HP Realme 9 5G Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Kisaran Harganya!

29
HP Realme 9 5G
Ilustrasi HP Realme 9 5G. Foto: Ist/Net

Texno.ID – HP Realme 9 5G resmi diluncurkan sebagai smartphone terbaru dari  keluarga Realme 9 Series untuk pasar India. Sebagaimana namanya, ponsel tersebut adalah pelengkap dari model handphone Realme 9 Series yang lainnya.

Model Realme Series yang telah lebih dulu dirilis, yakni Realme 9i, Realme 9 Pro, juga Realme 9 Pro Plus. Smartphone Realme 9 5G tersebut menawarkan spesifikasi yang menarik dengan harga cukup terjangkau. 

Review HP Realme 9 5G

Sepertinya, Realme memang mempersiapkan amunisi anyar guna menyerang pasar smartphone menengah. Sebagaimana mengutip dari laman event.realme.com, smartphone Realme 9 5G resmi meluncur di India pada tanggal 10 Maret 2022 yang lalu, waktu setempat.

Ponsel Realme 9 5G tersebut sudah mulai tersedia secara online pada situs Realme.com serta toko offline pilihan sejak hari Senin, 14 Maret 2022 silam, jam 12:00 PM IST. 

Sesuai namanya, smartphone pabrikan Realme ini mempunyai dukungan yang sudah support 5G. Sehingga menjadikan stabilitas juga kecepatan jaringan pada ponsel pintar ini meningkat.

Smartphone Realme 9 5G mengusung chipset dari MediaTek juga Qualcom. Sebagai penyuplai utama ponsel pintar rilisan Realme ini.

Tidak sama dengan ‘saudaranya’, yaitu Realme 9 SE 5G, pada HP Realme 9 5G ini mempunyai layar yang sedikit lebih kecil. Ukuran layar smartphone Realme 9 5G yaitu 6,5 inci.

Untuk tingkat refresh rate dan touch sampling ratenya juga lebih rendah dengan 90 Hz per 180 Hz. Kendati begitu, layar pada tersebut mempunyai jenis panel yang sama dengan Realme 9 SE 5G, yakni IPS LCD. Dengan tingkat kecerahan yaitu 600 nits.

Realme menggunakan punch hole pada pojok kiri atas yang menjadikan rasio screen to body hingga 90,5 persen. Pada ‘tompel’ tersebut, HP ini memasang selfie cam dengan ukuran 16 megapiksel.

Untuk kamera belakang smartphone Realme 9 5G ini ada tiga. Komposisinya terdiri atas kamera utama 46 megapiksel. Lalu bersanding dengan lensa makro juga B&W yang ukurannya 2 MP.

Pada sektor perangkat keras alias hardware, smartphone ini ditenagai dengan chipset Mediatek Dimensity 810 5G. Kemudian dipadukan dengan dua pilihan RAM LPDDR4X 4GB atau 6GB. Selain itu, tersedia juga dua pilihan media penyimpanan UFS 2.1 dengan kapasitas sejumlah 64GB atau 128GB.

Untuk kapasitas RAM, Anda dapat menambahkan RAM virtual 5GB. Sementara itu, untuk memori internalnya, pengguna dapat menambah kapasitas dengan memasang microSD sampai 1TB.

Kapasitas Baterai

Baterai pada HP Realme 9 5G sendiri punya kapasitas yang sama dengan Realme 9 SE 5G, yaitu sebesar 5000 mAh. Hanya saja, alih-alih 30 Watt, pengisian pada Realme 9 5G hanya mentok pada 18 Watt.

Dengan kapasitas yang besar tersebut, pemakaian aplikasi berat untuk jangka panjang sekalipun tak bakal menjadikan Anda merasa khawatir dalam menggunakan ponsel pintar ini. Pasalnya, kapasitas baterai pada ponsel pintar Realme 9 5G terbilang cukup mumpuni.

Beralih ke segi softwarenya, smartphone Realme 9 5G ini menjalankan OS (sistem operasi) Android 11. Sistem operasi tersebut dipoles dengan menggunakan UI alias tampilan antarmuka realme UI 2.0.

Realme menghadirkan sensor fingerprint pada Realme 9 5G yang menyatu di tombol power. Di bagian bawahnya ada jack audio sebesar 3,5 mm dan dukungan Hi-Res Audio. 

Realme 9 5G mempunyai koneksi yang sangat lengkap. Seperti:

  • Dual VoLTE 4G
  • Wifi 802. 11 ac (2.4GHz + 5GHz)
  • Bluetooth type 5.1
  • GPS/GLONASS/Beidou
  • USB Type-C

HP Realme 9 5G memiliki pilihan Meteor Black dan Stargaze White colours. Di Negeri Anak Benua, smartphone Realme 9 5G bandrol harganya berkisar 14.999 rupee (kira-kira 2,8 juta rupiah) untuk varian 4GB/64GB. Sementara itu, untuk yang varian 6GB/128GB seharga 17.499 ruppe atau kira-kira 3,3 juta rupiah.