Cara Share Screen di Zoom di Hp dengan Mudah, Perhatikan Ini!

315
Cara Share Screen di Zoom di Hp dengan Mudah, Perhatikan Ini!
Ilustrasi cara share screen di zoom di hp. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara share screen di zoom di hp sebenarnya tidaklah sulit. Baik untuk dilakukan lewat smartphone atau laptop sama mudahnya. Zoom adalah aplikasi video conference yang saat ini cukup populer dan banyak digunakan.

Bagi para pekerja, pelajar maupun masyarakat umum turut menggunakannya untuk berbagai keperluan. Mulai dengan melakukan panggilan video ke banyak orang secara bersamaan.

Fitur-fitur yang tersedia pada Zoom akan memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi. Salah satu fitur unggul yang tersedia yakni fitur Share Screen. Para penggunanya dapat membagikan screen kepada peserta lainnya.

Penggunaan fitur share screen ini juga tersedia pada perangkat Android, namun khusus perangkat Android 5.0 atau yang lebih baru.

Inilah Beberapa Cara Share Screen di Zoom di Hp

Saat ini, ternyata masih banyak pengguna Zoom yang tidak memahami cara membagikan layar Zoom untuk dilihat oleh peserta lainnya. Biasanya, penggunaan fitur share screen ketika akan mempresentasikan sesuatu.

Sebab, seluruh aktivitas kini dilakukan secara online. Sehingga kegiatan presentasinya yang secara online atau daring lewat platform video conference seperti Zoom. Berikut ini cara membagikan layar Zoom dengan mudah.

Share Screen Sebelum Masuk Meeting Zoom

Untuk melakukan cara share screen di zoom di hp sebelum masuk ke meeting, maka perlu mengikuti langkah berikut ini.

Anda perlu membuka aplikasi Zoom di Android/iOS, kemudian login ke dalam akun Zoom. Setelah itu, klik tombol Share Screen yang berada pada bagian kanan atas layarnya.

Pastikan untuk memasukkan sharing key atau meeting ID dari rapat yang akan Anda ikuti dan tekan OK. Selanjutnya masukkan Passcode ke kolom yang tersedia, lalu klik OK.

Zoom akan memberitahukan bahwa akan merekam segala aktivitas selama share screen berlangsung tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati apabila mengakses informasi yang sensitif selama share screen, seperti kartu kredit, password, dan yang lainnya.

Untuk memulai proses share screen, maka Klik Start now. Apabila Anda baru pertama kali melakukannya, maka akan diminta memberi akses kepada Zoom untuk melakukan share screen. Apabila sudah, kini Anda telah berhasil melakukan share screen.

Share Screen Setelah Masuk Meeting Zoom

Apabila Anda sudah masuk ke meeting, maka juga dapat melakukan share screen. Berikut ini cara share screen di zoom di hp yang perlu Anda perhatikan.

Anda perlu klik tombol Share yang berada pada bagian bawah layar smartphone. Setelah itu, Anda akan melihat beberapa pilihan untuk share screen.

  • Microsoft OneDrive, Google Drive, Box: Untuk membagikan file yang tersimpan pada layanan penyimpanan online. Namun hanya file berupa gambar dan PDF yang dapat Anda bagikan.
  • Photo: Memilih foto dari smartphone atau aplikasi untuk Anda share.
  • Document: Memilih gambar atau file PDF dari smartphone untuk Anda bagikan melalui share screen.
  • Web URL: Masukkan URL website yang Anda inginkan untuk membagikan website tersebut melalui share screen.
  • Bookmark: Membagikan bookmark yang telah Anda tersimpan pada aplikasi Zoom.
  • Screen: Membagikan seluruh layar HP Anda ke peserta. Apabila Anda memilih opsi ini, Anda perlu berhati-hati saat mengakses foto atau data sensitif selama share screen sedang berlangsung.
  • Camera: Membagikan kamera Anda kepada peserta.
  • Share Whiteboard: Membagikan layar putih kosong untuk keperluan coret-coret.

Langkah selanjutnya berbeda-beda, sebab tergantung dari opsi yang dipilih. Kemudian pilih tempat file tersimpan dan klik file yang ingin Anda share.

Tentunya kini Anda sudah memahami cara share screen di zoom di hp. Penggunanya dapat membagikan screen kepada peserta lainnya lebih mudah.