Planet Mars Bergoyang Secara Misterius, Peneliti Mulai Mencari Tahu

0
234
Planet Mars Bergoyang Secara Misterius, Peneliti Mulai Mencari Tahu
Ilustrasi Planet Mars Bergoyang. Foto: id.berita.yahoo.com

Texno.ID – Planet Mars bergoyang membuat para peneliti tertarik untuk mengetahui apa penyebabnya. Dari Live Science pada 7 Januari lalu, jurnal Geophysical Research Letters sekaligus seorang astronom mengatakan jika Planet Mars bergoyang ketika berputar.

Layaknya sebuah mainan yang berputar ketika kehilangan kecepatannya, Mars saat ini mengalami pergeseran untuk kutubnya dari rotasi planetnya dengan bergerak kurang lebih 4 inci atau 10cm dari semula setiap 200 hari.

Dengan gerakan yang Planet Mars miliki, membuatnya terkenal sebagai planet kedua yang ada dalam alam semesta yang bisa bergoyang dengan sebutan goyangan Chandler. Karena untuk yang pertama adalah Bumi.

Planet Mars Bergoyang

Planet Mars bergoyang yang membuat para astronom heran. Hal ini membuat Mars menjadi planet kedua yang mengalami hal demikian. Namun dari penulis sains bernama Jack Lee, goyangan yang awal mulanya ditemukan oleh Seth Carlo Chandler ini dari satu abad yang lalu merupakan efek dari planet yang tidak terlihat bulat sempurna.

Beda halnya jika berada di Bumi, goyangannya akan terasa lebih pada kutub planet dengan jarak kurang lebih 30 kaki atau 9 m dari letak poros rotasinya.

Baca:  Ciri Planet Venus, Planet Terdekat Bumi dengan Suhu yang Sangat Panas

Bumi akan bergoyang dengan pola melingkar dan akan terus berulang setiap 433 hari, bahkan lebih. Goyangan miring ini terabaikan oleh Planet Bumi, namun masih menyisakan teka-teki.

Sejak kemunculan Planet Mars Bergoyang dan pada goyangan Bumi para peneliti telah melakukan hitungan. Namun para peneliti mengatakan jika goyangan ini seharusnya mengalami penurunan secara alami.

Akan tetapi, yang terjadi sudah lebih lama, namun belum berkurang. Ada studi yang menilai jika goyangan ini terjadi karena adanya perubahan tekanan yang ada pada atmosfer serta lautan.

Sehingga akan membuat potensi munculnya goyangan tersebut. Hal ini jika melihat studi dari tahun 2001 lalu, meski belum ada mekanisme yang pasti untuk mengungkap penyebab yang sebenarnya.

Goyangan Mars

Begitupula dengan Planet Mars bergoyang yang masih memberikan banyak pertanyaan oleh sejumlah peneliti. Terdeteksi ada goyangan yang tercatat dari data 18 tahun yang lalu.

Data ini berasal dari 3 planet yang mengorbit pada Planet Mars seperti Planet Mars Odyssey, Mars Reconnaissance Orbiter, serta Mars Global Surveyor. Dari catatan tersebut, terlihat ada pergeseran sedikit pada bagian kutub Mars dan semakin kuat.

Baca:  Fakta Kraken Mare, Danau Terbesar di Bulan Milik Saturnus

Menurut EOS jika tanpa lautan, Mars serta rotasinya bisa teratur dengan perubahan tekanan atmosfer. Studi baru untuk Planet Merah ini merupakan bagian yang bisa dihuni untuk masa lalu adalah bagian bawah permukaannya.

Mengapa demikian? Hal ini lantaran kehidupan membutuhkan air untuk bahan dasarnya. Penelitian sejauh ini telah mengikuti air yang ada di Mars untuk mengetahui sejarah lebih dalam mengenai pernahkah ada kehidupan Mars.

Selain Planet Mars bergoyang, sampai saat ini sejumlah ilmuwan mempercayai jika Planet Mars pernah memiliki suhu hangat dan basah pada miliaran tahun lalu.

Meskipun saat ini yang terlihat hanya hamparan gurun beku. Hal ini karena matahari pada empat miliar tahun lalu pernah redup sampai 30% sehingga membuat suhu menjadi lebih hangat dan cerah. Namun apabila permasalahannya seperti in,i tentu pada Mars kuno akan membuat planet ini menjadi lebih dingin dan beku.

Saat ini Planet Mars menerima cahaya dari matahari 43% yang diterima Bumi. Hal ini menunjukan jika Mars kuno akan mengalami kesulitan untuk menaikkan titik leleh dari bekuan es.

Baca:  Planet Mirip Bumi, Salah Satunya Planet Teegarden

Selama era Noachian atau sekitar 3,7 sampai 4,1 miliar tahun lalu, Mars memiliki banyak cairan dengan adanya hidrasi dan dasar sungai serta danau kuno. Meskipun masih belum pasti mengenai goyangan planet Mars, namun para ilmuwan melakukan penelitian mengenai kehidupan masa kuno Mars.

Penerapan Pemanasan Bumi

Ada pemanasan global yang terjadi pada bagian bawah lapisan es yang akan mencair meski dalam kondisi Matahari tengah redup. Apabila hal ini terjadi di Planet Bumi, maka dianggap sebagai pemanasan Bumi. Fenomena yang terjadi pada Bumi juga bisa menjelaskan terkait es yang mencair di Planet Mars.

Sehingga para ilmuwan menggunakan banyak data yang telah terkumpul dari pemanasan Bumi untuk mereka praktekkan pada Mars. Mulai dari ketebalan endapan sampai dengan dataran tinggi yang ada pada Planet Mars. Selain Planet Mars bergoyang, mengenai pemanasan Mars juga sangat ilmuwan teliti. (CW001)

Editor : Deni Supendi