Perbedaan Satuan Kecepatan Internet Mbps dan MBps yang Sangat Mirip

266
Perbedaan Satuan Kecepatan Internet Mbps dan MBps yang Sangat Mirip
Ilustrasi Perbedaan Satuan Kecepatan Internet. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Perbedaan satuan kecepatan internet antara Mbps dan MBps mungkin masih sulit untuk beberapa orang pahami. Padahal, keduanya memiliki perbedaan kecepatan yang signifikan.

Kesulitan dalam membedakan sebenarnya sangat wajar, mengingat tulisan keduanya yang mirip sehingga terlihat sama. Namun, tidak ada salahnya untuk mengetahui perbedaan keduanya.

Dengan mengetahui perbedaannya, maka Anda tidak akan lagi salah memilih paket untuk berlangganan.

Perbedaan Satuan Kecepatan Internet MBps dan Mbps

Saat hendak berlangganan internet, seringkali kita melihat kata Mbps dan MBps. Dua kata tersebut juga sering muncul di satuan penunjuk kecepatan sinyal.

Selama ini banyak orang yang mengartikan keduanya sama. Akan tetapi, sebenarnya Mbps dan MBps sangatlah berbeda.

Perbedaan keduanya yang paling terlihat adalah huruf “B”. Pada Mbps, huruf “b” kecil, sedangkan pada MBps menggunakan huruf kapital atau “B”.

Hal itu sebenarnya sangat terlihat, namun sedikit orang yang menyadarinya. Perbedaan huruf “B” sebenarnya juga berkaitan dengan kepanjangan kata Mbps dan MBps.

Mbps merupakan singkatan dari Megabit per second. Sedangkan kepanjangan MBps adalah Megabyte per second.

Mbps atau megabit per detik berarti mengukur kecepatan internet dengan satuan bit pada setiap detiknya. Di sisi lain, MBps atau megabyte per detik menggunakan satuan byte setiap satuan detik.

Bit sendiri merupakan unit data terkecil dari komputasi digital yang pada dasarnya terdiri atas tiga buah biner. Biner tersebut dapat berupa 0 maupun 1.

Mbps Lebih Kecil dari MBps

Anda sudah mengerti bahwa ada perbedaan satuan kecepatan internet di dalam Mbps maupun MBps. Satuan pada Mbps yang bit jelas jauh lebih kecil dari Byte pada MBps.

Sementara, 8 bit sama dengan 1 byte. Itu artinya, megabit (Mb) memiliki ukuran delapan kali lebih kecil dari pada Megabyte (MB).

Dapat dikatakan bahwa data dengan ukuran 1 MB sama dengan 8 Mb. Selain itu, Byte juga merupakan satuan terkecil dari besaran data digital dengan ukuran tertentu.

Sebagai contoh, data file memiliki ukuran 8.000.000 Byte akan sama dengan 8.000 kilo Byte (KB) dan 8 MB (Mega Byte).

Kecepatan Loading Keduanya

Perbedaan satuan kecepatan internet selanjutnya adalah jalur yang mereka gunakan. Agar internet dapat banyak orang gunakan, biasanya ISP menyalurkan internet dengan menggunakan beberapa jalur.

Pada jenis internet kabel, media yang digunakan biasanya adalah kabel tembaga (coaxial) dan kabel fiber optic. Sedangkan untuk jenis internet wireles, medianya adala WiFi atau sinyal 4G dan 3G.

Setiap jenis kabel yang ada tentunya memiliki kemampuan daya alir internet yang berbeda-beda juga. Untuk saat ini, kabel dengan daya alir tercepat adalah Fiber Optic.

Selanjutnya ada wireless yang memiliki konsep seperti kabel. Bedanya, wireless memiliki kemampuan daya alir masing-masing.

Adapun daya alir pada wireless tercepat yaitu WiFi, kemudian 4G, dan 3G. Penggunaan Mbps biasanya untuk ISP, seperti My Republic, Indihome, dan Firstmedia.

Di sisi lain, MBps biasa digunakan pada perangkat smartphone, modem, komputer, laptop, konsol game, dan perangkat lainnya.

Hal yang  Mempengaruhi Kecepatan internet

Terdapat beberapa hal yang akan mempengaruhi kecepatan internet Anda selain satuan kecepatannya. Biasanya kecepatan internet tergantung dengan kemampuan perangkat dan jalur yang digunakan.

Cuaca dan lokasi juga sangat berpengaruh. Hal itu karena internet tidak datang dengan sendirinya. Internet akan sulit dan melemah di daerah hutan atau pegunungan yang belum yang memiliki topografi sulit.

Perbedaan satuan kecepatan internet Mbps dan MBps sangat terasa, namun jarang orang sadari. Setelah mengetahui perbedaannya, maka Anda tidak akan lagi salah mengerti.