Cara Membuat Barcode Sendiri, Tips yang Mudah Untuk Dipraktekkan

0
307
Cara Membuat Barcode Sendiri, Tips yang Mudah Untuk Dipraktekkan
Ilustrasi cara membuat barcode sendiri. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara membuat barcode sendiri, ternyata mudah untuk melakukannya. Barcode merupakan suatu kumpulan berbentuk data optic yang bisa terbaca dengan menggunakan oleh mesin. Barcode sendiri memiliki simbol dalam bentuk lebar garis dan spasi garis paralel.

Nama lain dari barcode sendiri adalah kode batang, simbologi linear atau satu dimensi. Sebenarnya bentuk lain dari barcode, yakni berbentuk persegi, titik, heksagon, ataupun bentuk-bentuk geometri lain. Yang isinya kode matriks ataupun simbologi dua dimensi.

Cara Membuat Barcode Sendiri di HP

Instal Aplikasi Barcode Generator

Pada kali ini, aplikasi pembuat barcode yang bisa anda gunakan adalah Barcode Generator. Jika ponsel canggih anda belum ada aplikasinya, anda bisa mendownloadnya terlebih dahulu.

Alasan mengapa memilih Barcode Generator karena memiliki ukuran yang kecil, sehingga tidak memberatkan ponsel anda. Terlebih aplikasi ini memiliki rating yang paling tinggi. Barcode juga memiliki antar muka yang simpel dan juga mudah untuk memahaminya.

Jalankan Aplikasi Barcode Generator

Selanjutnya, jika proses menginstal sudah selesai. Buka aplikasinya, lalu pilih tanda + yang berada pada lingkaran merah. Pilih ADD CODE.

Pilih Jenis Barcode

Barcode memiliki banyak pilihan yang terdapat pada aplikasi Barcode Generator. Mulai dari DataMatrix, QR Code, Codabar, Aztec Code, Code39, Code128, dan lain sebagainya. Tahap selanjutnya, lengkapi data-data yang perlu dimasukkan ke dalam barcode.

Baca:  Cara Menghilangkan Jamur di HP dengan Mudah, Biaya Murah

Gambar Barcode Siap simpan

Apabila gambar sudah jadi, anda bisa menyimpannya dalam format JPG atau PNG. Selain itu, anda bisa langsung menshare barcode yang sudah jadi ke media sosial, seperti WhatsApp, Line, Facebook, atau yang lainnya.

Cara Membuat Barcode di Laptop/PC

Selanjutnya jika anda ingin tahu bagaimana cara membuat barcode sendiri di laptop atau PC sangatlah mudah. Terdapat banyak barcode generator online yang dapat anda gunakan.

Caranya sebagai berikut:

  1. Pertama, buka link www.barcode-generator.org
  2. Kemudian pilih jenis barcode yang akan anda buat di menu Create Free
  3. Selanjutnya, isi data yang diperlukan untuk barcode yang akan anda buat.
  4. Berikutnya, Pencet tombol Create QR Code. Selesai.

Barcode yang sudah anda buat tadi, bisa didownload dalam format JPG, EPS, ataupun SVG.

Cara Membuat Barcode Online Untuk Bisnis

Cara membuat barcode sendiri jika untuk keperluan bisnis, anda bisa menggunakan kode identifikasi yang sah maupun resmi. Di bawah ini beberapa langkah untuk membuat barcode resmi:

  1. Langkah pertama, tentukan terlebih dahulu nomor identifikasi UPC/ISBN produk anda.
  2. Kedua, masuk ke laman barcode.gs1us.org guna mendapatkan UPC.
  3. Terakhir jika anda ingin memperoleh kode ISBN, anda harus masuk terlebih dahulu ke link ISBN.org.
Baca:  Cara Screenshot di Laptop atau PC dengan Praktis

Website Untuk Membuat Barcode Pribadi

Sedangkan untuk keperluan pribadi, anda bisa menggunakan situs create barcodes.com. Ikuti arahan yang ada pada situs yang digunakan membuat kode batang pribadi milik anda.

Tetapkan nama barang dan juga nomor serinya yang akan anda daftarkan untuk bisa mendapatkan kode batang. Jika sudah, kode bar sudah bisa ditempelkan dalam barang-barang di rumah.

Jenis-Jenis Barcode

Untuk cara membuat barcode sendiri, anda harus mengetahui bahwa secara umum barcode yang dengan mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, yakni barcode 1 dimensi dan juga barcode 2 dimensi.

Barcode 1 Dimensi

Barcode ini memiliki sebutan lainnya juga dengan linear code. Sering yang kita lihat di kemasan-kemasan produk biasanya kita beli. Berikut ini terdiri dari beberapa macam:

Pertama Code 39, adalah barcode alfanumerik yang mempunyai panjang baris yang bervariasi. Pada umumnya, barcode ini sering terlihat pada inventory, asset tracking, dan juga kartu identitas tanda pengenal.

Baca:  Cara Membuka iPhone yang Terkunci Melalui Beberapa Cara

Barcode yang kedua, Code 128. Ini merupakan alfanumerik yang memiliki kerapatan begitu tinggi dengan panjang baris yang bervariasi. Biasanya barcode ini bisa anda jumpai dalam sistem pada pengaturan pelayaran dan juga pada sistem pengelolaan gudang.

Interleaved 2 of 5. Ini merupakan barcode jenis yang ketiga. Barcode ini berjenis numerik dengan memiliki panjang baris yang bervariasi. Pada umumnya, barcode interleaved 2 of 5 biasa anda temukan pada sektor-sektor industri serta laboratorium.

Universal Product Code

Barcode numerik yang mempunyai panjang baris tetap. Pada dasarnya, barcode jenis UPC ini dapat kita jumpai pada label-label produk yang berukuran kecil.

Barcode 2 Dimensi

Dengan cara membuat barcode sendiri 2 dimensi, barcode ini memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan barcode 1 dimensi. Barcode dengan 2 dimensi ini bisa memuat banyak digit karakter sampai ratusan lebih.

Nah, itu tadi penjelasan cara menghilangkan malware di Android dengan aplikasi maupun secara manual. Lakukan pencegahannya agar Android kamu tidak terserang malware. (CW001)

Editor : Deni Supendi