Cara Menghilangkan Jejak Digital Simple dan Mudah

221
Cara Menghilangkan Jejak Digital Simple dan Mudah
Cara Menghilangkan Jejak Digital. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara menghilangkan jejak digital sebenarnya sangatlah mudah. Jejak digital merupakan jejak data seseorang setelah menggunakan internet. Data tersebut berasal dari situs web, email, dan informasi apapun melalui internet.

Tentu tidak semua orang merasa nyaman dengan adanya data tersebut. Maka, tidak sedikit dari mereka ingin menghapus jejak digital. Biasanya berbentuk seperti unggahan konten, pesan, komentar, dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya jejak digital tidak akan hilang kecuali Anda sebagai pemilik berusaha untuk menghapusnya. Tentu perlu sebuah keputusan untuk menghapusnya. Mengingat tidak semua orang menginginkan jejak tersebut hilang sesaat.

Begini Cara Menghilangkan Jejak Digital

Perlu dipahami bahwa jejak digital memang sangat penting. Anda bisa menganalisis data, melacak, dan membangun gambaran profil seseorang. Namun, tidak semuanya harus terjaga dengan baik.

Ada beberapa jejak yang harus Anda buang agar tidak menimbulkan permasalahan. Kebanyakan orang mencari berbagai bukti melalui jejak digital. Sehingga penting untuk memperhatikan fungsi serta manfaat dari jejak digital ini.

Jika sudah tidak memerlukan, simak cara berikut ini untuk menghapus jejak digital.

Menghapus Akun Email

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menghapus akun email. Dalam hal ini benar-benar menghapus akun dan membuat dengan yang baru. Memang rasanya sulit tetapi demi menghapus semua jejak maka harus menonaktifkan akun Email.

Pada dasarnya email adalah salah satu surat elektronik yang fleksibel untuk berkomunikasi. Bahkan banyak pekerjaan yang sudah memanfaatkan email. Termasuk berbagai bentuk transaksi kini dilakukan secara online melalui email.

Memanfaatkan Google Support

Cara menghilangkan jejak digital yang paling mudah dengan memanfaatkan Google Support. Biasanya pengguna internet membuat permohonan pada Google untuk menghapus sebuah konten. Penghapusan dari Google dianggap karena melanggar hak pengguna.

Nantinya, sistem dari Google akan meninjau permohonan yang sudah Anda lakukan sebelumnya. Dengan mempertimbangkan banyak hal maka Google bisa memblokir, membatasi, dan menghapus akses ke konten tersebut.

Tak hanya dengan cara otomatis, Google akan meninjau laporan yang masuk secara manual. Setelah adanya keputusan maka pelapor akan menerima email yang berisikan notifikasi terkait.

Menggunakan VPN

Cara menghilangkan jejak digital bisa Anda lakukan dengan menggunakan VPN. Merupakan sebuah alat untuk mengakses jaringan publik secara sembunyi-sembunyi atau privat. Sudah pasti keamanan data akan terjamin ketika Anda menggunakan VPN.

Namun, Anda harus benar-benar memiliki aplikasi VPN terbaik. Sehingga tidak membawa virus yang menyebabkan kerusakan pada data dan ponsel.

Memanfaatkan Forget.me

Jika belum berhasil menggunakan cara sebelumnya, Anda bisa mencoba situs website forget.me. Forget.me merupakan sebuah situs yang mengizinkan pengguna internet untuk permohonan penghapusan jejak digital secara individu.

Anda bisa mengikuti prosedur yang sudah terdapat pada situs website. Ketika proses sudah runtut maka data akan hilang semua.

Cara menghilangkan jejak digital melalui situs website ini baru melayani permintaan penghapusan data domain Google Eropa. Sehingga belum bisa menghapus data Google.com atau Google.co.id.

Hapus Akun Internet

Nah, terakhir dengan menghapus semua akun internet. Cara ini sebagai langkah akhir bagi Anda yang belum berhasil menghilangkan data. Memang harus dilakukan secara manual terhadap semua akun yang Anda miliki.

Perlu ketelitian bagi Anda menghilangkan semua data pada internet. Anda juga harus ingat akun apa saja yang tersedia.

Dengan memahami cara menghilangkan jejak digital maka Anda bisa memulai hidup baru pada dunia maya. Keberadaan akun baru membuat pengguna internet lebih bebas untuk memulai semuanya.