Cara Cek Kebocoran Data di Internet, Hati-Hati Kena Bajak!

1
Cara Cek Kebocoran Data di Internet, Hati-Hati Kena Bajak!
Ilustrasi Cara Cek Kebocoran Data di Internet. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara cek kebocoran data di internet menjadi informasi yang sangat penting. Pasalnya, keamanan data menjadi hal yang tidak boleh kita anggap remeh.

Data yang bocor melalui internet, bisa saja disalah gunakan. Bagi yang memiliki data tersebut, sudah barang tentu akan dirugikan.

5 Cara Cek Kebocoran Data di Internet

Kebocoran data seringkali terjadi dan siapa saja bisa mengalaminya. Apalagi, tingkat keamanan data Indonesia masih terbilang lemah.

Dengan cek data ini, kita bisa tahu apakah data yang kita miliki masih aman atau tidak. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan, berikut penjelasannya.

1. Menggunakan Avast

Cara pertama kali yang bisa kita gunakan yakni cek data melalui Avast. Avast sendiri merupakan situs keamanan yang bisa kita gunakan untuk cek data melalui internet dengan sangat mudah.

Ketika menggunakan Avast, kita bisa memperoleh laporan berapa kali password email mengalami kebocoran. Bahkan, Avast ini juga menginformasikan email kita bocor ketika terhubung dengan situs apa saja.

Misalnya saja seperti Gmail, layanan e-commerce, maupun yang lainnya. Untuk menggunakan Avast, bisa ikuti langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama, silakan buka situs resmi Avast (avast.com/hackcheck/)
  2. Setelah itu, masukkan email ke dalam kolom yang sudah tersedia
  3. Kemudian, klik “Check Now” dan kita pun akan menerima hasil atau laporannya

2. Menggunakan Firefox Monitor

Cara cek kebocoran data di internet berikutnya yakni dengan menggunakan Firefox Monitor. Aplikasi ini menyediakan fitur yang berfungsi untuk mengecek kebocoran data.

Supaya bisa menggunakan Firefox Monitor ini, berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama, buka situs Firefox Monitor, monitor.firefox.com
  2. Setelah itu, silakan masukkan alamat email
  3. Bila sudah, langsung saja klik “Check for Breaches”

3. Menggunakan Have I Been Pwned?

Cara lainnya yakni dengan menggunakan situs bernama Have I Been Pwned. Situs ini cukup populer dan sudah kita gunakan sejak lama.

Kinerja situs ini yakni mengumpulkan berbagai data dari banyak kejadian peretasan. Kita pun juga dapat mengecek email yang kita pakai apakah ada dalam database peretasan tersebut.

Bahkan, database yang HIBP pakai juga bisa kita akses melalui situs tersebut. Tak perlu berlama-lama lagi, mari simak langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama, buka situs Have I Been Pwned, haveibeenpwned.com
  2. Setelah itu, masukkan alamat email dan silakan klik “pwned?”
  3. Bila sudah, tunggulah hingga proses selesai. Setelah itu, akan muncul informasi mengenai kebocoran dari data pribadi kita

4. Menggunakan Periksa Data

Periksa Data merupakan situs besutan Teguh Aprianto selaku pendiri komunitas Ethical hacker Indonesia. Pada situs tersebut, kita bisa mengetahui atau mendeteksi data pribadi yang bocor.

Selain itu, situs ini juga bisa memberikan laporan secara detail kapan dan dari mana data tersebut bocor. Berikut ini cara cek kebocoran data di internet.

  1. Pertama, buka situs Periksa Data, periksadata.com
  2. Kemudian, masukan alamat email
  3. Setelah itu, klik “Periksa Sekarang”

5. Menggunakan DeHased

DeHased juga merupakan situs yang bisa kita gunakan untuk cek kebocoran data. Namun, untuk menggunakannya, kita harus buat akun terlebih dahulu, berikut caranya.

  1. Pertama, buka situs DeHased, dehased.com
  2. Setelah itu buat akun, lalu log in
  3. Bila sudah klik fitur “Search”
  4. Kemudian, kita tinggal mengubah bagian “Field(s)” menjadi email
  5. Masukkan email, lalu klik “Search”. Selesai

Itulah beberapa cara cek kebocoran data di internet yang bisa kita lakukan. Pilihlah cara yang sekiranya paling mudah untuk kita gunakan. Namun, pada dasarnya semua cara tersebut sama baiknya.