Gunung Tertinggi di Tata Surya Bukan di Bumi, Ukurannya 3 Kali Everest!

326
Gunung Tertinggi di Tata Surya Bukan di Bumi, Ukurannya 3 Kali Everest!
Ilustrasi Gunung Tertinggi di Tata Surya. Foto: Ist/Net

Texno.ID –  Gunung tertinggi di tata surya bukan berada di planet yang kita tinggali ini, melainkan di planet tetangga Bumi.

Objek alam gunung tidak hanya ada di planet Bumi. Beberapa planet tetangga Bumi juga memiliki gunung di permukaannya. Bahkan, gunung tersebut jauh lebih besar dari yang ada di Bumi.

Inilah Gunung Tertinggi di Tata Surya Kita

Di Bumi ini terdapat berbagai objek alam yang menarik. Gunung merupakan objek yang tinggi menjulang.

Ketinggian dari gunung juga berbeda-beda. Hingga saat ini, berdasarkan Guinness World Record, gunung tertinggi di Bumi adalah Mauna Kea.

Namun, gunung ini ternyata tidak seberapa daripada di luar Bumi. Ya, planet selain Bumi juga memiliki gunung di permukaannya.

Bahkan, gunung-gunung yang ada di planet lain cenderung besar sehingga membuat gunung tertinggi di Bumi, Mauna Kea tampak kecil.

Ada banyak gunung besar yang ada di tata surya ini. Namun, melansir dari NASA, 15 April 2022, gunung tertinggi di tata surya saat ini yakni Olympus Mons.

Gunung Olympus Mons terletak di planet Mars. Tinggi dari gunung ini mencapai 16 mil yakni setara dengan 25 kilometer (84.480 feet) di permukaan planet.

Merupakan Satu dari Gunung Api Raksasa Mars

Tidak hanya besar, tetapi Olympus Mons milik Mars ini ternyata juga merupakan gunung berapi yang aktif. Lantas, bagaimana Mars mendapat gunung api yang sangat besar?

Awalnya, Mars memiliki beberapa gunung berapi yang sangat aktif. Gunung tersebut juga berisi batu panas yang terus bergerak naik dari dalamnya.

Akan tetapi, Planet Mars tidak memiliki lempeng tektonik yang bergerak di atas hotspot seperti yang terdapat di Hawaii.

Alhasil, gunung di Mars tidak berbentuk rantai gunung api, melainkan akan terus bertambah tinggi. Dengan gravitasi Mars yang lebih rendah, maka magma dari dalam gunung bisa terdorong ke ketinggian yang lebih tinggi.

Menariknya, Olympus Mons sangatlah besar sehingga memungkinkan astronot yang ada di bagian puncaknya tidak tahu jika ia sedang berdiri di atas gunung. Hal itu kerana kemiringannya akan tertutup oleh lengkungan planet itu sendiri.

Tingginya Setara dengan Tiga Kali Everest di Bumi

Melansir dari How Stuff Works, 25 April tahun 2022, gunung Olympus Mons di Mars merupakan gunung yang bertipe stratovolcano juga menjadi satu dari banyak gunung berapi yang besar di planet tersebut.

Seperti gunung api pada umumnya Olympus Mons juga memiliki sebuah kaldera atau kawah yang besar. Kawah tersebut membentang sekitar 50 mil atau 80 kilometer di puncak gunung.

Sementara itu, dasar dari Olympus Mons memiliki lebar hingga 341 mil atau 549 kilometer.

Ukuran dari gunung tertinggi di tata surya ini sama dengan tiga kalinya Gunung Everest. Hal itu memang cukup mengherankan mengingat ukuran Mars yang hanya setelah dari ukuran Bumi berdasarkan diameternya.

Dalam hal ini, ilmuwan memiliki 3 hipotesis mengenai sebab gunung di Mars dapat menjadi jauh lebih besar daripada di Bumi.

Hipotesis pertama adalah karena Mars merupakan planet yang jauh lebih aktif dalam hal vulkanik daripada Bumi.

Selain itu, lempeng tektonik di Mars juga bergerak lebih lambat daripada di planet kita. Hal itu membuat gunung besar terbentuk dan tetap ada hingga kini.

Sementara itu, gunung di Bumi kemungkinan terdorong ke bawah lempeng tektonik lan atau terpengaruh oleh aktivitas tektonik.

Hipotesis terakhir adalah tarikan gravitasi Mars yang hanya sekitar 38 persen tidak sekuat di Bumi. Ahli planet mempercayai bahwa hal itu memungkinkan gunung tertinggi di tata surya tersebut untuk terus tumbuh semakin tinggi, sebab gravitasi yang tidak menarik lava dengan cara berbeda dengan Bumi.