Samsung XCover Pro 2 Akan Jadi Hp 5G Pertama di Rangaian Serinya?

50
Samsung XCover Pro 2 Akan Jadi Hp 5G Pertama di Rangaian Serinya?
Ilustrasi Samsung XCover Pro 2. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Samsung XCover Pro 2 tampaknya akan meluncur pada tahun ini setelah kesuksesan yang kakaknya raih, Samsung Xcover Pro generasi pertama.

Selain berambisi melanjutkan Samsung A seri, tampaknya perusahaan asal Korea Selatan ini juga mulai terfokus pada seri lainnya. Kabarnya, Samsung akan mengeluarkan Galaxy Xcover 2 Pro nya tahun ini.

Bocoran Spesifikasi Samsung XCover Pro 2

Samsung selalu konsisten untuk memoles produk-produknya. Alih-alih mengeluarkan seri baru, perusahaan ponsel ternama tersebut memilih untuk melanjutkan seri yang sudah ada dengan polesan yang tidak main-main.

Sebuah kabar menyebut bahwa Samsung baru saja mendaftarkan perangkat barunya. Perangkat tersebut memiliki nomor model SM-G736B.

Jika melihat dari nomornya, kemungkinan besar perangkat tersebut akan memiliki jaringan 5G. Hal itu membuat Xcover Pro 2 akan menjad smartphone 5G pertama di seri ini.

Melihat adanya kemungkinan perangkat baru, para penggemar Samsung akhirnya mulai menerka-nerka apa spesifikasi dari perangkat baru ini.

Lebih Gahar dari Generasi Sebelumnya

Rumor mengatakan bahwa Galaxy Xcover Pro 2 akan dilengkapi dengan chipset dari Snapdragon 778G.

Snapdragon 778G sendiri merupakan sebuah 6 nm (TSMC) chipset dengan empat Cortex-A78 dengan cores (Salah satunya bekerja pada 2.4 GHZ), empat A55 dan sebuah Adreno 642L.

Chipset ini sangat powerful dan setara dengan generasi flagship Snapdragon yang lebih lama, seperti halnya 860. Bedanya adalah chipset Snapdragon 778G ini lebih efisien dan menawarkan konektivitas 5G.

Sehingga, dapat dipastikan bahwa Samsung Xcover Pro 2 ini akan menjadi ponsel 5G pertama di dalam seri, mengingat generasi pertama yang rilis pada 2020 lalu masih mengusung konektivitas 4G.

Chipset tersebut akan dilengkapi dengan 6GB RAM. Jumlah tersebut sudah bertambah 2GB dari Xcover pertama.

Selain itu, pada model baru ini akan diberikan Android 12. Xcover generasi pertama masih menggunakan Android 11 dan pada update terakhir One UI 3.0 pada 2021. Android 12 sendiri diharapkan akan rilis pada Juni tahun ini.

Melihat hal tersebut tentu membuat para pengguna Samsung tidak sabar menunggu pengumuman resi perusahaan terhadap perangkat terbaru ini. Dengan spesifikasi gahar tersebut, kemungkinan besar Xcover Pro 2 akan menjadi ponsel entry level terpopuler di tahun 2022 ini.

Tidak Akan Menggunakan Baterai Tanam?

Meski belum kita ketahui apakah Samsung akan merubah, menambah, atau bahkan menghilangkan beberapa fiturnya, namun akan lebih baik untuk mengasumsikan bahwa Samsung Xcover Pro 2 akan tetap menggunakan user-removable battery seperti generasi sebelumnya.

Kebanyakan dari pengguna ponsel samsung adalah pekerja lapangan dan pengusaha. Sebuah removable baterai tentu akan memungkinkan mereka mengganti baterai ketika habis dan menggantinya dengan yang terisi agar komunikasi tetap berjalan.

Hal tersebut cukup efisien daripada baterai tanam yang tidak dapat pengguna pindah-pindah kembali.

Lebih lanjut, belum ada pengumuman pasti berapa besar kapasitas baterai. Meski demikian, sampai perangkat terbaru Samsung yang rilis pada tahun 2022 ini sebagian besar sudah memiliki kapasitas baterai lebih dari 3000 mAh.

Salah satu prediksi fitur unggulan lainnya dari ponsel ini adalah keberadaan monthly security atau pengecekan keamanan setiap bulannya karena menggunakan Android 12.

Belum ada bocoran lainnya mengenai model, warna, ataupun jumlah kamera. Spesifikasi tersebut masih sebatas menerka-nerka dengan bermodal produk terbaru Samsung dan generasi sebelumnya.

Samsung juga belum mengumumkan secara resmi peluncuran ponsel terbaru mereka ini. Oleh karena itu, penggemar bisa lebih bersabar sedikit lebih lama.

Pasar dari Samsung Xcover Pro 2 juga pastinya akan beredar secara global beberapa saat setelah perilisannya. Adapun kemungkinan perilisan pertama kali ada di US dan Korea.