Cara WA Tanpa Save Nomor Sebagai Kontak di Ponsel dengan Cepat

227
Cara WA Tanpa Save Nomor Sebagai Kontak di Ponsel dengan Cepat
Ilustrasi Cara WA Tanpa Save Nomor. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara WA tanpa save nomor jauh lebih praktis. Hal itu karena beberapa orang memang tidak ingin menambah daftar kontak di ponselnya.

WhatsApp adalah sebuah aplikasi pesan instan modern. Cara kerja WA sebenarnya sama dengan SMS biasa.

Namun, WA memiliki lebih banyak fitur yang mempermudah penggunanya. Selain itu, menggunakan WA juga jauh lebih hemat daripada SMS yang memakan pulsa setiap pesannya.

Karena konsepnya yang mirip dengan SMS, WA juga membutuhkan syarat utama, yaitu nomor telepon. Untuk dapat berkirim pesan atau telepon, nomor sudah harus tersimpan di dalam kontak WA.

Begini Cara WA Tanpa Save Nomor

Penggunaan WA saat ini sudah sangat umum. Fitur-fitur di dalam WA sangat memang sangat memudahkan penggunanya.

Sayangnya, terdapat satu syarat WA yang cukup menjengkelkan, yaitu wajib menyimpan nomor ponsel ketika ingin mengirim pesan.

Terkadang kita hanya ingin menghubungi orang itu satu kali saja dan sangat malas menambah kontak WA. Sebenarnya bisa saja menggunakan SMS, namun hal itu kurang efisien.

Banyak orang yang tidak sedia pulsa seluler untuk SMS saat ini. Oleh karena itu, WA adalah jalan satu-satunya.

Meski begitu, Anda tetap bisa mengakali untuk mengirim pesan WA tanpa harus menyimpan nomor ponsel terlebih dahulu. Penasaran? Ini dia cara WA tanpa save nomor dengan mudah.

Menggunakan Fitur “Click to Chat”

WA sebagai pesan instan terpopuler di dunia, termasuk Indonesia memiliki banyak fitur yang memudahkan penggunanya. Salah satu fitur di dalam WA yang bermanfaat untuk kirim pesan tanpa save nomor adalah “Click to Chat”.

Fitur ini membuat Anda dapat memulai chat dengan seseorang tanpa harus susah payah menyimpan nomor telepon orang lain di kontak ponsel.

Syarat pastinya tentu saja Anda harus tahu nomor telepon tujuan yang akan dihubungi. Setelah sudah menyiapkan nomor telepon, maka bisa buka WA.

Jangan membuka WA aplikasi biasa, melainkan versi browser mereka. Anda bisa membukanya melalui ponsel maupun laptop atau PC.

Setelah masuk ke browser WA, cara wa tanpa save nomor selanjutnya adalah mengetik alamat “https://wa/me/” tanpa menyertakan tanpa kutip. Masukkan nomor telepon WA tujuanmu setelah alamat tersebut tanpa spasi.

Contoh benarnya seperti https://wa/me/628123456789. Setelah itu, maka Anda bisa langsung chat tanpa harus repot menyimpan nomor baru.

Menggunakan Aplikasi Khusus

Selain menggunakan fitur asli dari WA, Anda juga bisa menggunakan aplikasi khusus. Aplikasi pihak ketiga ini sudah banyak beredar di app market.

Namun, Anda tentunya juga tetap harus waspada dan teliti dalam memilih. Untuk keamanan ekstra, lebih baik untuk selalu mengunduh aplikasi di Google Play Store.

Aplikasi yang banyak digunakan adalah QuickWA dan WhatsDirect. Mereka menghadirkan desain yang mudah untuk dimengerti.

Anda hanya perlu memasang aplikasi di dalam ponsel dan menjalankannya. Setelah aplikasi terbuka, maka langsung masukkan nomor tujuan dan ini pesannya.

Ketika sudah selesai menulis pesan, maka Anda dapat langsung memilih tombol Send untuk mengirim. Meski mengirim pesannya tidak biasa, namun aplikasi akhirnya tetap akan mengalihkan Anda ke WA asli.

Kedua cara tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika ingin cepat tanpa ribet, maka lebih baik gunakan aplikasi yang tersedia.

Akan tetapi, jika Anda mengutamakan keamanan privacy maka lebih baik gunakan fitur asli dari WhatsApp Web saja. Bagaimanapun juga, aplikasi pihak ketiga bisa menjadi celah hacker dalam pencurian data.

Pada intinya, cara WA tanpa save nomor akan memudahkanmu dalam menghubungi orang lain yang tidak dekat.