Cara Mengecilkan Ukuran File Mudah dan Cepat Sesuai Kebutuhan

0
40
Cara Mengecilkan Ukuran File, Mudah, Cepat Sesuai Kebutuhan
Ilustrasi Cara Mengecilkan Ukuran File. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara mengecilkan ukuran file PDF sebenarnya mudah. Anda cukup menggunakan beberapa langkah yang tepat guna membuat file berukuran besar bisa sesuai yang diinginkan.

Dunia teknologi semakin maju dan berkembang. Bahkan saat ini berbagai perangkat dapat membantu aktivitas sehari-hari mulai dari laptop, komputer, hingga smartphone.

Dengan adanya berbagai perangkat tersebut, membuat banyak hal bisa lebih mudah. Mulai dari urusan pekerjaan hingga pendidikan.

Bahkan memberikan kemudahan bagi satu orang ke yang lain untuk berkirim pesan hingga file tentang urusan pekerjaan. Salah satu format file yang umumnya digunakan yaitu PDF.

Namun, ukuran file tersebut biasanya berukuran besar. Hal ini akan mengganggu sistem unggah yang akan dilakukan. Masalah ini pun sering sekali menjadi hal yang dikeluhkan oleh banyak orang.

Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan hal tersebut. Sebab, kini banyak cara mengecilkan ukuran file dengan cepat dan mudah. Bahkan bisa Anda lakukan baik pada laptop maupun smartphone.

Beberapa Cara Mengecilkan Ukuran File dengan Mudah

Dokumen dengan format PDF biasanya untuk mendaftar pekerjaan. Bahkan banyak orang saat ini yang menggunakannya untuk melamar pekerjaan di perusahaan atau instansi pemerintahan.

Dengan kemajuan dunia teknologi saat ini, membuat hal ini bisa Anda lakukan dengan mudah. Sehingga mendaftar pekerjaan pun bisa via online.

Ukuran file yang terlalu besar memang akan mengganggu. Maka dari itu, sebaiknya gunakan langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Berikut ini ada beberapa cara mengatasi hal tersebut, antara lain:

iLovePDF

Cara mengecilkan ukuran file PDF yang bisa Anda lakukan yaitu menggunakan iLovePDF. Anda cukup membuka situs tersebut dan klik pilih file PDF.

Biasanya berada di tengah layar untuk memilih file atau dokumen yang akan Anda kecilkan. Jika tidak, Anda juga bisa langsung drag dan drop file ke tampilan situs.

Ada 3 pilihan yang akan muncul agar hasilnya sesuai dengan keinginan Anda. Opsi tersebut yaitu kompres kualitas rendah, kualitas bagus, dan kualitas tinggi.

Jika Anda sudah memilih opsinya, klik kompres PDF. Sehingga file tersebut secara otomatis bisa Anda unduh, baik di komputer maupun smartphone.

PDF Compressor

PDF Compressor bisa menjadi cara mengecilkan ukuran file di smartphone maupun laptop. Anda bisa langsung masuk situsnya dan klik unggah file. Untuk langkah selanjutnya, Anda bisa kompres atau drag dan drop dokumen. Hal ini bisa Anda terapkan seperti cara pertama.

Tunggu beberapa saat dan Anda bisa unduh file baik ke laptop maupun smartphone. Bahkan menggunakan cara ini, Anda bisa kirim file langsung, baik ke email maupun media sosial.

SmallPDF

Mengecilkan ukuran file PDF bisa Anda lakukan dengan cara menggunakan bantuan SmallPDF. Anda cukup klik Choose File yang ada pada tengah layar untuk memilih ukuran dokumen tersebut.

Sama seperti cara lainnya, Anda juga bisa langsung drag dan drop file. Tunggu hingga proses selesai dan Anda pun bisa melihatnya dari presentase kompres dokumen.

Anda juga bisa unduh file baik dengan laptop maupun ponsel Android. Langkah selanjutnya, Anda bisa edit ukuran sesuai kebutuhan.

Ukuran file yang terlalu besar memang cukup mengganggu proses unduh. Kini Anda bisa mengecilkan ukuran file dengan beberapa cara.

Cukup pilih beberapa situs yang tersedia sehingga ukuran file bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya dengan cara mengecilkan ukuran file PDF.