Google Map Tanpa Internet? Simak Cara Rahasianya di Sini!

219
Google Map Tanpa Internet? Simak Cara Rahasianya di Sini!
Ilustrasi Google Map Tanpa Internet. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Google Map tanpa internet, memang bisa? Tampaknya memang sedikit tidak masuk akal.

Hal itu karena Google Maps seharusnya perlu jaringan internet agar dapat mengakses lokasi terkini. Namun begitu, siapa sangka bahwa layanan Google satu ini bisa terakses secara offline.

Layanan Google Maps offline dapat Anda nikmati dengan beberapa langkah mudah dengan cara mengunduh lokasinya.

Rahasia Menggunakan Google Map Tanpa Internet

Google Map adalah salah satu layanan Google. Anda pasti seringkali tersesat saat ke tempat baru bukan?

Masalah tersebut akhirnya Google coba beri solusi dengan menggunakan layanan Map mereka. Sesuai dengan namanya, Google Map berfungsi untuk menjadi peta atau penunjuk arah.

Fitur Google ini dapat Anda gunakan melalui perangkat iOS maupun Android. Untuk dapat menggunakannya, Anda harus terhubung dengan jaringan internet.

Hal itu karena Google Maps harus menyimpan data untuk mengupdate lokasi terkini penggunanya sehingga tidak salah perhitungan jalan.

Baca:  Internet Aman untuk Anak yang Baik, Orang Tua Wajib Tahu

Akan tetapi, mungkin terkadang dalam perjalanan Anda melewati daerah yang jaringan internetnya kurang memadai. Jika sudah begitu maka tentu layanan Google Map tidak akan menghubungkan.

Tentu saja itu akan menjengkelkan, terlebih jika Anda benar-benar baru pertama kali akan ke lokasi tujuan.

Sebenarnya Google Maps menyediakan layanan offline juga. Sayangnya, fitur yang Google berikan tersebut masih jarang orang ketahui.

Berikut ini cara untuk menggunakan Google Map tanpa internet dengan mudah dan cepat.

  • Buka aplikasi Google Maps Anda yang ada di dalam ponsel.
  • Pilih menu ‘burger’ atau garis tiga di atas layar.
  • Setelah terbuka, Anda bisa memilih menu ‘Offline Maps’ atau ‘Peta Offline’.
  • Agar dapat memulai fitur Offline Maps, Anda harus menentukan tujuan lokasi dan lokasi terkini.
  • Untuk memastikan, Anda dapat mengecek navigasi yang Google Maps tampilkan di layar. Jika sudah yakin benar maka segera tekan tombol ‘Download’.
Baca:  Fungsi Internet Service Provider, Apa Sajakah Itu?

Setelah tahapan itu selesai maka Google Maps akan menyimpan rute perjalanan sehingga bisa terakses secara offline nanti.

Keunggulan Menggunakan Google Map Offline

Ada banyak sekali keunggulan menggunakan fitur Google Map. Dengan menggunakan fitur ini, maka Anda akan menghemat paket data internet.

Anda bisa mengunduh lokasi Google Map saat terhubung dengan WiFi agar tidak memakan kuota internet. Selanjutnya Anda juga akan terhindar dari koneksi yang terputus secara tiba-tiba.

Internet memang terkadang tidak dapat diprediksi. Sinyal dapat menghilang kapan saja saat hujan, mati listrik atau masuk ke daerah yang sedikit terpencil dan tertutup.

Tujuan Google Map tentu untuk menunjukkan arah, oleh sebab itu jika koneksi internet terputus tiba-tiba dan layanan penunjuk arah mati maka akan sangat berbahaya.

Baca:  Game Google Doodle Populer Menjadi Penawar Gabut Saat di Rumah Aja

Itulah kenapa menggunakan layanan Google Map tanpa internet sangat disarankan. Anda bisa mengunduh lokasi dekat-dekat hari sebelum melakukan perjalanan.

Jangan mengunduh lokasi terlalu lama karena Google hanya menyimpan unduhan selama 29 hari di perangkat. Lebih dari itu maka lokasi yang sudah Anda unduh akan terhapus secara otomatis.

Jadi, unduhlah lokasi setidaknya satu minggu sebelum melakukan perjalanan untuk menghindari terhapus secara otomatis. Jika terhapus tentu Anda harus mengunduh ulang dan sungguh merepotkan.

Itulah beberapa manfaat menggunakan layanan Google Map offline untuk mempermudah perjalanan Anda.

Perlu Anda ketahui juga bahwa besaran data lokasi yang terunduh di Google Map tanpa internet tergantung jarak lokasi. Semakin besar jaraknya maka akan semakin besar juga ukuran file yang tersimpan di dalam ponsel.