Cara Hapus Spin Maze di Android, Mudah dan Praktis

54
cara hapus Spin Maze di Android
Ilustrasi cara hapus Spin Maze di Android. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara hapus Spin Maze di Android sebenarnya mudah. Ya, menghapus Spin Maze di Android bisa Anda lakukan sendiri dengan cara gampang dan cepat. Terlebih bagi pengguna Android merek Xiaomi, Oppo, hingga Vivo.

Aplikasi di handphone yang mengandung malware atau virus tentu dihindari pengguna. Sebab, aplikasi ini dapat merusak ponsel, bahkan bisa mencuri file penting di dalamnya. Contohnya adala Spin Maze. Sehingga tidak mengherankan apabila banyak pengguna Android yang mencari cara untuk menghapus program berbahaya tersebut.

Cara Hapus Spin Maze di Android yang Membahayakan Ponsel

Spin Maze merupakan bagian dari software yang dapat berpengaruh terhadap sistem kerja browser web default. Seperti Firefox, Edge, Chrome, maupun yang lainnya.

Perangkat lunak tersebut dapat muncul di ponsel maupun pada komputer secara tiba-tiba. Spin Maze diduga mengandung malware yang menjadikan pengalihan secara otomatis, ke berbagai halaman.

Cara kerja Spin Maze seperti Play Store. Namun, aplikasi Spin Maze adalah aplikasi modifikasi serta tidak resmi.

Spin Maze memungkinkan berbagai aliran pop-up, iklan, serta gangguan pada penelusuran web. Hal tersebut bakal berdampak terhadap pengalaman ketika memakai browser.

Bahaya Aplikasi Spin Maze

Aplikasi Spin Maze muncul lantaran adanya aplikasi keyboard bawaan pada ponsel. Aplikasi tersebut bakal mengarahkan pencarian pengguna Android ke lokasi web yang tak dikenal.

Namun perlu Anda ketahui bahwa aplikasi satu ini akan mengiklankan berbagai produk di layar handphone. Saking banyaknya, Anda mungkin saja meng-klik tombol yang salah, alih-alih hendak keluar dari web itu.

Iklan tersebut dapat berupa produk fisik, software, halaman web, dan yang lainnya. Nantinya, Spin Maze bisa mendapatkan penghasilan dari klik Anda berkat model remunerasi bayar per klik. Dampak jangka panjangnya adalah aplikasi Spin Maze ini dapat mengumpulkan data lalu lintas.

Untung saja, terdapat beberapa cara untuk mengatasi serta menghapus Spin Maze ini di perangkat Android Anda. Berikut pembahasannya.

Cara Hapus Spin Maze Lewat Chrome

Cara hapus Spin Maze di Android yang pertama adalah dari Chrome. Pada Chrome, Spin Maze juga dapat berbentuk extension. Lantas, bagaimana cara untuk menghapusnya?

  • Silahkan Anda buka browser Chrome lalu klik titik tiga pada pojok kanan atas
  • Pilihlah More Tools > Extension
  • Lalu carilah ekstensi Spin Maze dan klik Remove

Menghapus Spin Maze dengan Keyboard Google

Apabila Anda user Android, hendaknya periksa di ponsel Anda apakah terdapat aplikasi Spin Maze di dalamnya. Nah, apabila ada, kami sarankan untuk menghapusnya.

Tetapi, sebelumnya, Anda mesti mengunduh aplikasi GBoard atau Google Board lebih dulu apabila di HP Anda belum tersedia.

  1. Unduh lalu instal aplikasi Gboard dan buka Setting/Pengaturan
  2. Ketik Keyboard kemudian silahkan Anda pilih “Pengaturan Keyboard and Input Method”
  3. Ubahlah ke pengaturan keyboard dari Touchpal jadi Gboard
  4. Selesai. Spin Maze bakal hilang dan tidak lagi muncul

Nah, itu tadi 2 cara hapus Spin Maze di Android. Spin Maze memang tidak termasuk ke dalam aktivitas ilegal. Namun dapat mempengaruhi browser Anda. Walaupun tidak terdapat aktivitas berbahaya, disarankan untuk menghapus instalan program Spin Maze tersebut.