Tutorial Edit Lightroom Ala Selebgram dengan Cara Mudah

0
206
Tutorial Edit Lightroom Ala Selebgram dengan Cara Mudah
Ilustrasi tutorial edit Lightroom. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Tutorial edit Lightroom dapat menjadikan foto kamu seperti kebanyakan selebgram. Pengguna Instagram yang semakin hari kian banyak juga mempengaruhi viewers dan like foto kamu. Media sosial ini paling banyak digunakan, sebab menawarkan fitur baru untuk setiap pembaruan pada aplikasi.

Beriringan dengan semakin banyak yang menggunakan media sosial ini, sehingga menciptakan fenomena baru yakni selebgram. Selebgram sendiri seseorang yang sukses dengan followers banyak serta menjadi idola kebanyakan orang.

Biasanya orang-orang akan memiliki rasa penasaran, yakni mengapa para selebgram desain feed Instagram serta editan fotonya bagus.

Nah, apabila kamu ingin melakukan hal yang sama, tidak susah untuk mencobanya. Berikut ini tutorial untuk mengedit foto seperti selebgram dengan memakai aplikasi edit foto Lightroom.

Intip Tutorial Edit Lightroom Dengan Mudah

Lightroom merupakan aplikasi dari Adobe yang bisa kamu gunakan untuk editing foto. Aplikasi ini juga telah tersedia untuk komputer serta smartphone.

Menginstall Aplikasi Lightroom

Untuk langkah tutorial edit Lightroom yang pertama, pastinya kamu mempunyai aplikasi Lightroom. Jika belum, kamu bisa mengunduh terlebih dahulu. Aplikasi editing ini bisa kamu dapatkan secara gratis baik melalui Playstore maupun App Store.

Setelah selesai download aplikasi, kamu bisa membuka serta membuat akun Adobe. Jika tidak ingin membuat akun, kamu dapat login dengan akun Google. Bisa juga menggunakan akun Facebook.

Memasukkan Foto

Apabila kamu sudah login, maka kamu bisa memasukkan foto maupun gambar yang ingin kamu edit di Lightroom. Caranya, klik pada ikon foto serta tambah pada halaman awal tadi. Bisa juga masuk pada tab bagian tengah.

Klik pada ikon sama yang terdapat pada pojok kanan bawah. Bagian exp bisa kamu jadikan +0,30. Contrastnya bisa kamu jadikan -30.

Untuk bagian highlightnya menjadi -100. Kemudian untuk bagian shadow foto, kamu bisa menjadikan +100. Whites menjadi -100. Untuk bagian blacksnya bisa kamu atur menjadi +100.

Bisa Mengambil Gambar

Tahapan tutorial edit Lightroom selanjutnya, kamu dapat menggunakan gambar yang telah ada pada smartphone atau bisa juga mengambil foto secara langsung dari aplikasi ini.

Bila kamu mengambil gambar dengan aplikasi ini, kamu dapat memakai mode profesional. Maka kamu bisa mengatur beberapa hal seperti halnya memakai kamera DSLR.

Mengedit Gambar

Jika gambar sudah selesai kamu masukkan ke dalam aplikasi, kamu bisa melanjutkan langkah berikutnya, yakni dengan mengedit gambar tersebut. Terdapat banyak hal yang dapat kamu edit dengan aplikasi Lightroom.

Mulai dari light, mix, color, tone, effects, detail, dan lain sebagainya. Kamu bisa mengatur sesuai dengan keinginan serta kebutuhan supaya nanti hasilnya sama seperti ala selebgram.

Rumus Edit di Aplikasi Lightroom

Jika kamu masih merasa bingung, mau ngedit foto seperti apa, ada rumus yang dapat kamu coba. Tentunya dalam rumus ini, tidak dapat memberikan hasil yang sama. Sebab, pada setiap foto mempunyai tone warna berbeda. Selain itu, memiliki komposisi pencahayaan yang berbeda pula.

Setidaknya dalam tutorial edit Lightroom, dengan memakai rumus atau sering disebut preset/ filter Lightroom, dapat menghasilkan gambar yang menyerupai.

Kamu dapat menggunakan rumus ala selebgram, aqua brown, pastel, peach, orange, abu-abu, maupun old school style. Untuk menggunakan rumus ini, tergantung juga dalam penggunaan fotonya. Kamu dapat gunakan untuk foto selfie, pantai, gelap, foto aesthetic, dan lain sebagainya.

Mengatur Bagian Cahaya

Jika kamu ingin mencoba mengedit foto dengan preset atau rumus dari Lr Mobile Preset.site, maka nantinya foto yang kamu hasilkan yaitu warna peach pastel.

Sama halnya dengan yang telah dibicarakan di atas. Setiap foto mempunyai tingkat pencahayaan yang berbeda-beda, maka atur bagian exposure atau pencahayaan sesuai dengan keinginan kamu.

Mencampurkan Warna

Dalam tahapan tutorial edit Lightroom selanjutnya, kamu bisa melakukan pencampuran warna dengan editan yang lebih spesifik lagi.

Mengatur Effects

Berikutnya, kamu bisa mengatur efek dari foto tersebut.

Hasil

Langkah terakhir dari tutorial edit Lightroom yaitu hasil dari penggunaan rumus ala-ala selebgram. Hasil fotonya akan menjadi warna peach. Sehingga seperti warna pastel yang kalem serta bisa menenangkan. Selamat mencoba.