Macam-Macam Layanan Internet dan Fungsinya

2
Macam-Macam Layanan Internet dan Fungsinya
Ilustrasi Macam-Macam Layanan Internet. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Macam-macam layanan internet dapat kita manfaatkan demi memenuhi kebutuhan harian. Pada dasarnya, masing-masing layanan memiliki peran dan fungsinya sendiri.

Bahkan, beberapa layanan memiliki keterkaitan. Dengan adanya layanan internet, kehidupan kita semakin menjadi mudah.

Macam-Macam Layanan Internet Beserta Penjelasan dan Fungsinya

Kita bisa mengakses internet kapan saja dan dimana saja. Bahkan, bisa menyesuaikan dengan pekerjaan maupun kebutuhan kita.

Ketika kita mampu memanfaatkannya dengan baik, tentunya akan menghasilkan banyak keuntungan. Begitu pula sebaliknya, jika kita melakukan hal yang menyimpang, kerugian menjadi salah satu konsekuensinya.

Berikut ini adalah macam-macam layanan internet.

1. Email

Email merupakan salah satu layanan internet yang banyak digunakan. Entah itu masyarakat Indonesia maupun seluruh dunia.

Alamat email, kini telah menjadi salah satu identitas pribadi kita. Pasalnya, melalui email ini kita bisa saling mengirim surat, file, maupun dokumen dengan cepat.

Email bisa kita gunakan secara gratis, meskipun ada beberapa layanan yang harus membayar. Contoh email seperti Gmail, Yahoo, Hotmail, dan lain sebagainya.

2. E-Learning

Macam-macam layanan internet lainnya yakni E-Learning. Melalui e-learning ini kita bisa melakukan sistem pembelajaran melalui internet.

Pendidikan berbasis internet ini sangat populer di kala pandemi. Meskipun tidak bertatap muda secara langsung dengan pengajar atau tenaga didik, kita masih bisa mengikuti pelajaran dengan baik.

Selain itu, layanan internet ini juga memberikan kemudahan dalam penyampaian materi. Contoh e-learning ini antara lain, Ruang Guru, Zenius, Quipper, maupun metode kelas online pada sejumlah kampus lainnya.

3. E-Commerce

Ketika kita berbicara mengenai layanan internet, maka e-commerce menjadi salah satunya. Layanan internet yang satu ini berfungsi untuk kepentingan maupun kegiatan ekonomi dan bisnis.

Salah satu bagian dari e-commerce adalah toko online seperti Tokopedia, shopee, Lazada, dan toko online lainnya. Berbakat adanya toko online tersebut, kita semakin mudah dalam berbelanja tanpa harus pergi ke tokonya langsung.

Pasalnya, kita hanya perlu membeli barang secara online. Bahkan, beberapa toko online menawarkan harga yang lebih murah. Tak heran jika e-commerce menjadi salah satu layanan internet yang populer.

4. E-Banking

E-banking merupakan salah satu dari macam-macam layanan internet yang memberikan kemudahan kepada semua masyarakat dalam bertransaksi. Melalui e-banking, masyarakat tidak perlu lagi pergi keluar rumah hanya untuk membayar maupun mengirim uang.

Selain itu, dengan e-banking kita bisa mendapatkan proses pengecekkan saldo maupun mutasi rekening secara mudah. Selain itu, kita juga bisa mengetahui segala jenis program terbaru dan bank.

Menariknya lagi, saat ini hampir semua bank berlomba-lomba untuk mengeluarkan e-banking. Berikut contoh layanan internet e-banking, M-BCA, M-BNI, M-Mandiri, dan lain sebagainya.

5. E-Government

E-government merupakan salah satu layanan pemerintah kepada masyarakat dengan menggunakan teknologi informasi. Harapannya, dengan layanan internet ini, dapat meningkatkan efisiensi dalam pelayanan, kenyamanan maupun aksesibilitas yang semakin baik.

Selain itu, e-government ini juga berfungsi sebagai sistem informasi dari pemerintah ke masyarakat. Dengan begitu, masyarakat bisa semakin mudah untuk mengetahui informasi seputar pemerintahnya terbaru.

Itu artinya, melalui e-government, pemerintah bisa meningkatkan transparansi kepada semua masyarakat. Saat ini ada beberapa model penyampaiannya seperti Government to Customer, Government to Employ, Government to Business, dan Government to Government.

Selain macam-macam layanan internet yang telah disebutkan diatas, sebenarnya masih ada banyak lagi. Misalnya saja File Transfer Protocol, Tele Networking, Voice Over Internet Protocol hingga  WWW (World Wide Web).