Posisi Router Wifi yang Benar Agar Sinyal Tidak Lemot!

231
Posisi Router Wifi yang Benar Agar Sinyal Tidak Lemot!
Ilustrasi Posisi Router Wifi yang Benar. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Posisi router wifi yang benar wajib Anda ketahui. Tujuannya adalah tentu agar sinyal wifi dapat menyebar ke seluruh rumah.

Salah satu cara untuk mempermudah berselancar internet adalah menggunakan wifi. Ada berbagai macam pilihan wifi dan paketnya.

Setiap wifi tentunya memiliki router yang bertugas sebagai sumber sinyal. Menaruh router tidak boleh sembarangan karena bisa menyebabkan sinyal tidak tersebar merata.

Inilah Posisi Router Wifi yang Benar

Mungkin beberapa dari Anda ada yang mengalami jaringan lemot, padahal sudah pasang wifi. Tentu hal tersebut sangat menjengkelkan ya.

Sebaiknya jangan emosi terlebih dahulu. Sinyal wifi lemot biasanya terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya adalah posisi router. Apa itu router wifi?

Router merupakan sebuah perangkat yang dapat menghubungkan perangkat lainnya ke jaringan internet. Router memiliki beberapa fungsi utama, salah satunya sebagai pengelola lalu lintas antar jaringan.

Dengan adanya perangkat router, maka jaringan wifi dapat terhubung ke perangkat ponsel atau laptop Anda. Terkadang, penempatan router yang tidak tepat juga bisa berefek kepada jaringan.

Agar terhindar dari jaringan wifi yang lemot, Anda bisa mengecek letak dari router wifi. Berikut beberapa rekomendasi tempat terbaiknya.

Tengah Ruangan

Dalam menempatkan router wifi, Anda harus sebisa mungkin menaruhnya berada di titik tengah ruangan. Hindari menaruhnya di pojok ruangan atau bahkan di luar rumah.

Penempatan di tengah ruangan bertujuan agar sinyal dapat tersebar dengan seimbang. Dengan begitu, seluruh penjuru rumah dapat menikmati sinyal wifi.

Dekat dengan Ruang Kerja

Mungkin Anda seringkali membawa pulang pekerjaan ke rumah. Terlebih pada saat pandemi sekarang banyak pekerjaan yang harus dilakukan di rumah.

Rekomendasi lainnya untuk posisi router wifi yang benar adalah di sekitar ruang kerja. Hal ini agar saat bekerja jaringan internet dapat tertuju secara maksimal.

Taruh di Tempat yang Tinggi

Agar Anda mendapat cakupan sinyal yang stabil dan maksimal, maka bisa menaruh router di tempat lebih tinggi. Anda bisa menaruhnya di atas lemar, rak, atau menempel di atas dinding.

Jauhkan dari Benda Elektronik

Beberapa alat rumah tangga elektronik dapat menangkap gelombang elektromagnetik. Gelombang itu bisa mengacaukan sinyal yang keluar dari router.

Karena itulah sebisa mungkin taruh router di tempat yang sedikit jauh dari barang elektronik mengandung logam, stainless-steel dan lainnya.

Hindari Dinding yang Tebal

Wifi yang Anda gunakan di rumah menggunakan gelombang radio. Sinyal akan mudah melemah apabila terhalang oleh dinding atau lantai yang berukuran tebal.

Jika terdapat banyak penghalang di ruang tamu, maka koneksi jaringan yang dihasilkan akan semakin melambat. Oleh karena itu, sebisa mungkin tempatkan router wifi di ruangan yang sedikit pembatasnya.

Sesuaikan dengan Antena Router

Selain memperhatikan posisi router wifi yang benar, Anda juga harus mengatur posisi antena dari router tersebut. Pasalnya, antena router memiliki peran yang sangat penting. Jika hanya terdapat satu antena, maka pastikan posisinya tegak lurus ke atas.

Apabila router Anda memiliki dua antena, maka atur salah satunya tetap tegak lurus ke atas dan satu lagi dalam posisi menyamping. Pastikan kedua antena tidak dalam posisi arah yang sama.

Untuk menambah kecepatan sinyal, Anda bisa menyesuaikan besar mbps pada wifi. Semakin besar mbps, maka akan semakin kencang juga.

Setelah itu, apabila sudah mengatur posisi router wifi yang benar tetap tidak mengembalikan kecepatan sinyal, maka Anda bisa mencoba untuk melaporkan masalah ke pihak wifi.