menimbulkan jaringan menjadi melemah. Solusi terbaik untuk memperlancar jaringan adalah menunggu pengguna lain supaya tidak menggunakan jaringan secara bersamaan.

Aplikasi

Aplikasi yang masih terus aktif bisa menyebabkan gangguan jaringan internet semakin lambat. Seperti Instagram, Mesengger, dan lain sebagainya yang masih menyala secara bersamaan. Hal ini akan membuat jaringan semakin menurun.

Untuk itu, anda dapat mematikan koneksi pada aplikasi yang sudah tidak anda gunakan. Dengan hal ini, maka akan membuat jaringan internet kembali stabil lagi.

Layanan Provider Belum Sampai ke Area

Apabila anda sedang menggunakan smartphone di daerah pedalaman, biasanya jaringan internet tersebut akan menurun. Karena koneksi tersebut terhalang oleh beberapa faktor. Seperti provider belum sampai di area anda atau juga bisa terhalang oleh pepohonan.

Bisa juga karena terlalu jauh dengan menara sinyal sehingga membuat jaringan anda semakin melemah, bahkan hilang sekalipun.

Baca:  Aplikasi Internet Gratis yang Dapat Diunduh pada Smartphone Anda

Terjadi Hang pada Ponsel atau Komputer

Kejadian hang pada ponsel atau komputer tentu sering kali terjadi. Hal ini dapat diselesaikan dengan beberapa cara, yaitu anda perlu menyalakan kembali ponsel atau komputer anda.

Penyebabnya karena IP yang anda gunakan mirip dengan IP yang lain, sehingga membuat koneksi menjadi menurun. Untuk itu, anda harus mengganti dengan IP yang berbeda.

Terjadi Ledakan Virus

Gangguan jaringan internet yang kerap terjadi karena jaringan mendapatkan traffic yang overload tak lain akibat dari pengaruh virus yang bisa menyerang server. Hal ini akan menyebabkan kinerja jaringan semakin lambat.

Solusi yang paling tepat untuk menangani masalah virus tersebut adalah anda harus menerapkan Best Practice Security Policy. Namun perlu diperhatikan dahulu akan pertahanan pada sistem anda sudah kebal.

Posisi Router yang Tidak Sesuai

Apabila anda menggunakan jaringan WiFi, faktor yang bisa menyebabkan kecepatan jaringan menurun adalah karena posisi router yang tidak sesuai. Router berada pada tempat yang tidak strategis dan menyebabkan jaringan lambat.

Baca:  Cara Menghubungkan HP ke Laptop Menggunakan Aplikasi

Hal lain yang membuat internet melemah adalah router yang anda gunakan sudah jadul. Untuk itu, sebaiknya anda ganti router yang baru supaya bisa mendapatkan koneksi internet yang lancar.

Sistem Operasi Sedang Bermasalah

Gangguan jaringan internet sering terjadi karena sistem operasinya yang sedang ada masalah. Cara mengatasinya adalah dengan menyalakan ulang handphone anda. Hal ini akan membuat koneksi internet menjadi lancar kembali.

Gangguan pada Hub/Switch

Hub/switch merupakan pembagi sinyal untuk kartu jaringan. Apabila hub mengalami kerusakan, tentunya jaringan tidak akan berfungsi dan tidak bisa untuk berkomunikasi pada workstation dengan server.

Kerusakan bisa anda lihat dari lampu indikator power. Apabila lampu tersebut mati, kemungkinan hub terjadi kerusakan atau bisa juga sedang ada gangguan.

Itulah beberapa gangguan jaringan internet yang bisa anda ketahui. Sebagai pengguna yang baik, maka kita harus selalu bisa memanfaatkan koneksi internet dengan benar. (CW001)

Editor : Deni Supendi