Cara Membersihkan Speaker HP Android, Perjelas Audio

102
Cara Membersihkan Speaker HP Android
Cara Membersihkan Speaker HP Android Mudah. Foto: Ilustrasi/Istimewa

Texno.ID – Cara membersihkan speaker HP Android bertujuan untuk memperjelas audio. Tak perlu khawatir karena ada beragam cara membersihkan speaker sehingga kualitas audio di HP Android tetap terjaga dengan baik. Lebih lengkapnya, cermati tutorial HP di bawah ini.

Cara Membersihkan Speaker HP Android dengan Mudah

Tak bisa kita pungkiri bahwa ada banyak cara yang bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan speaker di smartphone Android. Lantas apa saja caranya?

Menggunakan Jarum

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan ialah memanfaatkan jarum. Anda hanya perlu memasukkan jarum ke lubang speaker dan membersihkannya secara perlahan.

Bukan hanya perlahan, Anda juga harus membersihkannya dengan penuh kehati-hatian agar speaker tidak rusak. Selain itu, lakukanlah secara teliti supaya pembersihan speaker bisa lebih optimal dan menyeluruh.

Simpan Dalam Beras

Cara yang satu ini bisa Anda gunakan dalam membersihkan speaker HP Android dari air. Hal ini karena beras bersifat mampu menyerap kelembaban dengan baik.

Untuk caranya, Anda hanya perlu mengambil beras secukupnya. Beras tersebut akan Anda gunakan untuk menimbun ponsel di suatu wadah.

Biarkan ponsel di beras selama beberapa waktu. Dengan cara ini, air yang terperangkap di speaker maupun komponen ponsel lainnya bisa terserap maksimal.

Akan tetapi, cara ini belum bisa kita pastikan cepat selesai atau lama. Walau demikian, tak ada salahnya untuk Anda coba cara ini demi mengeluarkan air yang terdapat di speaker.

Memanfaatkan Suara Pembersih Khusus

Cara membersihkan speaker di HP rupanya juga bisa Anda lakukan dengan suara. Bukan sembarang suara, melainkan suara yang sengaja dirancang sebagai pembersih speaker di ponsel.

Untuk mendapatkannya, Anda hanya perlu akses video suara yang ada di akun YouTube bernama Arfa Fazri. Anda tinggal memainkan video suaranya selama beberapa menit.

Jika suaranya kembali normal, Anda bisa langsung hentikan videonya. Akan tetapi jika suaranya belum normal, tentu saja perlu mengulangi memutar videonya.

Lakukan cara ini sampai speaker bersih. Pada dasarnya, cara ini bisa menyebabkan getaran maju dan mundur.

Getaran inilah yang bisa mendorong kotoran, debu, maupun air keluar dari speaker. Cara ini terbilang efektif sehingga perlu Anda coba.

Memakai Sikat Gigi

Sikat gigi juga bisa Anda andalkan untuk membersihkan speaker di HP. Hanya saja, gunakan sikat gigi yang teksturnya lembut agar tak menggores ponsel.

Kemudian olesi dengan hand sanitizer secukupnya. Baru setelah itu bisa Anda gunakan untuk membersihkan speaker HP.

Dalam membersihkannya, Anda juga perlu melakukannya dengan hati-hati. Jangan sampai speaker HP jadi semakin bermasalah karena Anda asal-asalan dalam melakukannya.

Dari uraian di atas, Anda kini tak akan lagi bingung tentang bagaimana cara membersihkan speaker HP Android. Anda tinggal ikuti cara-cara tadi.