Layanan VPN untuk Internet, Berikut Ini Cara Kerja dan Jenis-jenisnya

0
273
Layanan VPN untuk Internet, Berikut Ini Cara Kerja dan Jenis-jenisnya
Ilustrasi layanan VPN untuk internet. Foto: securitysurf

Texno.ID – Layanan VPN untuk internet perlu anda ketahui supaya bisa mengerti apa saja manfaat yang didapat. VPN digunakan untuk mengakses internet dengan layanan pribadi supaya lebih aman.

Dulunya koneksi seperti ini untuk konektivitas jaringan di antara gedung perkantoran secara aman dari rumah maupun tempat lain. Hingga saat ini sudah banyak digunakan oleh pengguna seluruh dunia.

Pentingnya Layanan VPN untuk Internet

Virtual Private Network (VPN) merupakan sebuah layanan koneksi yang bisa memungkinkan pengguna untuk mengakses website secara lebih aman dan pribadi. Caranya dengan mengubah sebuah jalur koneksi melalui server serta menyembunyikan antara pertukaran data. 

Singkatnya, VPN akan mengkoneksikan tablet, smartphone, PC, maupun komputer lain di suatu daerah yang bisa terhubung dengan internet. Lalu mengizinkan pengguna supaya bisa menjelajah internet dengan jaringan komputer.

Jadi, komputer di negara lain itu akan menjadi salah satu negara yang anda gunakan saat internet berusaha mengenali anda melalui koneksi. Anda bisa mengakses yang tidak dapat anda akses di negara lainnya.

Cara Kerja VPN

Secara sederhana, cara kerja VPN adalah untuk menutupi identitas, aktivitas online, dan lokasi anda. Saat terhubung dengan internet, ISP (penyedia layanan internet) akan menggunakan servernya supaya bisa menghubungkan pengguna ke internet.

Pasalnya, layanan VPN untuk internet ini membuat koneksi melalui server lebih aman. Data yang ditransmisikan dari perangkat anda berasal dari VPN. Bahkan penyedia VPN telah menggunakan enkripsi dan IPSec (keamanan protokol internet) untuk memaketkan data diri anda.

Sehingga bisa terbungkus aman hingga data anda sampai pada tujuannya. Hal ini terkenal sebagai Layer Two Tunneling Protocol. Bila anda sedang menjelajah internet, maka alamat IP anda tidak akan tampil. Hal ini untuk alamat IP yang diberikan ISP pada anda, namun alamat IP dari server VPN.

Surfshark

Merupakan sebuah layanan VPN untuk internet yang masih baru, karena mampu menunjukkan kinerja yang lebih baik. Surfshark termasuk kontestan pendatang baru yang paling kuat.

Intinya, layanan untuk internet ini menawarkan paket VPN lengkap dengan keamanan dan privasi yang berbekal pula fitur penjualan lebih kuat. Berfungsi penting, terutama bagi anda yang ingin mengakses konten di suatu wilayah pada penyedia Netflix atau Hulu.

NordVPN

Merupakan sebuah aplikasi yang paling populer dengan rating cukup tinggi di Google Play. Karena telah terunduh oleh banyak orang hingga 5 juta kali pengunduhan.

Aplikasi ini juga sangat aman daripada yang lain. Bahkan memiliki hingga 5300 server serta 62 lokasi server. Dari teknologi double ini, membuat koneksi internet juga harus melalui dua server yang berbeda pula. Sehingga lebih aman dan terjamin.

Express VPN

Layanan VPN untuk internet dengan aplikasi ini, anda bisa mendapatkan suatu lebar pita serta data tanpa batas. Jadi, ketika anda melakukan penelusuran apapun dan mengunduh, tidak akan terputus.

Pasalnya, Express VPN bisa membuka blokiran situs karena memiliki banyak peladen berkecepatan lebih tinggi dari negara yang lain. Dari adanya alamat IP, sehingga bisa bekerja tak terdeteksi oleh tindakan anti VPN.

Supaya bisa memastikan data pribadi anda tetap aman, ini menggunakan suatu enkripsi AES 256-bit tingkat militer. Karena mampu mengacak data milik anda yang lebih bagus dan membutuhkan waktu lama agar bisa memecahkannya.

Layanan ini mempertahankan suatu kebijakan tanpa log. Sehingga sangat menjamin tidak akan mencatat riwayat dari penelusuran anda.

CyberGhost

Ada layanan VPN untuk internet yaitu CyberGhost yang merupakan sebuah aplikasi sangat populer. Dengan melalui layanan ini, anda bisa mengakses hingga lebih 1700 server dan 60 lokasi server hampir di seluruh dunia.

Memiliki keunggulan pula seperti perlindungan dari jaringan publik, privasi, enkripsi yang baik, server switching, bandwidth tidak terbatas, perlindungan dari tracker, dan anti malware.

Meskipun demikian, aplikasi ini juga memiliki sedikit kekurangan. Seperti pada saat proses setup sangat sulit, tidak ada client untuk Linux, dan internet client kurang konsisten.

VPN memang bisa membantu anda supaya mengamankan koneksi, begitu pula pada identitas dan data pribadi anda. Meskipun layanan VPN untuk internet ada kekurangan, namun hal ini sudah menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam sebuah aplikasi.