Layanan Internet 3G Dihapus Pemerintah, Apa Penyebab Utamanya?

214
Layanan Internet 3G Dihapus Pemerintah, Apa Penybebab Utamanya?
Ilustrasi Layanan Internet 3G Dihapus. Foto: Ist/Net

Texno.ID –  Layanan internet 3G akan dihapus oleh Kominfo dalam waktu dekat ini. Bagaimana nasib penggunanya?

Jaringan internet di Indonesia saat ini semakin berkembang. Mayoritas pengguna saat ini sudah menggunakan 4G.

Akan tetapi, tentu saja masih ada beberapa orang yang menggunakan layanan lama, yaitu 3G. Sayangnya, layanan ini kabarnya akan segera Kominfo hapus.

Kenapa Layanan Internet 3G Dihapus?

Internet adalah sebuah kebutuhan di masa sekarang ini. Tentunya sebelum semaju sekarang, internet juga mengalami perkembangan.

Di Indonesia sendiri, sebelum memasuki era 4G dan 4.5G, masih berupa 3G. Internet 3G sebenarnya sama seperti halnya 4G, hanya saja internet pada 3G kinerjanya lebih lambat.

Memang kebanyakan orang saat ini sudah menggunakan 4G. Meski begitu, pasti masih ada juga pengguna 3G.

Para pengguna 3G tampaknya harus segera update karena info yang Kominfo berikan akan menghapus jaringan tersebut.

Sebenarnya info penghapusan 3G ini sudah Kominfo beberkan sejak akhir 2021 kemarin. Mereka meminta operator seluler di Indonesia untuk menghapus sistem 3G.

Terdapat banyak hal yang menjadi alasan kenapa jaringan 3G akan mereka hilangkan. Salah satu alasannya adalah biayanya yang besar.

Dirjen SDPP dan Informatika dari Kementerian Komunikasi dan Informasi, Ismail mengungkapkan bahwa operator seluler melakukan banyak paralel untuk jaringan juga teknologi.

Tentunya hal tersebut memerlukan banyak sekali sumber daya serta ekosistem. Menurut Ismail, dalam pelaksanaannya hal tersebut membutuhkan biaya yang cukup besar.

Selain itu, alasan untuk operator agar segera menghapus 3G adalah karena keterbatasan spektrum frekuensi yang tersedia untuk berbagai macam teknologi.

“Para operator penyedia jaringan memiliki hal untuk menentukan teknologi mereka sendiri dan harus memanfaatkan secara efektif dan efisien untuk melayani masyarakat”, kata Ismail.

Selain itu, layanan internet 3G dihapus juga berguna untuk mendorong efisiensi dalam infrastruktur. Pemerintah menginginkan jaringan 4G segera tersedia secara merata di akhir 2022.

Untuk Memaksimalkan Jaringan 5G

Perusahan OpenSignal selaku analisis seluruh jaringan telekomunikasi, melakukan riset terhadap perkembangan internet di Indonesia. Mereka menyebut jika spektrum jaringan 3G yang akan segera terhapuskan dapat mengoptimalkan jaringan 4G dan 5G.

Terdapat sekitar 12.548 desa atau kabupaten di Indonesia yang belum terjangkau jaringan 4G. Itu tentunya bukan jumlah yang sedikit dan perlu perhatian ekstra.

“Indonesia sedang mengalami peningkatan yang signifikan yakni meluncurkan 5G”, demikian pada laporan riset OpenSignal tahun lalu (3/6/2021).

Apabila jaringan 2G dan 3G operator seluler hapuskan, maka biaya infrastruktur 3G dapat pemerintah gunakan untuk perluasan 4G dan pengembangan 5G.

Jaringan 5G saat ini sudah cukup populer di luar negeri. Oleh karena itu, agar Indonesia tidak boleh tertinggal kemajuan ini.

Layanan internet 3G dihapus akan membuat pemanfaatan spektrum 4G dan 5G lebih efisien.

Apa yang Harus Pengguna 3G Lakukan?

Pengguna 3G tentu tidak perlu khawatir. Anda dapat segera mengganti kartu agar mendapatkan jaringan 4G.

Jika tidak ingin mengganti nomor, maka Anda bisa menghubungi atau menyambangi kantor operator internet. Anda bisa meminta upgrade jaringan secara gratis dari 3G ke 4G.

Tidak perlu takut kebingungan karena tidak akan ada yang berubah. Anda bisa berselancar internet seperti biasanya. Bahkan, dengan menggunakan jaringan 4G kegiatan berselancar dapat lebih cepat dan menyenangkan.

Dengan layanan internet 3G dihapus, harapannya pemerintah dapat segera menghadirkan jaringan 4G secara merata untuk seluruh Indonesia. Selain itu, pemerintah juga dapat lebih cepat mengembangkan layanan 5G mengejar negara maju yang ada.