Perbedaan Buaya dan Aligator, Kenali Ciri-cirinya Berikut Ini!

480
Perbedaan Buaya dan Aligator, Kenali Ciri-cirinya Berikut Ini!
Ilustrasi Perbedaan buaya dan aligator. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Perbedaan buaya dan aligator penting untuk Anda ketahui agar saat ada orang yang bertanya tentang kedua hewan itu Anda bisa menjawab dengan benar. Memang jika kita melihat secara sekilas binatang melata itu mempunyai rupa yang sama.

Meski demikian jika kita melihat secara detail, ternyata keduanya sama-sama memiliki perbedaan mulai dari ukuran, moncong hingga warnanya. Kira-kira apa saja perbedaan antara kedua hewan tersebut? Simak penjelasannya berikut ini!

Perbedaan Buaya dan Aligator Ini Hampir Sama Tapi Tak Serupa, Maksudnya?

Seperti yang kita tahu, bahwa crocodile dan aligator merupakan salah satu anggota dari ordo crocodilia yang sangat besar. Pasalnya hewan reptil ini akan menghabiskan sebagian waktunya itu di dalam air.

Sedangkan untuk bernafasnya, hewan tersebut akan menghirup udara melalui lubang hidung mereka yang membuka ke atas. Bahkan banyak yang mengira bahwa buaya dan aligator merupakan hewan reptil yang sama, sebab fisiknya memang sekilas terlihat mirip.

Meski demikian, rupanya kedua binatang tersebut memiliki perbedaan yang jarang diketahui oleh sebagian besar orang. Nah, berikut ini ada beberapa macam perbedaan antara kedua binatang tersebut. Apa saja itu?

Warna Tubuh dan Bentuk Moncong

Perbedaan buaya dan aligator pertama yang dapat Anda lihat adalah pada bagian warna tubuh serta bentuk moncong dari kedua hewan tersebut. Pasalnya warna kulit buaya itu berwarna coklat atau hijau zaitun dan warnanya lebih terang.

Sementara warna aligator cenderung lebih gelap kebanyakan berwarna abu-abu sampai kehitaman. Dari segi moncongnya, maka bentuk moncong aligator memiliki bentuk seperti huruf U.

Selain itu, aligator juga memiliki moncong yang jauh lebih luas lagi daripada buaya. Sementara untuk buaya memiliki bentuk moncong seperti huruf V dan lebih sempit lagi.

Ukuran, Panjang dan Berat

Perbedaan buaya dan aligator selanjutnya adalah terletak pada bagian ukuran atau bobotnya, untuk ukuran buaya lebih besar. Untuk buaya ternyata memiliki panjang tubuh yang sangat bervariasi, mulai dari 1 sampai dengan 6 meter bahkan lebih.

Sementara aligator hanya mempunyai panjang tubuh hingga 4 meter saja sedangkan aligator yang paling besar memiliki panjang hingga 5 meter. Bahkan ukuran aligator ini juga lebih kecil daripada buaya.

Sementara itu buaya jauh lebih berat daripada aligator, yaitu memiliki bobot hingga lebih dari 400 kg. Sedangkan aligator betina memiliki bobot 20 hingga 300 kg dan aligator jantan mencapai 400 kg.

Posisi Rahang

Perbedaan buaya dan aligator terletak pada bagian atau posisi rahangnya. Untuk buaya memiliki rahang bawah dan rahang atas yang relatif lebih sama. Jadi ketika mulutnya sedang mengatup, maka akan terlihat gigi yang mencuat ke bagian sela-sela rahang.

Sementara pada aligator akan memiliki rahang bagian atas dan bawah yang cukup berbeda. Untuk rahang bagian atas jauh lebih besar daripada rahang bawah, sehingga saat mengatup rahang atasnya akan menutup sepenuhnya pada rahang bawah, Serta tidak ada gigi yang akan mencuat keluar.

Perilaku

Dari segi perilaku maka buaya akan lebih agresif, sebab ia akan menyerang siapapun yang berada dekat dengannya. Berbeda lagi dengan aligator, justru ini malah akan menghindar saat sedang bertemu dengan manusia.

Memang perbedaan buaya dan aligator cukup mendasar dan jika kita melihat secara sekilas hampir sama. Namun setelah mengetahui beberapa perbedaan itu, kini Anda tahu mana buaya dan mana aligator. Meski hampir sama, namun ternyata keduanya berbeda.