Keamanan Jaringan Internet, Ini Cara Meningkatkan Proteksinya!

243
Keamanan Jaringan Internet, Ini Cara Meningkatkan Proteksinya!
Ilustrasi Keamanan Jaringan Internet. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Keamanan jaringan internet memang perlu dijaga. Jaringan internet yang mempunyai sistem keamanan lemah adalah peluang untuk para hackers. Pasalnya, hackers bakal meretas data pada laptop atau komputer Anda lewat jaringan internet.

Melesatnya teknologi juga menyebabkan kewaspadaan akan serangan siber. Siber bisa menyerang di mana saja, kapan saja, serta dengan media apapun. 

Dengan begitu, perlu meningkatkan keamanan internet. Bukan hanya bagi individu maupun perusahaan swasta. Bahkan pada pemerintahan juga mesti ada peningkatan keamanan internet.

Cara Menjaga Keamanan Jaringan Internet

Kini, internet sudah jadi kebutuhan yang tak dapat diabaikan. Untuk belajar, bekerja, sampai mencari hiburan, internet mampu memenuhinya.

Mempunyai koneksi internet yang lancar dan stabil adalah hal penting. Tetapi, itu saja belum cukup apabila keamanan internet Anda lemah.

Banyak orang yang tak menyadari bahwa risiko keamanan bisa timbul lantaran perangkat yang tidak dilindungi dengan benar oleh jaringan internet yang aman.

Peretas sifatnya oportunistik dan siap memanfaatkan tiap-tiap celah keamanan. Hackers bakal meluncurkan serangan setiap ada kelemahan pada keamanan jaringan internet yang jadi targetnya. 

Mengamankan jaringan internet sangatlah penting guna menghindari peretas serta bocornya data-data Anda. Untuk memproteksi serta menjaga jaringan agar tetap aman, ikuti langkah-langkah ini!

Aktifkan Spam Blocker

Sejumlah penyedia email menawarkan fitur pemblokiran spam. Tujuannya untuk mencegah pesan yang tak Anda inginkan.

Hal tersebut juga mampu meningkatkan keamanan internet. Sebab, banyak email penipuan dan email phising tidak bisa masuk ke kotak masuk email Anda.

Pakailah Antivirus Terpercaya

Instal aplikasi antivirus pada perangkat yang Anda gunakan. Lakukan juga update secara rutin dari database antivirus dan program antivirus itu.

Apabila tak ingin membeli software antivirus, gunakan saja versi gratisnya. Namun pastikan antivirus yang Anda pakai memiliki reputasi.

Firewall

Pakailah fitur proteksi firewall pada perangkat Anda. Usaha ini bisa mencegah hacker masuk ke dalam sistem perangkat Anda. Hal tersebut cukup penting terlebih untuk memelihara keamanan jaringan internet Anda.

Enkripsi Data Penting

Pakailah software yang memiliki fitur melakukan enkripsi dari semua data yang Anda nilai penting dan sifatnya rahasia.

Sehingga, saat hacker berhasil meretas perangkat Anda, setidaknya pelaku bakal memerlukan waktu guna melakukan dekripsi terhadap semua file yang sebelumnya sudah Anda enkripsi.

Hindari Scam

Aktivitas jenis scam atau scammer juga mesti Anda hindari. Aktivitas tersebut tujuannya adalah untuk memperoleh informasi pribadi maupun uang Anda. 

Anda juga perlu waspada ketika menerima undian palsu atau Anda dinyatakan sebagai pemenang suatu undian. Pastikan informasinya valid. Apabila mendapatkan SMS, pastikan nama yang tercantum kredibel.

Misalnya, layanan SMS Banking yang tertera adalah nama Bank. Hindari klik link yang terdapat di dalam email maupun SMS. Sebaiknya, konfirmasi lebih dulu dengan pihak bank maupun instansi yang bersangkutan.

Waspadai Situs Web

Harap Anda waspada pada situs web yang meminta nama lengkap, alamat surat, nomor asuransi, maupun rekening bank yang Anda miliki.

Walaupun tidak semua situs web berbahaya, namun informasi pribadi hanya dipakai pada situs web tertentu. Misalnya belanja online, perbankan online, serta pemesanan tiket via online.

URL Web

Silahkan Anda amati URL lebih dulu saat bertransaksi online pada situs web online shop, perbankan, maupun pemesanan tiket online. Pastikan situs itu berawalan ‘https’, serta tercantum label VeriSign atau TRUSTee.

Nah, itulah beberapa cara menjaga keamanan jaringan internet yang mesti Anda ketahui. Sehingga dapat berselancar di internet dengan aman. Data-data penting yang terdapat pada laptop atau komputer juga bakal aman, apabila internet yang Anda pakai keamanannya terjaga.