Internet Rumahan yang Bagus dengan Jaringan Stabil di Indonesia

274
Internet Rumahan yang Bagus dengan Jaringan Stabil di Indonesia
Ilustrasi Internet Rumahan yang Bagus. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Internet rumahan yang bagus untuk menunjang kegiatan online perlu diperhatikan. Sebab, tidak semua memiliki jaringan yang stabil. Anda tentu tidak ingin kegiatan online terhambat sinyal secara tiba-tiba bukan?

Oleh karena itu, wajib memilih penyedia internet secara seksama. Ada beberapa provider internet untuk di rumah yang memiliki review bagus dari para penggunanya.

Daftar Internet Rumahan yang Bagus di Indonesia

Sejak tahun 2020, kita terbiasa melewati hari-hari di rumah melalui internet. Pandemi membuat semua orang mau tidak mau menjaga jarak. Seluruh kegiatan, mulai dari sekolah hingga bekerja saat ini berjalan melalui daring atau online. Tentu karena kegiatan yang penting tersebut, kegiatan online tidak boleh terhambat.

Sayangnya, jaringan internet yang tidak stabil seringkali menjadi pengganggu. Banyak orang yang memiliki memasang Wi-Fi di rumah mereka.

Di Indonesia terdapat beberapa pilihan internet service provide (ISP) yang menggunakan layanan internet fixed broadband atau kabel fiber optik.

IndiHome

Provider satu ini sepertinya sudah tidak asing lagi untuk semua orang. IndiHome merupakan internet provide milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Telkom Group.

Layanan IndiHome telah hadir di hampir seluruh wilayah Indonesia. Hal itu menjadi kelebihan IndiHome karena kebanyakan provider hanya tersedia di kota besar. IndiHome juga memiliki beberapa paket layanan yang beragam dari harga mulai dari Rp 275.000 sampai yang paling mahal Rp 1.725.000.

Biznet Home

Penyedia layanan internet rumahan yang bagus kedua adalah Biznet Home. Provider ini mendapat gelar sebagai penyedia layanan internet terkencang di Indonesia pada kuartal dua dan tiga tahun 2021 lalu.

Seperti halnya IndiHome, Biznet Home juga menghadirkan pilihan paket internet. Anda bisa memilih internet saja atau beserta dengan TV kabel.

Sayangnya Biznet Home belum tersedia secara merata dari Sabang sampai Merauke. Jaringan provider ini baru mencakup Pulau Jawa, Bali, Batam, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Sumatera.

Harga mulai dari Rp 325.000 sampai Rp 70.000 per bulannya sesuai paket dan besaran Mbps. Anda tentu dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan banyaknya perangkat di rumah.

First Media

PT Link Net Tbk ternyata memiliki internet rumahan yang bagus bernama First Media. Seperti lainnya, First Media juga menawarkan layanan berupa paket.

Paket yang First Media tawarkan pun sangatlah beragam dengan tambahan TV kabel. Jika untuk pemakaian standar maka Anda bisa memilih paket biasa mulai dari 20 dan 30 Mbps.

Jika pemakaian untuk banyak orang, Anda bisa berlangganan paket Elite X1 4K atau Supreme X1 4K. Kedua paket tersebut khusus agar jaringan semakin cepat. Harga untuk paket reguler sekitar Rp 384.000 per bulan, sedangkan premium paling mahal sampai Rp 954.000.

Keuntungan Memasang Internet Rumah

Saat ini dapat terlihat bahwa hampir setiap rumah memasang Wi-Fi. Hal itu mungkin menjadi pertanyaan untuk Anda yang baru ingin memasang, untuk apa sebenarnya Wi-Fi dan apa bedanya dengan provider biasa?

Meski sama-sama menyediakan jaringan internet, nyatanya Wi-Fi rumah menyediakan jaringan yang lebih kencang daripada menggunakan paket data. Terlebih, jika beranggota banyak, maka Wi-Fi terhitung lebih murah.

Anda hanya perlu membayar biaya langganan setiap bulan tanpa ada batasnya atau unlimited. Namun, Wi-Fi rumah juga memiliki beberapa kekurangan yang bisa Anda perhatikan.

Kekurangan internet rumahan yang bagus adalah jaringan yang ikut mati saat pemadaman listrik. Meski demikian, sebenarnya hal tersebut masih normal karena biasanya kartu internet juga akan terhambat saat mati listrik.